Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung J2 Prime

Juni 23, 2021 in SOSIOLOGI | Comments (0)

Mungkin Anda sedikit akan bingung kenapa memory penyimpanan penuh walau sebenarnya tidak banyak aplikasi yang terinstall di handphone yang Anda gunakan saat ini.

Penyebab utama memory penyimpanan penuh bisa jadi disebabkan karena Anda sudah sering pasang lepas aplikasi dan jarang-jarang membersikan file cache nya. Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang teknologi lainnya di https://www.icinci.id/.

Lantas bagaimanakah cara mengatasi memory internal penuh atau cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis? Jangan ngegas dahulu bosku! Baik berikut Rancah Post sajikan cara dan tutorial selengkapnya khusus untuk Anda.

 

  1. Pindahkan File Musik, Photo dan Video ke Memory Eksternal

 

Langkah pertama cara mengatasi ruangan penyimpanan yang nyaris habis ialah dengan memindahkan file musik, photo atau video ke kartu memory eksternal.

Ini mempunyai tujuan untuk memberikan ruangan lebih pada memory intenal.

  1. Pertama, buka dan masuk ke File Manager.
  2. Setelah berhasil masuk ke File Manager, buka folder yang umum Anda pakai untuk menyimpan photo, video dan musik.
  3. Pilih photo atau file yang lain yang ingin Anda pindahkan dengan mengeklik dan menahan sampai ada pertanda centang. Selanjutnya, pilih opsi Pindah untuk memindahkan.
  4. Selanjutnya buka penyimpanan kartu microSD, pilih atau silakan Anda buat folder baru selanjutnya paste file yang telah anda Cut atau Copy dari memory internal barusan.

 

 

  1. Setting Tempat Penyimpanan Hasil Tangkapan Camera

 

Umumnya handphone Android kekinian seperti ponsel Vivo, OPPO, Xiaomi, Samsung atau brand-brand lain, ukuran hasil foto jepretannya bisa mencapai lebih dari 1MB.

Itu hanya untuk sekali jepretan, pikirkan bila ada puluhan, ratusan atau bahkan juga ribuan photo yang Diambil.

 

Oleh karena itu, seharusnya mengatur lokasi penyimpanan hasil photo langsung ke kartu microSD. Berikut langkah dan penjelasannya.

 

  1. Masuk ke aplikasi Camera.
  2. Click pada icon gear yang umumnya ada di sudut atas kanan layar.
  3. Setelah sukses masuk di menu Pengaturan. Silakan Anda ganti lokasi penyimpanan yang semula di memory internal langsung ke kartu SD.

 

  1. Hapus Pesan SMS dan Chat WA yang Telah Tidak Diperlukan

 

Walaupun hapus SMS dan chat WA tidak mempunyai dampak yang berarti, tetapi minimal cara ini bisa mengurangi beban performa memory internal ponsel Anda.

 

  1. Uninstall Aplikasi Bloatware

 

Aplikasi bloatware merupakan aplikasi-aplikasi bawaan yang telah terinstall semenjak pertama kali ponsel dibeli.

Sayang, umumnya dari aplikasi bawaan itu tidak begitu mempunyai peran penting hingga tidak ada salahnya bila Anda hapus beberapa aplikasi itu.

 

  1. Hapus Cache Aplikasi

 

Selain keempat langkah di atas, langkah paling akhir yang dapat Anda kerjakan yaitu bersihkan semua cache pada sistem aplikasi Android.

Untuk membersihkan cache itu Anda dapat memakai aplikasi pembersih seperti Clean Master atau aplikasi yang lain.

 

Selain dengan aplikasi pembersih pihak ke-3 Anda bisa juga langsung membersihkan dari menu Pengaturan.

Caranya, membuka dan masuk pada menu Setting > Manager Aplikasi > Nama Aplikasi > Penyimpanan > Selanjutnya klik tombol Hapus Cache.

 

Penutup

Demikian artikel tadi tentang Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Samsung J2 Prime. Semoga bisa bermanfaat bagi pembaca. Jika ada kesalahan mohon maaf,terima kasih.


Comments are closed.