home Analisis Artikel Jurnal [Analisis Jurnal] Investigasi Pendapat Guru Preschool Mengenai Jurnal Sains

[Analisis Jurnal] Investigasi Pendapat Guru Preschool Mengenai Jurnal Sains

Nama Jurnal  : Necatibey Faculty of Education Electronic Journal of Science & Mathematics Education . Jun 2016, Vol. 10 Issue 1, p 85-106. 22p.

Judul              : INVESTIGATION OF PRESCHOOL TEACHERS’S OPINIONS ABOUT SCIENCE JOURNALS

Bahasa           : Turki

Penulis           : UYSAL, Hatice; TEPETAŞ CENGİZ, Şule; GÜÇHAN ÖZGÜL, Sinem; AKAR GENÇER, Arzu; AKMAN, Berrin

Latarbelakang: Memperkenalkan science terhadap anak-anak pada usia awal menyutujui mereka untuk mengembangkan pemahaman terhadap fenomena alam dan pengalaman keterampilan proses, seperti mengamati, mengumpulkan dan mencatat data, deduksi, dan membuat penyelidikan. Jurnal science merupakan alat yang efektif untuk mendukung pembelajaran anak-anak preschool dan keterampilan proses. Jurnal science dapat dideskripsikan sebagai bentuk pendokumentasian yang menyediakan kesempatan untuk anak-anak untuk mengekspresikan ide mereka sendiri tentang diskusi kelas dan fenomena yang mereka amati selama kegiatan inkuiri berbasis science.

Science di kurikulum preschool memainkan peranan penting pada anak-anak yang mengadopsi sikap positif terhadap science dan mengembangkan pemahaman tentang alam yang lebih baik, kesenangan dalam belajar, komprehensi pada bahasa scientific dan menjadi lebih familiar denganya, meningkatkan keterampilan reasoning, dll. Jurnal Science tidak hanya menyediakan motivasi tapi juga menuntun anak-anak untuk lebih mengamati, memberikan anak kesempatan untuk refleksi dan menyampaikan kembali ide mereka secara bebas. Mereka dapat menyampaikan pembelajaran dan ide mereka melalui gambar, grafik, dan ilustrasi dengan menggunakan imajinasi mereka. Sebagai tambahan jurnal science membantu anak-anak belajar pelajaran tertentu, untuk mereka dapatkan kesempatan selagi belajar dan bereksperimen sambil merekam.

Metodologi penelitian: Penelitian kualitatif, subyek penelitian 58 guru preschool. Instrument data yang disiapkan peneliti termasuk demografi karakter guru preschool yang terlibat dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini meggunakan teknik analisis deskriptif untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Sejalan dengan tujuan penelitian, data yang dianalisis seperti frekuensi dan persentase statistik, dan dipresentasikan seperti tabel.

Hasil penelitian: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru preschool, 29,3% guru menjelaskan jurnal science sebagai notebook yang meningkatkan keingintahuan anak-anak, 20,7% guru menjelaskan jurnal science sebagai notebook infomercial, sementara 19% tidak mengetahui tentang jurnal science. Guru prechool mengindikasikan akan menggunakan jurnal science terutama untuk merekam informasi dan juga jurnal science membuat informasi mudah untuk diingat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lewat ke baris perkakas