IMG_2524

Vespa sangat identik dengan kumal. Memang sih…nggak semua demikian. Tapi cap seperti ini tidak jauh dari anggapan banyak masyarakat kepada pecinta vespa. Malum mereka hanya melihat pasukan vespa yang sering mogok dijalan dengan dandanan yang nggak pernah mandi. Juga barang yang dibawa nggak jelas mulai dari kaleng bekas hingga baju kotor yang biasa buat serbet kulkas. Vespa yang unik masyarakat perlu tau. Keren dan kekinian sudah menjadi gaya.Mereka banyak komunitas yang saling share dan care. Bersama sama menjunjung tinggi arti solidaritas. Kemolekan cat vespa sama moleknya dengan arti sebuah kebersamaan. 

Dalam perjalanan yang kebetulan teman aku adalah pecinta vespa dan juga punya vespa yang dibeli dengan harga 6,5juta (belum cat dan hiasan lain) ada orang “menuntun” vespanya karena mogok. Kalau aku sendiri sih…Nggak mungkin berhenti karena memang nggak paham mesin juga kurang begitu yakin sama orang yang motornya mogok. Namun rombongan kami ada yang mengomando untuk berhenti. Langsung deh…vespa dilihat lihat, dibongkar, dicoba sela dengan berbagai cara. Untungnya teman aku yang punya vespa bawa alat alat yang disimpan di box depan. Sekitar 15 menit vespa yang mogok bisa jalan kembali. Dan orang tersebut dapat melanjutkan pulang ke rumah dengan vespa yang bisa jalan walau untuk sementara.

Untuk pergi kali ini aku sama anak vespa dan bukan cuma 1 orang tapi 4 anak vespa (walaupun vespanya 1 dan aku juga pakai motor biasa). Mengajarkan kepada kita arti solidaritas secara nyata. Jika kawan menderita itu juga derita kita. Artinya kita harus memberi tindakan nyata. Sama seperti yang diajarkan dalam agama kita bahwa muslim satu dengan yang lain adalah saudara. Tentu yang disebut saudara pasti mau tolong menolong dalam berbagai hal. Bukan cuma kesenangan tapi juga kesusahan.