Fungsi Bahasa, Seni, Dan Agama/Religi (Materi Antropologi SMA Kelas XI)

Dalam kehidupan ini kita sebagai manusia tidak bisa lepas dari interaksi sosial di dalam masyarakat. Manusia melakukan interaksi dengan manusia lain. Interaksi dilakukan karena manusia memiliki sifat saling membutuhkan. Interaksi tersebut dilakukan dengan suatu sarana tertentu. Sarana tersebut adalah bahasa. Bahasa adalah sarana yang sangat penting bagi manusia. Di samping bahasa, ada kebutuhan penting lain bagi manusia yakni seni dan agama.

Dua kebutuhan tersebut adalah kebutuhan yang bersifat lebih pribadi karena cenderung dibutuhkan sesuai dengan keinginan hati individu. Simaklah penjelasan mengenai fungsi bahasa, seni, dan agama berikut ini.
a. Fungsi Bahasa
Bahasa merupakan sarana bagi manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Dapat kamu banyangkan bila di dunia ini tanpa adanya bahasa. Jelas manusia akan hidup dengan keinginannya sendiri tanpa memerdulikan kepentingan orang lain. Dikutip dari pernyataan Gorys Keraf, bahasa memiliki fungsi sebagai media untuk menyatakan ekspresi diri, sebagai alat komunikasi, sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial dan sebagai
kontrol sosial.
b. Fungsi Agama
Pada dasarnya, individu menaruh kepercayaan penuh terhadap sesuatu yang mendasari mereka untuk melakukan sesuatu. Kenyakinan ini disebut dengan agama atau religi. Secara umum agama memiliki dua fungsi penting, yaitu:
1) Fungsi Psikologis
Memberi ketenangan dan mengurangi kegelisahan karena percaya ada bantuan supranatural yang dapat diharapkan saat terjadi bencana Memberi tuntunan melalui penggambaran atau cerita makhluk supranatural.
2) Fungsi Sosial
a) Memberi sanksi kepada sejumlah besar tata kelakuan
b) Pemeliharaan solidaritas sosial
c) Pendidikan
d) Tertib sosial
c. Fungsi Seni
Biasanya antropolog menyoroti seni sebagai suatu gejala kebudayaan, yaitu dengan aktivitas menyusun katalog, memotret, mencatat, dan mendeskripsikan seluruh bentuk kegiatan imajinatif pada suatu kebudayaan tertentu. Ada beberapa jenis seni yang utama yaitu seni verbal, seni musik, seni patung.

Tugas :

Nah, setelah dengan adanya pemaparan diatas coba dengan data-data dan fakta-fakta yang ada, buatlah sebuah tulisan singkat tentang kisah sebuah karya
seni. Selanjutnya kemukakan di muka kelas.!
Semangat . . .

Sumber :
Dyastriningrum.2007. Antropologi SMA Kelas XI. Jakarta,: PT. Cempaka Putih

Baca juga di :unsur-unsur kebudayaan bahasa, seni, dan religi.

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan