home Tutorial+Review Web [Tutorial+Review] Bagaimana Cara Mencari Jurnal Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

[Tutorial+Review] Bagaimana Cara Mencari Jurnal Di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Bagi mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan jurnal. Jurnal merupakan tulisan khusus yang memuat artikel suatu bidang ilmu tertentu. Untuk mencari jurnal, situs pencarian paling populer adalah Google Scholar atau Google cendekia. Kita dapat mencari berbagai macam jenis jurnal dan dari berbagai macam sumber. Mulai dari jurnal nasional (jurnal berbahasa Indonesia) sampai jurnal internasional. Permasalahan yang sering dihadapi adalah jurnal yang ditemukan tidak bisa dilihat atau hanya berupa citation; dan berupa jurnal berbayar.

Solusi yang biasanya digunakan adalah menggunakan situs sci-hub, akan tetapi situs ini walaupun sangat membantu tapi merupakan situs ilegal. Sudah beberapa kali situs ini dihapus namun sering muncul kembali dengan alamat domain baru.

Karena itulah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menawarkan secara legal menjadi sumber berbagai buku, jurnal ilmiah, catalog dan sebagainya. Caranya sangatlah mudah, Anda cukup mendaftarkan diri secara online ke http://keanggotaan.pnri.go.id/.

  1. Silahkan menuju alamat tersebut dan klik Daftar. Penampilan situsnya akan seperti di bawah ini:

2. Selanjutnya Anda akan di arahkan ke Petunjuk Pendaftaran Anggota, mulai dari persyaratan hingga Hak dan Kewajiban. Lalu klik Lanjutkan Pendaftaran.

3. Isi form pendaftaran dengan identitas asli Anda.

4. Perlu diingat, hasil dari pendaftaran ini berupa NOMOR ANGGOTA. Yang artinya Anda harus mencatat dan mengingat nomor tersebut agar bisa login. Jika Anda melupakan nomor anggota maka Anda harus mengurusnya dengan langsung datang ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110.

5. Setelah mendaftarkan diri Anda hanya perlu berkunjung ke http://e-resources.perpusnas.go.id/, situs tempat Anda mencari jurnal , ebook, dan karya-karya referensi online lainnya. Silahkan mengetikkan nomor anggota, password, dan mengklik tombol Login untuk masuk ke dalam portal layanan e-Resources.

6. Setelah login, Anda akan diarahkan menuju halaman pencarian. Disana Anda dapat melihat langganan resmi PNRI. Silahkan cari sesuai kebutuhan. Anda juga bisa memanfaatkan Advanced Search untuk proses pencarian yang lebih spesifik.

7. Hal yang Saya sukai dari situs ini adalah hasil pencarian yang banyak dan Anda juga bisa menyortir sesuai kebutuhan. Mulai dari tipe konten yang Anda cari, jenis teks, tahun terbit, dan sebagainya. Setelah menemukan jurnal yang Anda butuhkan, silahkan klik Full Text Online pada Journal Article: Full Text Online.

8. Hasil tampilan yang Anda cari akan seperti di bawah ini. Mulai dari deskripsi jurnal yang Anda klik. Hingga Tools yang Anda bisa gunakan. Jika hasil pencarian yang Anda cari tidak dimunculkan maka Anda bisa klik Also availabe online form  dan pilih sumber lainnya. Jika sudah sesuai silahkan klik PDF Full Text.

9. Hasil preview dari jurnal Anda akan ditampilkan dan Jika sudah sesuai kebutuhan Anda maka silahkan klik ikon download di bagian atas preview. Selesai.

TIPS DAN REVIEW

Yang jelas terlihat berbeda dari Google Scholar adalah kita bisa mensortir lebih spesifik sesuai kebutuhan. Ada berbagai sumber yang bisa digunakan. Pada Jurnal, tidak hanya artikel yang dibutuhkan saja yang ditampilkan tapi juga satu edisi volume ditampilkan di samping kiri tampilan preview. Anda bisa melihat artikel lain di edisi volume yang sama ATAU Anda juga bisa melihat edisi volume lain bahkan di tahun yang berbeda.

Namun jika Anda mencari jurnal nasional, e-book nasional maka hasil pencarian yang Anda dapatkan akan lebih sedikit. Walapun begitu untuk bagian Internasional sangat memuaskan dan layak menjadi sumber utama Anda untuk mencari jurnal, ebook dan sumber pustaka online lainnya.

Untuk pencarian yang lebih luas lagi dan lebih mudah, Anda juga bisa mencari di EBSCO. Situs ini juga bekerja sama dengan PNRI. Caranya,  saat di deskripsi artikel jurnal ada logo EBSCO bagian atas. Silahkan klik logo atau tulis kata kunci dari pencarian Anda.

Semoga tutorial dan review ini bermanfaat dan sesuai kebutuhan Anda. Jika ada pertanyaan atau ingin me-request review atau tutorial situs lain silahkan isi kolom komentar. Terima kasih.

Salam

Iqlima Ramiza Fauzi

AN: Sumber gambar merupakan dokumentasi pribadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lewat ke baris perkakas