Ingin Bangun Rumah Sendiri? Ikuti Beberapa Tips Berikut

April 28, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Membangun rumah tidak harus membeli langsung dengan para pengembang, akan tetapi kamu bisa membangun rumah kamu sendiri dengan menggunakan jasa arsitek atau pengembang properti yang menyediakan jasa tersebut. Akan tetapi akan lebih baik apabila kamu mengetahui beberapa hal seperti distributor besi beton,  toko perkakas yang murah, juga jasa kuli bangunan yang sudah kamu percaya. Dengan begitu segala hal seperti penggunaan budget, kualitas bahan dan proses pembangunan akan lebih bisa kamu kontrol. Setelah kamu memiliki beberapa hal tersebut baru kamu dapat mengikut tips dan trik di bawah dalam membangun rumah kamu sendiri agar memiliki hasil yang maksimal.

  1. Membuat Perencanaan Pembangunan Rumah

Ini merupakan langkah awal yang cukup penting untuk di lakukan. Buat konsep perencanaan pembangunan rumah kamu seperti dana, ukuran bangunan, hingga target waktu pembangunan. Konsep perencanaan ini nanti akan berfungsi sebagai pengendali apabila terjadi penyimpangan atau hal yang tidak sesuai selama proses pembangunan berlangsung. Adanya implementasi yang tidak sesuai dari rencana, akan berimbas pada anggaran yang sudah kamu siapkan. Sebagai contoh, kamu memiliki jadwal pembangunan yang selesai dalam kurun waktu 3 bulan, akan tetapi karena satu dan lain hal ternyata pembangunan membutuhkan waktu lebih, dalam kelebihan waktu tersebut otomatis kamu akan membayar lebih tukang yang bekerja untuk pembangunan kamu.

 

  1. Memiliki Konsep Desain Rumah

Desain rumah memang akan di urus oleh pihak yang ahli di bidang tersebut seperti desainer interior atau arsitek. Akan tetapi kamu tidak di larang untuk memberikan referensi sebanyak mungkin agar rumah tersebut sesuai dengan keinginan kamu. Setelah kamu memberikan referensi tersebut kepada pihak yang bertanggung jawab, kemungkinan mereka akan menjelaskan rincian biaya dan bahan-bahan yang di butuhkan dalam pembangunan tersebut. Pada tahap itu kamu bisa mengubah konsep awal dan menyesuaikan konsep yang kamu miliki dengan budget dan juga rencana pembangunan kamu.

 

  1. Perhatikan Hal yang Urgent Terlebih Dahulu

Biasanya, orang-orang akan semangat dalam bagaimana membuat rumah yang bagus dan mewah dan tidak jarang mereka melupakan beberapa hal yang penting seperti pipa penyaluran air, kondisi tanah, dan lain sebagainya. Maka dari itu perhatikan terlebih dahulu hal yang penting seperti apakah daerah rumah tersebut aman dari banjir, bagaimana kondisi lingkungan sekitar rumah tersebut, perumahan yang memiliki konsep one gate system biasanya lebih aman untuk di tinggali, dan seterusnya. Setelah kamu yakin dengan hal-hal tersebut barulah kamu bisa memproses kepada tahap selanjutnya.

 

  1. Riset Harga Yang Di Butuhkan

Ini adalah hal yang cukup penting dalam perencanaan konsep pembangunan. Perkiraan harga terbentuk dari berbagai macam hal maka dari itu kamu harus melakukan riset atau survey terkait hal-hal tersebut. beberapa hal yang harus kamu riset harganya adalah bahan bangunan, harga tukang, harga jasa arsitek, jasa desain interior dan lain sebagainya. Setelah kamu memiliki banyak referensi akan hal-hal tersebut maka kamu akan memiliki anggaran dana yang lebih terperinci.

4 hal tersebut adalah tips dan trik yang bisa kamu lakukan apabila kamu ingin membangun rumah impian kamu sendiri agar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Perlu di ketahui membangun bangunan tidak mudah terlebih membangun bangunan seperti pabrik yang membutuhkan cable support system, maka dari itu menggunakan jasa pembangunan tersebut tidaklah murah.


Comments are closed.