Cek Turnitin Adalah Solusi Lolos Plagiarisme

Februari 26, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Cara Cek Turnitin – Turnitin adalah perangkat lunak (software) yang paling populer dipakai untuk memeriksa plagiasi dari satu document terutamanya document akademik.

Sebagian besar perguruan tinggi atau kampus mengharuskan semua document akademis seperti jurnal, skripsi, tesis, disertasi atau karya tulis ilmiah yang lain untuk melalui pengecekan plagiasi dari Turnitin atau software semacam.

Ini dilakukan untuk menahan adanya plagiasi atau plagiarisme karya tulis ilmiah yang sudah ada sebelumnya. Hingga diwajibkan setiap karya tulis ilmiah milik mahasiswa atau dosen harus dibikin seorisinil mungkin.

Beberapa hal yang harus kamu lihat supaya lolos uji Turnitin :

Tidak boleh Jiplak!

Tips Lolos Uji Turnitin yang pertama ialah tidak boleh tiru atau copy-paste atau copy-paste ialah penyakit. Kita harus melatih diri tidak untuk menggandakan secara utuh karya seseorang. Ini benar-benar beresiko, bukan hanya berpengaruh pada tidak lolos tes Turnitin-lebih jauh ini berpengaruh pada tumpulnya kekuatan dan ketrampilan menulis kita. Kembali juga tingkat ketepatan pengecekkan Turnitin benar-benar tepat, seandainya masih ngotot mengopi dapat ditegaskan angka turnitin kreasi tulismu akan membesar.

Lampirkan Sumber

Teknik Bisa lolos Tes Turnitin yang kedua ialah tidak boleh menulis pendapat atau argument seseorang tetapi membuat seolah-olah punya kita sendiri. Ini pasti kurang pantas, untuk itu wajib untuk kita ketahui bagaimana sistem penulisan ilmiah yang bagus, dimulai dari penyeleksian sampai penulisan sumber teori/data yang didapat.

Di dunia kepenulisan khususnya penulisan karya tulis ilmiah pada intinya tidak ada karya yang benar-benar orisinal. Karya tulis ilmiah dibuat oleh bertambah banyak teori yang telah ada, hingga penting untuk mencantukan sumber opini dan argument yang dipakai dalam penulisan karya tulis kita.

Hindari Penggunaan Naskah Legal

Undang-Undang, Ketentuan Presiden, Ketentuan Menteri, Ketentuan Pemerintahan ialah beberapa dokumen yang redaksi dan artinya tidak bisa kita ubah. Pencantuman atau pengutipan dari document ini condong mempunyai perbandingan keserupaan yang tinggi, jadi untuk panduan cara cek Turnitin ketiga jika tidak mau tak mau seharusnya jauhi pemakaian sumber dari dokumen legal seperti ini.

Gunakan Teknik Parafrase

Tips bisa lolos uji turnitin yang keempat ialah memakai teknik parafrase dalam penulisan karya ilmiah kita.

Demikian artikel mengenai Cek Turnitin Adalah Solusi Lolos Plagiarisme, semoga bermanfaat.


Comments are closed.