RESPON/TANGGAPAN KOMENTAR TEMAN

No. 1

Komentator     : Nurul Arifin

Alamat blog    : https://blog.unnes.ac.id/nurularifin/

Tanggapan Kelebihan : menurut pak arifin blog saya sendiri sudah tersusun rapi dan sangat menarik, terimakasih atas pujiannya pak.

Tanggapan Kekurangan : menurutnya lagi namun penerapan picture dalam setiap postyingannya perlu dirapihkan lagi, nanti akan saya rapihkan lagi supaya lebih menarik dan banyak pembaca.

Saran               : –

Read the rest of this entry »

ULASAN BLOG SEJAWAT TAHAP II

No. 1

Nama              : Putri Ayu

Alamat blog   : https://blog.unnes.ac.id/putriayu/

Kelebihan       : blog putri ayu sudah bagus, susunan huruf sebagian sudah rapi, tampilan blog bagus membuat tampilan lebih menarik,

Kekurangan    : kekurangan blok uti yaitu terletak pada kategori, kategori terlalu banyak sehingga seharusnya bisa dikerucutkan lagi, ada beberapa postingan yang belum rapi susunanya yaitu pada rata kiri dan kanan paragraf.

Saran                : sebaiknya kategori lebih dikerucutkan sehingga mempermudah dalam pencarian ketika mencari artikel. Kemudian susunan kalimat yang belum rapi sebaiknya dirapikan agar lebih bagus dan menarik.

Read the rest of this entry »

ULASAN AKHIR 10 BLOG TEMAN SEJAWAT

Ulasan ini berisi tentang pendapat penulis terhadap blog teman yang belum diikuti guna memenuhi tugas akhir mata kuliah Praktek Laboratorium

Blog. 1

  1. Nama : Arsi Mafirotul Wakhida
  2. Alamat Blog : https://blog.unnes.ac.id/arsiwakhida
  3. Keunggulan : Blog sudah rapi, dan artikelnya lengkap
  4. Kelemahan :Tampilan masih kurang menarik seperti font style dan background header, serta background halamannya,Pengaturan layout artikel masih kurang rapi, dan masih ada yang belum dibuat rata kanan dan kiri
  5. Saran :Desain header sebaiknya dibuat lebih menarik lagi, seperti kesesuaian warna font dan background agar lebih kontras dan menarik, sehingga pembaca lebih enak melihatnya, Kurangi widget yang tidak penting

Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Perubahan Sosial dan Dampaknya

Pengertian Perubahan Sosial

Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial
Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas

A. PEMBERDAYAAN KOMUNITAS

Pemberdayaan menurut Robinson adalah suatu proses pribadi dan sosial; suatu pembebasan kemampuan pribadi, kompetensi, kreatifitas dan kebebasan bertindak. Sedangkan menurut Hatu pemberdayaan komunitas adalah suatu proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial guna memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Contoh program pemberdayaan komunitas yang ada di masyarakat antara lain PNPM Mandiri, LSM, dan PLP-BK.

Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial Di Tengah Globalisasi

 

A. Ketimpangan Sosial
Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Dua faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut.
Read the rest of this entry »

Materi Pelajaran Sosiologi SMA Kelas XII: Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

 

Pengertian Modernisasi
Kata modernisasi dengan kata dasar modern berasal dari bahasa latin modernus yang dibentuk dari kata modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini. Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat modern. Menurut Koentjaraningrat mendefinisikan modernisasi sebagai usaha untuk hidup sesuai dengan zaman dan keadaan dunia sekarang. Sedangkan menurut Soerjono Soekanto, modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang biasanya terarah dan didasarkan pada suatu perencanaan (social planning).

Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Perubahan Sosial dan Dampaknya

Pengertian Perubahan Sosial

Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial.

Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Integrasi Dan Reintegrasi Sosial Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik Dan Kekerasan

Pengertian Integrasi Sosial

Integrasi sosial adalah proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Unsur-unsur yang berbeda tersebut dapat meliputi perbedaan kedudukan sosial, ras, etnik, agama, bahasa, kebiasaan, sistem nilai, dan norma. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Konflik, Kekerasan, Dan Upaya Penyelesaiannya

Di masyarakat kita dewasa ini, konflik seakan-akan sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Mulai dari konflik politik, ekonomi, berbagai aksi pengeboman yang di lakukan oleh para teroris, bahkan konflik yang berbau SARA, seperti yang terjadi di Ambon, Poso, Sampit, Sambas, dan juga konflik antarsuku di Timika, Papua, yang dapat kamu amati pada gambar di atas. Berbagai konflik yang terjadi di masyarakat dapat merusak tatanan struktur sosialyang telah ada dan dapat mengancam jalinan integrasi yang selama ini dibangun dengan landasan Bhinneka Tunggal Ika. Read the rest of this entry »

Skip to toolbar