4 Peristiwa Tsunami yang Pernah Terjadi di Indonesia


Selain Aceh, ada 4 peristiwa hempasan tsunami hebat yang pernah luluh lantakkan daerah di Indonesia. Dalam sebuah penelitian, tidak sekali saja atau di tahun 2004 silam, Aceh pernah dihantam gelombang besar atau disebut tsunami, kota dengan sebutan Serambi Mekah tersebut juga pernah diterjang tsunami ribuan tahun lalu.
Namun sebetulnya, tidak hanya di Aceh saja, Indonesia juga sangat sering sekali terkena hantaman tsunami sejak beberapa tahun lalu. Setidaknya ada 4 catatan sejarah akan tsunami yang pernah hantam daerah di Indonesia. Berikut rekam sejarah bencana gempa dan tsunami dengan urutan terbaru ke lama.

  1. Tahun 2006

Pada tanggal 17 Juli 2006, terjadi gempa di pesisir pantai perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Gempa tersebut kemudian disusul dengan gelombang tsunami yang mencapai sekitar 6 meter dan menyapu beberapa daerah di sekitar pantai Pangandaran, Ciamis, kebumen dan beberapa daerah lainnya.
Akibat gempa dan tsunami tersebut, diperkirakan ada lebih dari 550 orang meninggal dunia dan 200 lebih lainnya hilang. Bencana ini juga mengakibatkan kerusakan fasilitas umum atau juga rumah-rumah warga.

  1. Tahun 2004

Pada tanggal 26 Desember 2004, gempa bumi di dasar lautan terjadi. Gempa yang berkekuatan 9.1-9.3 skala Richter tersebut memunculkan tsunami besar yang gelombangnya sampai menyentuh daerah di Srilanka, India, Indonesia, Thailand dan beberapa negara lainnya.

Di banding daerah dan tempat lainnya, Indonesia, khususnya di Aceh dan sekitarnya, mengalami kerusakan yang cukup parah. Diperkirakan sebanyak 167 ribu lebih orang meninggal dunia dan banyak lagi yang terluka.

  1. Tahun 1883

Pada tanggal 26 Agustus 1883, gunung Krakatau meletus dengan sebegitu hebatnya. Bahkan letusan ini tercatat sebagai letusan gunung berapi paling mematikan di dunia.
Letusan Krakatau ini selain menghasilkan lahar, awan panas dan debu vulkanik, juga menciptakan tsunami besar. Diperkirakan sekitar 36 ribu lebih orang meninggal dunia karena bencana alam tersebut.

  1. Tahun 1833

Pada tanggal 25 November 1833, pernah terjadi gempa bumi yang diperkirakan berkekuatan sekitar 8.8-9.2 skala Ritcher. Gempa bumi tersebut memunculkan tsunami besar yang menghantam pesisir Sumatera. Sayangnya, tidak ada catatan berapa jumlah orang yang meninggal karena hempasan tsunami tersebut beserta berapa kerugian materiilnya.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco