Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas(Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

KEARIFAN LOKAL
Kearifan lokal adalah pandangan hidup dan ilmu pengetahuan serta berbagai strategi kehidupan yang berwujud aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat lokal dalam menjawab berbagai masalah dalam pemenuhan.
Fungsi dan Makna Kearifan Lokal

Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam. – Berfungsi untuk pengembangan sumber daya manusia, misalnya berkaitan dengan upacara daur hidup, konsep kanda pat rate.
Berfungsi untuk pengembangan kebudayaan dan ilmu pengetahuan, misalnya path upacara saraswati, kepercayaan dan pemujaan path pura Panji.
Berfungsi sebagai petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan.
Bermakna sosial misalnya upacara integrasi komunallkerabat.
Bermakna sosial, misalnya pada upacara daur pertanian.
Bermakna etika dan moral, yang terwujud dalam upacara Ngaben dan penyucian roh leluhur.
PEMBERDAYAAN KOMUNITAS
Pemberdayaan komunitas merupakan suatu proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial guna memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Proses pemberdayaan mengandung dua kecenderungan yaitu pertama, proses pemberdayaan yang menekankan pada proses memberikan atau mengalihkan sebagian kekuatan, kekuasaan atau kemampuan kepada masyarakat agar individu lebih berdaya. Kecenderungan pertama tersebut dapat disebut sebagai kecenderungan primer dari makna pemberdayaan. Kecenderungan kedua (kecenderungan sekunder) menekankan pada proses menstimulasi, mendorong atau memotivasi individu agar mempunyai kemampuan atau keberdayaan untuk menentukan apa yang menjadi pilihan hidupnya melalui proses dialog.
Pemberdayaan komunitas diarahkan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia, misalnya dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, pembukaan lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, sehingga kesenjangan sosial dapat diminimalkan. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila warganya ikut berpartisipasi.
Tujuan Pemberdayaan Komunitas
Peningkatan standar hidup
Meningkatkan percaya diri
Peningkatan kebebasan setiap orang
PENGAYAAN
Apa keterkaitan antara kearifan lokal dengan pemberdayaan komunitas?
Bacalah artikel berikut https://www.antaranews.com/berita/515834/mendesa-komunitas-desa-perkuat-pemberdayaan-masyarakat.Dari artikel berita tersebut, bagaimana kesimpuannya?
Sebutkan dan jelaskan contoh kearifan lokal yang ada di daerah anda!
SUMBER
Taupan, Muhamad. 2017. Sosiologi SMA Kelas XII. Bandung: YRama Widya
Dikutip dari blog : EVFI NUR HIDAYAH

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Sosiologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan