Data Mining (Seminar Nasional Ilmu Komputer) UNNES 2016

Data Mining (Romi Satrio Wahono)

                Big Data : Big Data adalah merupakan istilah yang digunakan untuk penggunaan data yang sudah mulai meningkat. Dalam big data sendiri, dibagi atas 5 kondisi yang sebaiknya diperhatikan dalam Big Data. Yaitu :

  1. Culture (Budaya)
  2. Mining (Mengambil)
  3. Methods (Metode)
  4. Use Cases (Studi Kasus)
  5. Research (Penelitian)

Culture (Budaya)

                Tren penggunaan data semakin membuktikan bahwa data semakin penting dalam bidang apapun. Bisa kita lihat sendiri bahwa penggunaan data sudah menggunakan data seperti kedokteran, astronomi, Olahraga, ekonomi dan bisnis, dan beberapa bidang lainnya. Contohnya, sebuah survey bidang astronomi yang dilakukan oleh Sloan Digital Sky di New Mexico pada tahun 2000 menunjukkan bahwa penggunaan data pertahunnya adalah 140 TB. Berbeda dengan hasil survey di Chile, yang dilakukan oleh Large Sypnotics Survey Telescope pada 2016. Yang menunjukkan penggunaan data yang sama, namun hanya dalam waktu 5 hari.

                Data survey tersebut juga didukung oleh survey yang dilakukan oleh Excelacom pada 2016 yang menunjukkan penggunaan data setiap 60 detik di berbagai media social seperti berikut :

aghh

Akibat dari banyaknya data yang digunakan, maka muncullah suatu keadaan yang disebut dengan ‘Tsunami Data’. Dimana kita dibanjiri oleh data yang sangat banyak. Sayangnya, Data itu sendiri ternyata tidak memiliki arti sama sekali kecuali diolah. Menurut Cilve Himby, data merupakan minyak mentah baru yang perlu diolah agar menjadi berguna. John Naibett juga menuturkan bahwa saat ini dunia sedang kebanjiran data, namun miskin pengetahuan.

 

Mining, Metode, dan Teknologi

                Data yang tidak memiliki nilai berarti tersebut harus diolah agar menjadi pengetahuan yang menjadi manfaat bagi orang banyak. Dengan pengetahuan yang ada, maka akan dapat dilakukan beberapa hal seperti prediksi, pengambilan keputusan, pembagian kelompok, dan masih banyak lagi. Untuk menjadikannya suatu pengetahuan, himpunan data yang diperoleh diolah menggunakan metode tertentu sehingga menghasilkan pengetahuan baru.

                Dalam data mining, terdapat 5 metode yang dihasilkan yaitu estimasi, prediksi, klarifikasi, klastering, dan asosiasi. Estimasi merupakan metode untuk mencari prediksi waktu optimal dalam suatu proses. Prediksi berguna untuk mengetahui apa yang akan yang terjadi di masa mendatang. Klarifikasi sendiri pembagian jenis, namun datanya terdiri atas nominal dan numerik. Berbeda dengan Klastering adalah pembagian jenis, namun data yang digunakan numerik. Sedang asosiasi adalah metode guna menentukan jenis sesuatu

 

Research

Penelitian merupakan hal utama dalam kontribusi dalam ilmu pengetahuan. Hakikatnya, suatu penelitian harus dibukukan menjadi paper dan segera diindekskan supaya tidak ada plagiarism. Khusus di Indonesia sendiri, jumlah seluruh ‘paper’ yang terindeks menurut scimagoJR.com masih kalah disbanding Malaysia, Singapura, dan Vietnam. Bahkan, di peringkat dunia berada di nomor 61. Mengapa hal ini bisa terjadi?

ahhh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco