blog

Blog No. 1

  1. Nama Pemilik Blog             : Novita Widiarti
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/novita3011/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Blog sangat simple dan menarik sehingga memudahkan audience untuk membaca. Adanya animasi bergerak dalam tampilan utama blog semakin menambah ketertarikan sehingga audience tidak jenuh dalam melihat tampilan blog.
  4. Kekurangan/Kelemahan : Terlalu banyak kategori dalam format tampilan blog. Didalam menu “PEMILIK BLOG ” belum tertera tentang isi dari blog itu sendiri. Selain itu terdapat penulisan judul artikel yang kurang sesuai dengan ejaan yang ada di EYD.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Sebaiknya format kategori dikurangi dan dispesifisikan lagi. Kemudian dalam menulis judul artikel lebih memperhatikan huruf kapital sebagaimana aturan yang ada di EYD. Perbaikan terhadap judul artikel yang ada di blog adalah “Materi Antropologi Kelas XII: Karya Ilmiah dan Metode Penelitian Antropologi”.

Blog No. 2

  1. Nama Pemilik Blog : Ika Yuni Aryanti
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/ikayuni/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Tampilan blog sangat simple. Warna soft dalam blog menyebabkan tampilan blog semakin menarik.
  4. Kekurangan/kelemahan : Jarak antar following dalam blog terlalu jauh. Selain itu widget pada jumlah pengunjung terlalu kecil, sehingga audience susah untuk membaca berapa jumlah pengunjung blog. Selain itu penulisan judul artikel tidak sesuai dengan EYD.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Sebaiknya jarak antar following lebih didekatkan lagi supaya tampilan blog lebih menarik. Tampilan daftar jumlah pengunjung sebaiknya diganti dengan yang lebih jelas, supaya memudahkan audience dalam membaca atau lebih mudah dalam mengetahui berapa jumlah pengunjung blog. Selain itu, lebih memperhatikan huruf kapital dalam penulisan judul artikel, serta judul artikel tidak perlu diberi tanda titik (.).

 

Blog No. 3

  1. Nama Pemilik Blog : Tri Yuliana
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/triyuliana/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Format blog sangat rapi dan simple. Gambar yang terdapat pada tiap artikel sangat bersinambungan terhadap isi artikel.
  4. Kekurangan/kelemahan : Dalam satu artikel terdapat jarak antara sub judul artikel dengan isinya masih belum rapi, ada yang jaraknya berdekatan dan ada yang jaraknya terlalu jauh. Selain itu pemilihan backgorund blog kurang sesuai dengan tema blog.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Alangkah baiknya apabila sebelum meng-upload artikel dicek atau diedit terlebih dahulu apakah jarak penulisan artikel sudah rapi ataukah belum. Pilihan background dalam blog juga sebaiknya disesuaikan dengan tema blog, agar perpaduan antara backgorund dan tema blog lebih serasi.

Blog No. 4

  1. Nama Pemilik Blog : Bagus Nustofa
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/bagusmustofa/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Tampilan blog sangat simple dan supel.
  4. Kekurangan/kelemahan : Format tampilan blog belum tertata dengan rapi. Masih terdapat ikon-ikon yang muncul dalam tampilan blog yang membingungkan audience. Selain itu masih terdapat sample page. Masih terdapat uncategorized dan belum ada pengkategorian. Belum ada profil pemilik blog. Artikel yang diupload hanya muncul judul dari artikel saja, sedangkan isinya tidak ada.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Ikon-ikon yang tidak berhubungan dengan isi blog sebaiknya dihilangkan atau dihapus saja. Sebaiknya sample page diganti dengan profil pemilik blog. Selain itu alangkah baiknya apabila blog diberi kategori, sehingga lebih memudahkan audience dalam mencari artikel yang terdapat dalam blog.

Blog No. 5

  1. Nama Pemilik Blog : Farika Tri Ariyanti
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/farikatriakcl/
  3. Kelebihan/Keunggulan :Tampilan blog cukup rapi dan menarik. Perpaduan warna blog sangat cocok.
  4. Kekurangan/kelemahan :Terdapat ketidak sesuaian pada judul jumlah kategori.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Sebaiknya tampilan blog terutama pada judul jumlah kategori lebih diperhatikan lagi. Dalam blog tertera bahwa total kategori ada 5, akan tetapi yang muncul hanya 4 kategori saja, yaitu kategori Antropologi, Antropologi SMA, Sosiologi, dan Sosiologi SMA.

Blog No. 6

  1. Nama Pemilik Blog : Inggit Silvia
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/inggitsilvia/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Secara keseluruhan tampilan blog cukup menarik. Isi dari blog juga sangat bermanfaat, dapat menambah refereni bagi audience terutama para peserta didik SMA sederajat. Selain itu gambar dalam tiap artikel sangat dapat memberikan gambaran terhadap isi artikel.
  4. Kekurangan/kelemahan : Size foto yang dijadikan sebagai foto sampul dalam blog masih terlalu besar, sehingga sekilas mengganggu audience dalam melihat tampilan bloh secara keseluruhan. Dalam blog juga masih terdapat uncategorized.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : perbaikan untuk blog sebaiknya size foto lebih dikecilkan lagi, agar tampilan lebih menarik dan blog tidak terkesan dipenuhi oleh foto sampul. Uncategorized sebaiknya dihapus atau diganti dengan kategori lain. agar lebih cantik sebaiknya pos-pos terbaru yang berada disebelah kiri blog diletakkan disebelah kanan blog terutama dibawah atau diatas kategori, dengan tujuan agar memudahkan audience dalam membaca.

Blog No. 7

  1. Nama Pemilik Blog : Hendro Wibowo
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/hendrowibowo/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Tampilan blog cukup menarik. Isi dari blog cukup beragam, dapat menambah wawasan audience.
  4. Kekurangan/kelemahan : Menu jurnal masih menyatu dengan laman blog. Penulisan dari tiap-tiap artikel masih belum rapi. Selain itu jarak antar following masih terlalu jauh. Tulisan dari tiap widget juga tidak terlihat.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Agar tampilan blog lebih menarik sebaiknya ketika mengklik menu jurnal, laman dipisahkan antara laman jurnal dengan laman blog. Selain itu supaya tulisan dari tiap artikel rapi, alangkah baiknya jika tulisan di rata kanan kiri. Perbaikan untuk warna tulisan pada masing-masing widget: warna tulisan diganti dengan warna yang bertolak belakang dengan warna tema. Contoh perbaikan, tema warna putih tulisan bisa menggunakan warna hitam agar audience lebih mudah dalam membaca.

Blog No. 8

  1. Nama Pemilik Blog : Ahmad Luthfi Maulana
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/luthfi9/
  3. Kelebihan/Keunggulan :
  4. Kekurangan/kelemahan : Warna background pada blog kurang sesuai. Tata letak dan ukuran gambar pada tiap artikel juga kurang rapi. Terlalu banyak kategori dan masih dijumpai uncategorized. Jarak antar following terlalu jauh.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Sebaiknya warna background dengan tema jangan disamakan sehingga terlihat batas antara background dengan tema blog. Gambar pada masing-masing artikel sebaiknya disama ratakan. Apabila salah satu gambar artikel berada ditengah, maka gambar pada semua artikel diletakkan ditengah semua. Ukuran gambar pada masing-masing blog juga sebaiknya di samakan antara gambar artikel yang satu dengan yang lain. Kategori lebih dispesifikan lagi dan uncategorized sebaiknya diganti dengan nama kategori lain atau dihapus apabila tidak diperlukan. Selain itu jarak antar following lebih didekatkan lagi.

Blog No. 9

  1. Nama Pemilik Blog : Sudi Didi Wahyono
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/didicilacap/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Tampilan blog simple dan elegan. Tampilan blog juga sangat menarik karena apabila audience mengklik “lanjut baca gan” pada maka format artikel berubah menjadi scribd.
  4. Kekurangan/kelemahan : Tidak ada gambar yang digunakan sebagai simbol dari isi artikel. Tata letak pada blog sebelah kiri kurang sesuai.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Alangkah baiknya apabila setiap artikel diberi gambar sebagai simbol dari isi artikel, selain itu dengan gambar dapat mempercantik tampilan blog. Letak kolom yang berada disebelah kanan blog sebaiknya lebih disejajarkan dengan garis bawah foto sampul, sehingga tidak merusak pandangan mata dalam melihat tampilan blog secara keseluruhan.

Blog No. 10

  1. Nama Pemilik Blog : Zakaria Ahmad
  2. Alamat Blog/http : https://blog.unnes.ac.id/sosiologica/
  3. Kelebihan/Keunggulan : Blog sangat simple, suple, dan rapi. Isi dari masing-msing artikel juga menarik. Selain itu gambar yang digunakan dalam masing-masing artikel cukup bagus.
  4. Kekurangan/kelemahan : Terdapat salah satu artikel yang tidak jelas dan tidak rapi. Blog teman yang diikuti juga terlalu sedikit. Selain itu masih terdapat beberapa artikel yang belum diberi gambar.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan : Perbaikan pada artikel dengan kalimat pertamanya” relativitas budaya artinya” sebaiknya diperjelas, apakah itu merupakan isi dari artikel atau judul artikel. Selain itu alangkah baiknya apabila setiap artikel diberi gambar dengan tujuan untuk menyeragamkan artikel lain yang diberi gambar dan juga agar tampilan lebih menarik.