Dec 03

Sosiologi Terapan

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 3 yaitu tugas Mata Kuliah Sosiologi Terapan.

Disiplin ilmu yang tidak berupaya untuk menyelesaikan masalah-masalah sosial disebut dengan teori yang bebas nilai. Menurut Lincoln dan Guba, disiplin ilmu yang bebas nilai sudah lama ditinggalkan orang. Tidak ada disiplin ilmu yang bekerja dalam suasana value and moral free. Selama ilmu itu dikembangkan dan terjadi dalam masyarakat manusia, tidak mungkin ilmu bebas dari orang yang mengembang kannya. Sebagai manusia, orang yang mengembangkan nya tidak mungkin melepaskan diri dari nilai dan moral yang berlaku dalam masyarakat. Apalagi sosiologi sebagai salah satu dari disiplin ilmu-ilmu sosial yang berhubungan dengan nilai dan moral yang berlaku pada seseorang dan masyarakat sebagai objek kajiannya, keterkaitan nya dengan nilai dan moral sangat kuat.

Continue reading

Dec 03

Sosiologi Pembangunan

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 3  yaitu tugas Mata Kuliah Sosiologi Pembangunan mengenai Sosiologi Pembangunan

Pengertian

            Pengertian pembangunan dalam sosiologi adalah cara menggerakkan masyarakat untuk mendukung pembangunan dan masyarakat adalah sebagai tenaga pembangunan, dan dampak pembangunan. Sosiologi pembangunan berkembang pesat sejak awal 1960-an. Sosiologi pembangunan sangat dipengaruhi oleh pokok-pokok pikiran para ahli sosiologi klasik seperti Marx Weber dan Durkheim. Sosiologi pembangunan juga membawa dampak pada lahirnya dimensi-dimensi baru dalam konsep pembangunan.

Continue reading

Dec 03

Pendidikan Moral dalam Komunitas Harapan

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 5 yaitu tugas Mata Kuliah Antropologi Pendidikan mengenai Pendidikan Moral dalam Komunitas Harapan

Pendidikan bertujuan bukan hanya membentuk manusia yang cerdas otaknya dan terampil dalam melaksanakan tugas, namun diharapkan menghasilkan manusia yang memiliki moral, sehingga menghasilkan warga negara yang baik. Oleh karena itu pendidikan tidak hanya semata-mata mentransfer ilmu pengetahuan kepada anak-anak, tetapi juga mentransfer nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan. Dengan mentransfer nilai-nilai moral dan nilai-nilai kemanusiaan tersebut diharapkan anak-anak dapat menghargai kehidupan orang lain yang tercermin dalam tingkah laku serta aktualisasi diri, semenjak usia dini hingga kelak dewasa menjadi warga negara yang baik.

Continue reading

Dec 03

Antropologi Ekonomi dan Ekonomi Antropologi

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 4 yaitu tugas Mata Kuliah Antropologi  Ekonomi mengenai Antropologi Ekonomi dan Ekonomi Antropologi

Antropologi institusionalisme pertama kali muncul dalam antropologi yang berkaitan langsung dengan penelitian lapangan di masyarakat eksotis, yaitu pengalaman bangsa Barat tentang masyarakat ini. Sejak Perang Dunia II di bawah dorongan baru Studi lapangan, minat baru dalam pembangunan ekonomi dan tulisan teoretis terbaru Karl Polyani dan George Dalton. Bahwa yang terakhir adalah ekonom yang memilih untuk masuk daftar di sisi ekonomi antropologis “substantif” dan menentang Ortodoksi sains mereka sendiri seharusnya tidak mencengangkan. Dalam pandangan yang lebih lama penetrasi ini ke antropologi hanyalah pembukaan front baru dalam sebuah perang tua. Pertempuran bergabung dalam antropologi dengan nama interpretasi “formalis” vs. “substantivist” mengenai ekonomi primitif, membawa istilah-istilah ini sebagai pilihan teoretis berikut: antara model sains ekonomi Barat yang siap pakai, terutama “mikroekonomi”, yang dianggap sebagai Modulus gosip yang berlaku secara universal dan oleh karena itu berlaku untuk masyarakat primitif, dan kebutuhan untuk menganggap posisi formalis tidak berdasar dalam pengembangan analisis baru yang lebih sesuai dengan masyarakat historis yang bersangkutan dan sejarah intelektual antropologi.

Continue reading

Dec 03

Penyelewengan Pemilu dan Pilkada di Indonesia

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 5 yaitu tugas Mata Kuliah Sosiologi Politik mengenai Penyelewengan Pemilu dan Pilkada di Indonesia

Penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (pilkada) merupakan salah  cara yang digunakan oleh rakyat Indonesia, untuk menentukan wakil-wakil rakyat yang dapat dipercaya dan amanah, untuk membangun negara yang maju dan berkembang. Pemilu digunakan sebagai perwujudan dari negara yang berdemokrasi dan dijadikan salah satu cara dalam menyalurkan aspirasi maupun suara hati dari masyarakat terhadap kebijakan pemimpin negara.

Continue reading

Dec 03

Paradigma Post Positivisme

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 1 yaitu tugas Mata Kuliah Epistemologi Ilmu Sosial  mengenai Paradigma Post Positivisme.

PENGERTIAN POST-POSITIVISME

Munculnya gugatan terhadap positivisme di mulai tahun 1970-1980an. Pemikirannya dinamai “post-positivisme”.  Tokohnya adalah Karl  R.  Popper,  Thomas  Kuhn,  para  filsuf  mazhab  Frankfurt (Feyerabend,  Richard  Rotry).  Paham  ini  menentang  positivisme,  alasannya  tidak  mungkin menyamaratakan ilmu-ilmu tentang manusia dengan ilmu alam, karena tindakan manusia tidak bisa diprediksi dengan satu penjelasan yang mutlak pasti, sebab manusia selalu berubah.

Continue reading

Dec 03

Konstruksi Gender dalam Pola Asuh Keluarga

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 5 yaitu tugas Mata Kuliah Sosiologi Gender mengenai Konstruksi Gender dalam Pola Asuh Keluarga

Keluarga merupakan lingkungan yang pertama dimana anak dapat berinteraksi. Keluarga sangat berpengaruh dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian. Banyak faktor dalam keluarga yang ikut berpengaruh dalam proses perkembangan anak. Salah satu faktor dalam keluarga yang memiliki peran dalam pembentukan dan perkembangan kepribadian anak adalah pola asuh yang diterapkan orangtua.

Continue reading

Dec 03

Kapitalisme dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 5 yaitu tugas Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan mengenai Kapitalisme dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.

Berdasarkan Undang-Undang No.30 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. (dalam Prayitno, 2009). Pendidikan tidak hanya dilihat sebagai usaha untuk mengerahkan semua usaha itu dalam mencapai perubahan dalam diri, namun pendidikan juga adalah kegiatan dalam mentransformasikan ilmu dari satu pihak ke pihak lainnya.

Continue reading

Dec 03

Masyarakat Multikultural

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 1 yaitu tugas Mata Kuliah Studi Masyarakat Indonesia mengenai Masyarakat Multikultural

Pengertian Masyarakat Multikultural

Pada hakikatnya masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri atas berbagai macam suku yang masing-masing mempunyai struktur budaya (culture) yang berbeda-beda. Dalam hal ini masyarakat multikultural tidak bersifat homogen, namun memiliki karakteristik heterogen di mana pola hubungan sosial antarindividu di masyarakat bersifat toleran dan harus menerima kenyataan untuk hidup berdampingan secara damai (peace co-exixtence) satu sama lain dengan perbedaan yang melekat pada tiap etnisitas sosial dan politiknya. Oleh karena itu, dalam sebuah masyarakat multikultural sangat mungkin terjadi konflik vertikal dan horizontal yang dapat menghancurkan masyarakat tersebut.

Continue reading

Dec 03

Review Buku Back Door Java : Negara, Rumah Tangga, Dan Kampung Di Keluarga Jawa Karya Jan Newbrry

Haii semua.. kali ini saya memposting tugas kuliah saya di semester 3 yaitu tugas Mata Kuliah Kajian Etnografi. Dalam postingan ini saya mereview buku Back Door Java : Negara, Rumah Tangga, Dan Kampung Di Keluarga Jawa Karya Jan Newbrry

Pendahuluan

Tahun 1966-1998 merupakan tahun berlangsungnya sistem pemerintahan masa orde baru, dimana istilah orde baru tersebut digunakan untuk masa setelah pemberontakan Gerakan 30 September tahun 1965. Orde baru merupakan upaya pemerintah untuk mengoreksi penyimpangan yang dilakukan pada masa orde lama, dimana pada masa orde baru ini pemerintah membangun tekad untuk mengabdi pada kepentingan rakyat dan nasional dengan dilandasi oleh semangat dan jiwa pancasila serta UUD 1945. Adanya masa orde baru ini memberikan kelebihan kepada masyarakat, salah satunya adalah keberhasilan pemerintah dalam memnjalankan program Keluarga Berencana (KB). Dari situasi tersebut membuat Jan Newberry datang ke Indonesia untuk melakukan penelitian lapangan.

Continue reading

Skip to toolbar