Pada postingan artikel saya kali ini, akan membahasa mengenai hasil ulasan saya terhadap 10 blog teman yang belum saya ikuti. Dimana di dalamnya terdapat penilainan mengenai kelebihan, kekurangan, serta saran saya untuk blog tersebut. Artikel ini bertujuan untuk menjadi bahan penilaian dan masukkan terhadap blog teman agar menjadi koreksi dan perbaikan bagi blog teman. Selain itu, artikel ini di posting juga bertujuan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah praktek laboratorium. Berikut adalah hasil ulasan saya terhadap 10 blog teman yang belum saya ikuti.

Blog No. 1

12376713_830891513687987_5966599694204737130_n
• Nama pemilik blog : Nor Afifah
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/norafifah/
• Kelebihan : Tema yang dipilih untuk tampilan blog sudah bagus serta perpaduan warnanya sudah menarik tidak memusingkan pembaca. Kemudian penataan widget dalam blog juga sudah rapi. Setelah saya melihat postingannya, lengkap sesuai tugas yang diberikan. Teman yang saya ikuti tampilannya juga memakai scroll jadi tidak memakan tempat.
• Kekurangan : Dalam kategori masih terdapat nama “uncategorized”. Kemudian ketika saya membaca salah satu postingan yang berjudul “Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi” masih terkesan copy paste karena dalam postingannya ada tanda garis bawah yang mengesankan jika itu mengcopy.
• Saran : Sebaiknya widget teman yang saya ikuti, jarak antar nama teman tidak terlalu jauh agar lebih enak untuk dibaca. Kemudian widgetnya agar ditambah supaya tidak terkesan sepi dalam tampilan blognya. Alangkah lebih baik jika uncategorized namanya diganti saja atau dihapus. Serta saran saya yang terakhir, apabila memang postingannya mengcopy sebaiknya diedit dan dilihat terlebih dahulu.

Blog No. 2

1913878_560339644123690_2618083451321277223_n
• Nama pemilik blog : Afiat Afianti
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/afiatafianti/
• Kelebihan : Tampilan dari blog sudah rapi dan tidak membingungkan pembaca. Pemilihan warna dasarnya juga sesuai dengan tema yang dipilih. Penempatan widget sudah rapi di sissi kanan, yang tidak memusingkan pembaca. Friend blognya sudah baik karena memakai scroll jadi tidak memakan tempat
• Kekurangan : Penempatan judul utama kurang begitu rapi karena menabrak gambar. Hit counternya error, tidak nyaman dilihat. Kemudian pada kategori terdapat pemberian nama ilmu lainnya yang kurang spesifik. Dalam postingan materi pembelajaran, kurang menari karena tidak ada gambar yang menjelaskan contoh nyata dari materi tersebut itu apa.
• Saran : Judul utama dan sub judul blog sebaiknya diperbaiki. Sub judulnya tidak perlu menggunakan nama pemilik blog lagi karena sudah ada profil. Kemudian profil dan tentang blog sebaiknya dijadikan satu saja agar lebih efisien. Hit counter sebaiknya juga diperbaiki agar tampilannya tidak error seperti itu. Jarak antar nama friend blog dibuat tidak terlalu jauh supaya lebih nyaman dibaca. Serta saran yang terakhir, alangkah lebih baik ika postingan materinya diberi contoh gambar secara nyata agar lebih mudah untuk dimengerti pembaca dan lebih menarik.

Blog No. 3

1620826_281337298657258_1872064527849207632_n
• Nama pemilik blog : Nur Novita Setiasih
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/novitasetiasih/
• Kelebihan : Penampilan blognya sudah baik, tidak monoton. Background dari blog juga menarik warnanya serta coraknya. Penempatan widgetnya jufa sudah rapi, sesuai, serta enak dilihat tidak terkesan berantakan. Postingan sudah lengkap dan baik. Kemudian teman yang diikuti juga dibuat scroll jadi tidak memakan tempat.
• Kekurangan : Pemilihan warna hijau pada header kurang cocok dengan gambar serta warna background. Judul utama dan sub judul sangat mengganggu karena bertabrakan dengan gambar jdai sulit untuk dibaca. Jarak nama teman yang diikuti terlalu jauh.
• Saran : Sebaiknya pemilihan gambar pada header diganti atau penempatan judulnya yang diganti. Kemudian warna judul postingan sebaiknya tidak terlalu memilih warna yang light. Jarak teman yang diikuti sebaiknya sedikit diturunkan agar lebih nyaman untuk dibaca. Serta saran saya yang terakhir, sebaiknya kategori pengetahuan umum tersebut namanya lebih di spesifikkan.

Blog No. 4

12316073_676531302486047_276500906864602530_n
• Nama pemilik blog : Murifatul Miskiyah
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/murifa/
• Kelebihan : Blog sudah cukup baik, postingannya juga sudah rapi , dan lengkap. Widget yang ditugaskan juga sudah lengkap semua. Gambar header juga menarik, menunjukkan almamaternya jadi terlihat jelas asal pemilik blog.
• Kekurangan : Tampilan sedikit kurang menarik, karena terlalu monoton. Background yang digunakan gambarnya terlalu besar, jadi saat di scroll ke bawah, tulisan yang berada di bawah tidak jelas terbaca. Widget yang digunakan ada yang ganda jadi terkesan pengulangan. Postingannya juga terlalu monoton karena tidak disertai gambar untuk memperjelas.
• Saran : Sebaiknya gambar pada backgroundnya diganti dengan yang lebih berwarna gelap agar tulisan yang dibawah dapat terbaca dengan jelas. Penempatan widget juga lebih ditata degan rapi agar tidak ada dua widget yang sama. Kategori dengan nama pendidikan agar lebih di spesifikkan lagi. Kemudian saran yang terakhir, sebaiknya profil dijadikan halaman tersendiri.

Blog No. 5

1184919_1426212154271258_2027489434_n
• Nama pemilik blog : Dede Hernawati
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/ernawati/
• Kelebihan : Penempatan blognya sudah rapi, baik, serta nyaman untuk dibaca. Postingan untuk tugasnya juga sudah lengkap. Widget juga sudah terpenuhi semua.
• Kekurangan : Tampilan blog masih agak monoton, jadi kurang menarik antusias dari pembaca. Postingan materinya menarik juga karena tidak diberikan contoh gambar secara nyata dari materi tersebut. Jarak nama teman yang diikuti juga terlalu jauh jadi terlalu memakan tempat. Kotak yang di pojok kanan juga kurang efektif karena kurang rapi.
• Saran : Lebih baik lagi apabbila warna di blognya lebih terlihat ceria dengan penggunaan warna-warna yang banyak. Kemudian, lebih baik lagi juga diberikan background yang sesuai agar tidak terlihat polos seperti itu. Serta yang terakhir, tampilan teman yang saya ikuti diperbaiki lagi agar tidak berjauhan dan memakan tempat.

Blog  No. 6

12109065_1075636015810263_7481773966530200815_n
• Nama pemilik blog : Ade Putri Royani
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/adeputriroyani/
• Kelebihan : Blognya menarik, penataannya juga sudah cukup rapi. Gambar header juga menarik, memperlihatkan bahwa sesuai dengan jurusannya. Kata-kata dibawah judul juga bagus, memberi motivasi kepada pembaca. Postingannya sudah rapi, lengkap, serta menambah wawasan bagi para pembaca. Selain itu postingan juga diberikan gambar jadi lebih merik untuk dibaca. Teman yang diikuti juga sudah dibuat scroll jadi tidak memakan tempat. Kemudian pemilihan gambar backgroudnya sudah sesuai.
• Kekurangan : Kategorinya masih terdapat nama uncategorized. Dalam page terdapat menu budaya, menurut saya penempatannya kurang sesuai,. Selain itu terdapat juga antropologi, karena di kategori sudah ada jadi itu menjadi ganda.
• Saran : Lebih baik kata-kata motivasi atau puisi tersebutt tidak ditempatkan pada sub judul karena mengganggu nama di atas yaitu di tab. Jadi nama tab panjang sekali. Kemudian, menu budaya tersebut lebih sesuai jika dimasukkan ke dalam kategori. Uncategorized sebaiknya dihapus atau diganti nama kategori yang lain.

Blog No. 7

7393_1025975937425294_3102591739143779163_n
• Nama pemilik blog : Sefira Rizki Ayu Nindia
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/sefirariz/
• Kelebihan : Tampilan blognya menarik dan rapi. Widget yang diperlukan juga sudah lengkap. Postingan-postingan materi juga lengkap dan sangat membantu bagi para pembaca. Judul juga bisa dibaca dengan gambar yang penuh seperti itu.
• Kekurangan : Judul postingan, sizenya terlalu besar jadi sedikit mengganggu dan memakan tempat. Penempatan kategorinya terlalu di bawah jadi susah untuk mencarinya. Kategorinya juga terlalu banyak dan judulnya da yang terlalu luas dan terlalu sempit. Maish ada uncategorized.
• Saran : Judul postingan, lebih baik jika sizenya diperkecil jadi tidak terlalu memakan tempat dan lebih mudah membacanya. Kemudian penempatan kategori sebaiknya diatas agar lebih mudah dicari. Pengelompokan kategorinya sebaiknya antropologi ke antropologi saja jadi tidak pperlu ada antropologi ekologi maupun antropologi pendidikan. selanjutnya katerogi materi antropologi kelas x dan antropologi sma sebaiknya dijadikan satu saja agar lebih efisien. Kategori materi antropologi dan sosiologi kelas x sebaiknya namanya diganti karena juga terdapat materi kelas yang lain. Kategori sosiologi dan sosiologi kesehatan sebaiknya dijadikan satu saja. Serta uncategorized sebaiknya diganti nama atau dihapus.

Blog No. 8

581875_576600649159498_4668461312827279397_n
• Nama pemilik blog : Amalia Fajar Sari
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/amalia/
• Kelebihan : Penampilan blog sudah cukup menarik, penempatannya juga sudah rapi. Kemudian postingan materi sudah lengkap dan isinya juga sangat bermanfaat bagi para pembaca. Widget yang ditugaskan juga sudah lengkap. Apalagi pada bagian blog yang saya ikuti, sudah menggunakan scroll jadi lebih efektif dan tidak memakan banyak tempat.
• Kekurangan : widget yang berada disebelah kanan terlalu mepet jadi terkesan kurang rapi apalagi pada bagaian recent comment. Kemudian ada widget yang ganda. Selanjutnya kategori lain-lain kurang spesifik. Subscribe to feed isinya tidak jelas, rumus-rumus tulisan.
• Saran : Gambar pada header sebaiknya diganti karena gambar tersebut dasar dari tema. Subscribe to feed sebaiknya dihilangkan saja karena isinya membingungkan (tidak jelas). Widgetnya diperbaiki, yang ganda cukup diambil satu saja. Kemudian kategori lain-lain sebaiiknya jjuga di spesifikkan. Tampilan dan penempatan recent comment diperbaiki agar tidak pusing membacanya karena terlalu mepet tulisan-tulisannya.

Blog No. 9

12079550_902763976425710_9202770764703464323_n
• Nama pemilik blog : Mariska Yunita Apsari
• Alamat Blog : http://blog.unnes.ac.id/mariskayunita/
• Kelebihan : Tampilan blognya sudah menarik dan bagus. Pemilihan temanya juga tepat karena wananya tidak terlalu membosankan. Penempatannya juga sudah cukup rapi. Postingan materi sudah lengkap serta sangat bermanfaat bagi para pembaca di luar sana dan juga menarik karena disertai dengan contoh gambar. Widget yang ditugaskan juga sudah lengkap semua. Blog teman juga sudah baik karena ada scroll jadi tidak memakan tempat terlalu banyak.
• Kekurangan : My profil penempatannya kurang tepat karena dikanan kemudian bawahnya kosong sama sekali, tidak ada yang lainnya. Kemudian ada widget yang masih ganda yaitu search. Kategorinya masih kurang sesuai menurut saya. Karena ada materi sosiologi tetapi tidak ada kategori sosiologi SMA. Masih ada juga uncategorized.
• Saran : My profil sebaiknya ditempatkan disisi kiri juga atau tetap disisi kanan tetapi juga ditambah widget yang lain. Kemudian sidget search dihapus salah satu jadi tidak ganda seperti itu. Kategori sebaiknya dibuat sosiologi, antropologi, sosiologi SMA, antropologi SMA, pendidikan anti korupsi. Jadi pendidikan dan uncategorized di hapus saja. Karena pendidikan sudak masuk ke sosiologi SMA dan antropologi SMA.

Blog No. 10

12189795_922058867847371_6941991386026604714_n
• Nama pemilik blog: Fitria Mariah Ulfah
• Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/fitriamariahulfah/
• Kelebihan: Tampilan blog menarik dan kreatif, blog teman yang diikuti juga lebih menarik karena dibuat scroll jadi lebih efektif karena tidak memakan tempat. Postingan sudah lengkap dan sangat bermanfaat bagi para pembaca. Kemudian postingan juga disertai dengan gambar sehingga pembaca lebih tertarik dan mengetahui isi dari artikel tersebut. Backgroundnya juga sudah sesuai dan bagus.
• Kekurangan: Tulisan judul blog mengganggu, karena bertabrakan dengan gambar. Kemudian, profi pada blog belum menunjukkan identitas blog karena identitas blog hanya dibuat satu kalimat saja dan belum memberikan informasi kepada pembaca. Ada beberapa gambar di postingan yang gambarnya pecah sehingga terlihat kurang menarik.
• Saran: Sebaiknya judul pada blog disesuaikan lagi agar tidak mengganggu karena bertabrakan dengan gambar. Kemudian dalam memilih gambar yang akan diposting lebih baik diperhatikan ukuran gambarnya sehingga ketika diposting tidak pecah. Selanjutnya keterangan pada profil mungkin bisa ditambahi lagi dengan identitas blog.