Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal(Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Globalisasi berasal dari kata globe, artinya bundar seperti bola, yang dimaksud bola di sini adalah bola dunia. Globalisasi artinya proses sesuatu yang sudah mendunia, termasuk perubahan sosial di Indonesia. Globalisasi dipicu oleh adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang komunikasi dan telekomunikasi yang berlangsung sejak penghujung abad ke-20.

Perkembangannya berjalan sedemikian cepat seolah-olah terjadi lompatan demi lompatan. Jarak dan waktu penyampaian informasi sudah sedemikian pendek. Dunia semakin transparan, mudah dilihat, dan terdengar hiruk-pikuknya. Globalisasi yang dipicu oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat berdampak terhadap perubahan yang cepat pula. Perubahan-perubahan tersebut tidak hanya berlaku di bidang material, tapi juga nonmaterial, termasuk perubahan dalam bidang sosial, ekonomi, politik kekuasaan, dan pertahanan nasional. Perubahan-perubahan tersebut berdampak positif maupun negatif.
Dampak Globalisasi
Dampak Positif
Pengiriman dan penyampaian informasi semakin mudah dan cepat.
Kehidupan masyarakat lebih mudah dan menyenangkan melalui teknologi.
Semakin terbukanya kesempatan untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik melalui adanya industrialisasi.
Dampak Negatif
Krisis moneter yang merembes kemana-mana.
Krisis politik yang menyebar kemana-mana.
Kerusuhan di berbagai daerah, baik yang bersifat separatis maupun sara.
Dampak Globalisasi Pada Komunitas Lokal
Globalisasi merupakan suatu proses yang sulit dibendung oleh suatu bangsa, karena bangsa yang menolak globalisasi berarti bangsa tersebut akan tertinggal dan terbelakang. Sementara itu, komunitas lokal merupakan suatu unit kesatuan sosial yang terorganisasi dalam kelompok-kelompok kepentingan bersama (communities of common interest), baik yang bersifat fungsional maupun yang memiliki teritorial. Dalam batas-batas tertentu, istilah komunitas menunjuk pada warga sebuah dusun, desa, kota, suku, ataupun bangsa. Globalisasi dapat berpengaruh atau berdampak terhadap komunitas lokal, di antaranya dapat dilihat dari penggunaan teknologi komunikasi dan informasi, kemudahan dalam bermobilitas dengan adanya alat transportasi modern, gaya hidup yang semakin materialistis, serta perubahan pada tradisi atau adat kebiasaan lokal.
Permasalahan Sosial yang Timbul Akibat PerubahanSosial karena Pengaruh Globalisasi
Dampak positif globalisasi diantaranya adalah akan membawa perubahan masyarakat menjadi lebih dinamis dan integratif, sementara dampak negatifnya akan menimbulkan berbagai permasalahan sosial, diantaranya kenakalan remaja dan kriminalitas.
Kemampuan Menyesuaikan Diri untuk Bertahan Di Tengah Pengaruh Globalisasi
Proses Penyesuaian Manusia, artinya budaya yang ada harus mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang berlangsung, tanpa menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif dari kebudayaan tersebut.
Kecenderungan Masyarakat untuk Bertahan, keberadaan unsur-unsur budaya yang selama ini dijadikan pedoman hidup bagi masyarakat, akan memiliki kecenderungan untuk bertahan dari pengaruh perubahan yang ada.
Kecenderungan Masyarakat untuk Berubah, suatu perubahan bisa terjadi karena faktor dari dalam masyarakat itu sendiri maupun pengaruh dari luar masyarakat.
PENGAYAAN
Bacalah artikel berikut https://tekno.liputan6.com/read/2855917/internet-bisa-bikin-remaja-bahagia-tapi-harus-ada-batasannya. Kemudian berikanlah tanggapanmu!
Bagaimana dampak globalisasi yang sangat terlihat di lingkungan tempat tinggalmu? Jelaskan!
Bagaimana globalisasi dapat memengaruhi komunitas lokal?
SUMBER
Mulyadi, Yad dkk. 2014. Sosiologi SMA Kelas XII. Jakarta: Yudhistira.
Taupan, Muhamad. 2017. Sosiologi SMA Kelas XII. Bandung: YRama Widya
Dikutip dari blog : EVFI NUR HIDAYAH

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan