Skip to content


Kawasan Gunung Ledek : Masa Depan “Unnes Science and Tecno Park”

Wisata Kebun Raya Gunung ledek semarang

Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  mengamanatkan berbagai strategi kebijakan di bidang riset dan teknologi dalam rangka penguatan Sistem Inovasi Nasional (SINas). Strategi kebijakan tersebut adalah : (1) pengembangan pusat unggulan Iptek, (2) kebijakan masterplan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Iptek, (3) kebijakan pengembangan Science and Technology Park (STP), (4) kebijakan mobilisasi peneliti dan perekayasa di lembaga litbang (lemlitbang) pemerintah ke industri, (5) kebijakan pre-commercial government procurement untuk penelitian dan pengembangan.

Sebagai bentuk pengembangan pusat inovasi dan implementasi riset, techno park mulai muncul di Amerika Serikat pada awal 1950-an, ketika sebuah research park didirikan di Stanford University, California. Universitas memanfaatkan lahan kosong miliknya. Tanah dan ruangan disewakan kepada usaha kecil dan perusahaan milik negara yang kemudian berkembang mengerjakan pesanan kebutuhan militer pemerintah federal. Untuk kepentingan itu mereka menempatkan sumberdaya ilmiah departemen berteknologi tinggi mereka di wilayah research park. Perusahaan membentuk hubungan bisnis yang erat dengan universitas.

Unnes sebagai salah satu satuan kerja di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  harus menangkap amanat ini sebagai peluang untuk pengembangan Unnes di masa depan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan (Renip) yang sekarang sedang dalam proses revisi maupun Masterplan Unnes Yang sedang dalam proses pengerjaan. Science and Technology Park (STP) harus menjadi cita-cita brilian untuk mengukuhkan dan mengimplementasikan visi dan misi Unnes sebagai universitas berwawasan konservasi.

Science and Tecno Park (Taman Sains dan Teknologi) adalah kawasan terpadu berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadukan unsur pengembangan iptek, kebutuhan pasar industri dan bisnis serta penguatan daya saing daerah. Techno Park juga merupakan pusat vokasi dan inovasi teknologi, pusat riset teknologi terapan, yang dibangun dari sinergi dan hubungan yang kokoh antara dunia pendidikan, bisnis, dan pemerintahan serta komunitas masyarakat.

Tiga peran utama konsep Science and Techno Park, yaitu

Posted in Bicara Konservasi.

Tagged with .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.



Lewat ke baris perkakas