• Civil Society

    Hai hai hai ketemu lagi nih. Kali ini saya akan membagikan cerita tentang bagaimana proses perkuliahan selama di Universitas Negeri Padang selama satu minggu ini. Jadi disini, fokus utama cerita saya adalah ke mata kuliahnya nih. Oh iya sebelumnya, di UNP saya hanya mengambil 16 sks sesuai peraturan dari program PERMATA ini. Mata kuliah yang saya ambil yaitu:

    1. Sosiologi pendidikan
    2. Strategi pembelajaran sosiologi antropologi
    3. Sosiologi politik
    4. Pendidikan kewirausahaan
    5. Teori belajar
    6. Sosiologi keluarga
    7. Kajian gender

    Rabu, 29 November 2017. Hari ini pada pukul 10.40 wib seperti biasa saya dan Nurul berangkat menuju kampus untuk kuliah mata kuliah sosiologi politik. Setelah berjalan cepat karena takut terlambat sampai di kampus ternayat dosen belum datang. Barulah pada pukul 11.25 wib pak Reno hadir di kelas. Pada pertemuan ke 5 di mata kuliah sosiologi politik yang diampu oleh pak Reno ini membahas mengenai pola gerakan civil society. Pertama-tama pak Reno menjelaskan tentang yayasan super semar dimana yayasan tersebut didirikan oleh orang cendana yang bertujuan untuk melaksanakan program pemerintah. Wujud dari gerakan civil society sendiri terdapat pada era reformasi tahun 1998. Pada era Soeharto terjadi kepemimpinan yang tidak demokratis sehingga mucullah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bersifat pemberdayaan dan pembangunan. Jalannya sebuah negara pun dikontrol dan ditanggulangi oleh LSM. Lembaga swadaya masyarakat sendiri meliputi:
    1. KPU
    2. Panwas
    3. PNPM
    4. Pendamping desa
    5. KPI
    6. Komnas HAM
    7. Komnas perempuan
    8. KPK

    Perkuliahan diakhiri dengan penumuman yang diberikan oleh pak Reno bahwa minggu depan akan diadakan Ujian yang bersifat closed book. Seketika kelas langsung ramai karena mahasiswa mengiginkan agar ujiannya bersifat open book. Kemudian pak Reno memberitahukan bahwa materi yang harus dipelajar untuk ujian adalah materi yang sudah dijelaskan setelah UTS hingga pertemuan terakhir hari ini.

    terima kasih buat kalian yang udah membaca postingan blog saya kali ini. see you :)

    Categories: Aktivitas Kuliah UNP

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    * Kode Akses Komentar:

    * Tuliskan kode akses komentar diatas:

    [+] kaskus emoticons nartzco