Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Dalam Kehidupan Manusia(Materi Antropologi SMA Kelas XII)

*Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Setiap kebudayaan mengandung unsur pengetahuan dan teknologi. Keduanya merupakan unsur yang berbeda namun terkait satu sama lain. Pengetahuan cenderung kepada suatu bentuk kerangka berpikir, sedangkan teknologi merupakan buah pemikiran hasil suatu pengetahuan. Pengetahuan lebih mengarah ke hal-hal yang bersifat teoritis, sedangkan teknologi lebih mengarah kepada penerapan praktis. Misal:

1. pengetahuan tentang berbagai jenis tumbuhan yang bermanfaat
untuk obat memunculkan teknologi pengobatan tradisional;
2. pengetahuan tentang adanya muatan listrik positif dan negative memunculkan teknologi elektronika, dan sebagainya.
Sistem pengetahuan yang dimiliki oleh suatu suku bangsa tidaklah sama, sehingga teknologi yang dikuasai setiap suku bangsa pun berbeda. Tinggi rendahnya peradaban suatu kebudayaan selalu dikaitkan dengan sejauh mana penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh bangsa tersebut. Ruang lingkup pengetahuan suatu suku bangsa berkaitan dengan hal-hal sebagai berikut.
1. Alam sekitarnya.
2. Alam flora di daerah tempat tinggalnya.
3. Alam fauna di daerah tempat tinggalnya.
4. Zat- zat, bahan mentah, dan benda-benda
dalam lingkungannya.
5. Tubuh manusia.
6. Sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia.
7. Ruang dan waktu.
Pengetahuan yang berkaitan dengan alam sekitar, antara lain pengetahuan tentang musim, sifat-sifat, dan gejala alam yang ada di sekitarnya. Pengetahuan-pengetahuan tersebut berkaitan erat dengan kebutuhan praktis yang digunakan untuk berlayar, berburu, bercocok tanam maupun aktivitas lain yang memerlukan perhitungan kondisi alam. Pengetahuan tentang alam tersebut kemudian memunculkan berbagai deskripsi mengenai asal usul kejadian alam, seperti asal usul alam semesta, terjadinya gempa, dan terjadinya hujan. Hal tersebut sejak awal mengilhami pola pikir manusia, sehingga muncul mitologi. Mitologi merupakan salah satu bentuk kebudayaan yang dilandaskan pada keterbatasan pengetahuan yang sifatnya intuitif dan instingtif tanpa disertai penelitian ilmiah. Menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, muncul teknologi yang ditandai dengan kemampuan manusia menguasai cara-cara memproduksi, memakai, dan memelihara segala peralatan yang dipergunakan ke dalam kehidupannya. Teknologi muncul dalam bentuk-bentuk sebagai berikut:
1. Cara-cara manusia melaksanakan mata pencaharian hidupnya.
2. Cara-cara manusia mengorganisasi masyarakatnya.
3. Cara-cara manusia mengekspresikan rasa keindahan dalam memproduksi hasil-hasil keseniannya.
Seperti halnya sistem pengetahuan yang berkembang dari pengetahuan sederhana, perkembangan teknologi juga berawal dari teknologi tradisional. Teknologi tradisional berkaitan dengan alatalat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian, dan alat-alat transportasi.

Tugas : Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menunjukkan makin tingginya kebudayaan umat manusia. Coba kamu tuliskan contoh-contoh hasil kebudayaan akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Lalu analisislah salah satu contoh tersebut dari segi kebudayaannya, misalnya dampak terhadap kebudayaan. Kumpulkan hasil kerja mu kepada bapak/ ibu guru.
Sumber : Indriyanti, Emmi.2009. Antropologi SMA untuk SMA/MA..jakarta: CV Usaha makmur.

Baca juga di :Hubungan Teknologi dan Kebudayaan

Tentang Darma yunita

Darma yunita, lahir di Embacang,palembang 11 maret. mahasiswa UNNES
Tulisan ini dipublikasikan di Antropologi SMA. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan