exmPostingan kali ini, saya akan memposting terkait komentar atau pandangan saya terhadap 10 Blog Teman saya dan juga postingan ini sebagai tugas pengganti Ujian Akhir Semester “Praktek Laboratorium” Jurusan Sosiologi dan Antropologi yang diampu oleh Kuncoro Bayu Prasetyo S.Ant., M.A.

Blog No.1
1.    Nama Pemilik Blog         : Andri Erwanto
2.    Alamat Blog/http            : https://blog.unnes.ac.id/andrierwanto/
3.    Kelebihan / keunggulan
Blog serunya belajar sosiologi dan antropologi ini sudah memuat semua tugas dalam praktek laboratorium yang meliputi hitcounter, follow blog teman, kategori, paduan warnanya cukup bagus, Sumber postingan pada tiap postingan sudah bervariasi dan tidak hanya dari satu sumber, profil pemilik blog sudah lengkap dan sudah terdapat media sosial untuk dijadikan sebagai media komunikasi sehingga memudahkan para pengunjung blog apabila mereka ingin menanyakan terkait postingan yang terdapat pada blog.
4.    Kekurangan/kelemahan
Belum terlihat aspek visualnya sehingga hal ini menjadikan blog menjadi kurang menarik, Recent pos juga terlihat terlalu panjang (10 postingan terakhir), selain itu deskripsi mengenai blog di masukkan kedalam kategori yaitu kategori umum. Padahal seharusnya kategori hanya untuk mengkategorikan postingan-postingan yang diposting oleh pemilik blog.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan:
Sebaiknya ditambah dengan beberapa gambar yang sesuai dengan artikel yang diposting sehingga tampilan juga akan lebih menarik. Recent postnya terlihat terlalu panjang (10 recent post) seharusnya bisa disiasati dengan hanya diambil 4 atau 5 postingan terakhir, sehingga menjadikan recent post lebih simple. Kategori umum yang hanya memuat deskripsi blog lebih baik dihapus dan diskripsi blog bisa dijadikan satu dengan profil pemilik blog.
Blog No . 2
1.    Nama Pemilik Blog        : Alfiah
2.    Alamat Blog/http           : https://blog.unnes.ac.id/alfiyah/
3.    Kelebihan / keunggulan:
Secara keseluruhan sudah bagus dan sudah rapi, postingan yang dimuat juga sangat menarik dan sudah mencantumkan sumber dalam tiap artikelnya. Selain itu juga sudah memuat semua tugas praktek laboratorium dan profil pemilik blog sudah cukup lengkap dan jelas, sudah mencantumkan media sosial untuk memudahkan para pengunjung blog jika ingin menanyakan lebih lanjut terkait postingan dari pemilik blog “catatan tintaku” ini.
4.    Kekurangan/kelemahan:
Belum memuat diskripsi blog (blog tersebut memuat postingan tentang apa?), sidebar yang hanya dibuat menjadi satu sisi menjadikan tampilan terlihat tidak seimbang antara sidebar kanan dan kiri, adapun blog yang diikuti masih terlihat kurang rapi dan terlalu panjang. Aspek visual belum terlihat sehingga menjadikan blog kurang menrik, karena blog hanya berisi tulisan-tulisan, aspek kreativitas penulis belum terlihat, dan semua msih terlihat dari blog aslinya.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan :
Deskripsi tentang blog yang ada bagian paling awal postingan akan lebih baik jika dijadikan satu dengan profil, karena jika deskripsi tentang blog terletak dibagian bawah seperti pada blog “Catatan Tintaku” ini maka semakin banyak postingan yang dimuat maka deskripsi blog semakin tertutup oleh postingan baru/ semakin tenggelam. Selanjutnya pada Materi Sosiologi Kelas XII BAB 3 ( Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi) akan lebih baik jika sumber di tambah sehingga tidak hanya satu sumber dan kalaupun mengambil dari blog teman di tambah tanggal dan dan waktu kapan artikel tersebut di unduh. Untuk sidebar akan lebih bagus jika dibuat 2 sidebar disamping kanan dan kiri sehingga tampilan sidebar tidak terlalu pincang dan terlihat seimbang, dan untuk bagian blog teman yang di ikuti supaya tidak terlalu panjang lebih baik di buat scoll. Dan untuk Silabus sosiologi sebaiknya dijadikan satu dengan kategori Sosiologi SMA karena yang ada dalam blog “Catatan Tintaku” ini Silabus pembelajaran SMA dijadikan satu dengan sosiologi materi perkuliahan.
Blog No . 3
1.    Nama Pemilik Blog        : zakyah yuliyati
2.    Alamat Blog/http          : https://blog.unnes.ac.id/zakiyahylt/
3.    Kelebihan / keunggulan
Tampilan blog sudah terlihat rapi, dan sudah memuat tugas perkuliahan praktek laboratorium, untuk bagian follow teman, hitcounter, recent post, dan komentar sudah baik dan memenuhi syarat. Dan juga sudah menunjukkan adanya kreativitas penulis dilihat dari Font-nya dan paduan warna yang cukup menarik. Profil pemilik blog sudah lengkap dan setiap artikel sudah dicantumkan sumbernya.
4.    Kekurangan/kelemahan
Untuk bagian blog yang diikuti terlalu panjang, dan belum ada aspek visual (tidak terdapat gambar) yang mendukung postingan.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Karena blog yang diikuti terlihat terlalu panjang maka lebih baik jika dibuat dengan cara scroll sehingga terlihat lebih simple, dan untuk menarik minat baca para pengunjung blog maka akan lebih baik jika ditambah gambar yang disesuaikan dengan artikel yang diposting.
Blog No . 4
1.    Nama Pemilik Blog        : Darmawan Budi Purnomo
2.    Alamat Blog/http           : https://blog.unnes.ac.id/darmawanbudipurnomo/
3.    Kelebihan / keunggulan
Postingan tidak hanya dari satu sumber, namun dari beberapa sumber bahkan banyak postingan yang sumbernya lebih dari tiga, Sumber yang berasal dari blog teman sudah di kasih tanggal kapan mengunduh, Profil dan deskripsi blog sudah cukup lengkap (sudah memuat kontak pemilik blog) dan Sudah memuat tentang semua tugas praktek laboratorium.
4.    Kekurangan/kelemahan
Pada materi Kelas XII SMA “Mata Pelajaran Sosiologi : Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas” read more terletak di bawah daftar pustaka. Dan bahkan ada postingan yang tidak diberi readmore seperti pada postingan “Materi Kelas XII SMA Mata Pelajaran Sosiologi : Perubahan Sosial dan Dampaknya”sehingga tampilan terlihat penuh dengan tulisan panjang dan hal ini bisa mengakibatkan minat baca para pengunjung blog berkurang. Blog terlihat kurang rapi, tidak ada gambar yang menunjang postingan, kreativitas penulis blog belum terlihat, untuk bagian blog teman yang diikuti masih terlalu panjang dan kurang rapi, dan pada postingan “Tradisi lisan yang ada di masyarakat” yang seharusnya di masukkan kedalam kategori antropologi, malah justru di dimasukkan kedalam kategori uncategorize,
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Supaya Follow teman tidak terlalu panjang dan terlihat simple dan rapi maka lebih baik dibuat dengan sistem scroll, seharusnya lebih cermat dalam mengkategorikan artikel yang hendak diposting karena masih terdapat kekeliruan dalam memasukkan kategori, pada kategori uncategorize lebih baik di ganti nama kategori dengan kategori pengetahuan umum atau sejenisnya karena di dalamnya memuat tentang postingan seperti Resiprositas, dan pengetahuan umum lainnya sehingga akan memudahkan pengunjung blog dalam pencarian artikel yang di inginkan.
Blog No . 5
1.    Nama Pemilik Blog         : Mariska Yunita
2.    Alamat Blog/http            : https://blog.unnes.ac.id/mariskayunita/
3.    Kelebihan / keunggulan
Blog sudah memuat semua tugas praktek laboratorium, blog sudah cukup rapi, dan sudah ada memanfaatkan gambar sebagai media pembelajaran untuk mendukung postingan pada blog, dan untuk profil pemilik sudah cukup lengkap.
4.    Kekurangan/kelemahan :
postingan tentang “Materi Sosiologi SMA/MA Kelas X Peminatan IS BAB 2: Individu, Kelompok dan Hubungan Sosial” belum terdapat Continue Readingnya sehingga tampilan tampak penuh,  dan untuk “Materi Antropologi Kelas XI: Perubahan Budaya dan Melemahnya Nilai-nilai Tradisional” postingan tersebut mempunyai kategori ganda yaitu pada kategori uncategorize dan kategori antropologi. Dan hampir semua artikel berkategori ganda khususnya artikel pembelajaran sosiologi SMA yang berada dikategori Sosiologi SMA dan uncategorize, dalam blog tebelum ada diskripsi blog (blog tersebut memuat tentang apa, dan bagaimana?), selain itu hitcounter juga tidak muncul sehingga tidak bisa menunjukkan berapa banyak orang yang sudah mengunjungi blog tersebut.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Untuk kategori pendidikan anti korupsi karena hanya memuat satu postingan maka bisa di masukkan kedalam kategori pendidikan yang ada dalam blog tersebut, dan untuk Hitcounter bisa diperbaiki karena tidak mau muncul Dan tidak menunjukkan berapa jumlah pengunjung.
Blog No . 6
1.    Nama Pemilik Blog        : Muhammad Najib
2.    Alamat Blog/http           : https://blog.unnes.ac.id/najib23/
3.    Kelebihan / keunggulan
Blog sudah rapi, dan sudah memuat semua tugas praktek lab, selain itu juga sudah menunjukkan identitas pemilik blog dan disetiap artikelnya sudah menyertakan sumber artikel tersebut. Hitcounter yang sudah di buat dengan model Scroll sehingga terlihat lebih simpel dan rapi.
4.    Kekurangan/kelemahan
Pada “ Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Perbedaan Kesetaraan dan Harmoni Sosial” yang mana dalam postingan tersebut belum terdapat readmore, sehingga menjadikan tampilan terlalu panjang, Kategori Pembelajaran sosiologi hanya memuat satu postingan, profil terlalu singkat dan tidak ada kontak yang bisa dihubungi dari pemilik blog, serta belum ada diskripsi blog.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan:
Postngan yang mengambil dari blog teman sebaiknya sumbernya dikasih kapan diunduh (tanggal dan waktu ketika artikel tersebut di unduh)” dan untuk kategori pembelajaran sosiologi yang hanya memuat satu artikel maka bisa ditambah dengan beberapa artikel lagi.
Blog No.7
1.    Nama Pemilik Blog        : Daula Mega S
2.    Alamat Blog/http           : https://blog.unnes.ac.id/damesa/
3.    Kelebihan / keunggulan
Sudah memuat tugas praktek lab, dan blog sudah terlihat rapi, profil pemilik blog juga sudah lengkap karena didalamnya juga memuat tentang identitas lengkap dan kontak yang bisa di hubungi, selain itu hitcounter sudah rapi dan dibuat dengan model scroll.
4.    Kekurangan/kelemahan
Dalam blog tersebut memiliki kategori yang terlalu banyak sehingga disana dijumpai adanya kategiri yang hanya memuat satu postingan padahal kategori dibuat untuk mengkategorikan postingan yang dibuat oleh pemilik blog berdasarkan jenisnya, selain itu dalam blog tersebut belum dijupai adanya diskripsi blog.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Kategori kewirausahaan sebaiknya jangan dibuat kategori sendiri dan artikel yang ada didalamnya bisa di masukkan ke dalam kategori pendidikan. Uncategorize sebaiknya dihapus karena didalamnya tidak memuat postingan satupun, blog tersebut akan lebih menarik jika ditambah gambar yang sesuai dengan artikel yang diposting untuk dijadikan sebagai media pembelajaran. Dan Supaya sidebar kelihatan seimbang sidebar bisa dijadikan dua yaitu leftbar dan rightbar sehingga tampilan akan terlihat tidak pincang pada tampilan sidebarnya.
Blog No.8
1.    Nama Pemilik Blog        : Reza Adi Nasuha
2.    Alamat Blog/http           : https://blog.unnes.ac.id/azzelins/
3.    Kelebihan / keunggulan
Sudah memuat semua tugas praktek laboratorium, dan untuk profil pemilik blog sudah cukup lengkap, sehingga memudahkan pengunjung jika ingin menanyakan lebih jauh tentang postingan yang dimuat oleh pemilik blog. Tampilan juga sudah terlihat cukup rapi, dan cukup menarik dengan backgraund yang sangat sesuai dengan kontras warna font dan tulisannya.
4.    Kekurangan/kelemahan
Postingan kewirausahaan disajikan secara terpisah dengan dua kategori yang berbeda, seperti Rencana usaha Depo pasir yang malah justru dimasukkan kedalam kategori Uncategorize,  sehingga nampak Pada kategori kewirausahaan hanya memuat satu jenis usaha. Dalam blog tersebut juga belum memuat deskripsi blog.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Postingan usaha Depo pasiryang terdapat pada kategori uncategorize bisa dijadikan satu di katekategori kewirausahaan, jika tidak maka akan lebih baik jika kategori kewirausahaan kedalam kategori pendidikan kecuali jika pemilik blog ingin selalu meng-update dan memposting seputar kewirausahaan maka kategori kewirausahaan boleh menjadi kategori yang berdiri sendiri, dan untuk postingan yang memuat silabus antropologi sebaiknya dijadikan satu kedalam kategori antropologi, dan untuk sumber postingan  jika itu berasal dari internet sebaiknya ditambahi kapan diakses artikel tersebut diakses (tanggal dan waktu).
Blog No.9
1.    Nama Pemilik Blog        : Agus salim
2.    Alamat Blog/http           : https://blog.unnes.ac.id/agussalim/
3.    Kelebihan / keunggulan
Sudah memuat semua tugas praktek lab, dan hitcounter sudah dibuat dengan model scroll sehingga tampilan blog terlihat rapi dan simpel, dan untuk profil mengenai profil blog dan profil pemilik blog sudah lengkap.
4.    Kekurangan/kelemahan
Kategori terlalu banyak sehingga membuat orang yang mengunjungi blog merasa kebingungan karena sudah ada kategori sosiologi, kategori sosiologi SMA, kategori Antropologi, kategori antropologi SMA namun masih di tambah dengan kategori sosiologi dan Antropologi. Pada kategori sosiologi memuat tentang pembelajaran sosiologi SMA, sedangkan pada kategori sosiologi SMA juga memuat tentang pembelajaran sosiologi SMA sehingga disini tampak terdapat penggandaan dalam menampatkan pengkategorian.
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Postingan mengenai sosiologi SMA pada kategori sosiologi bisa dijadikan satu dengan postingan yang berada di kategori sosiologi SMA. kategori antropologi yang hanya memposting satu artikel sebaiknya dijadikan satu di kategori antropologi dan sosiologi. Atau jika tidak kategori antropologi  dan sosiologi hendaknya dihapus. Karena sudah ada kategori sendiri yang hanya memuat antropologi dan hanya memuat sosiologi yang mana kategori ini memuat tentang tugas perkuliahan dan berbeda dengan kategori sosiologi SMA dan kategori antropologi SMA.
Blog No.10
1.    Nama Pemilik Blog        :Saka Mahardika Oktav. N
2.    Alamat Blog/http           :https://blog.unnes.ac.id/sakapleng/
3.    Kelebihan / keunggulan
Blog sudah cukup rapi, dan sudah memuat profil pemilik blog yang juga sudah sangat lengkap, sehingga para pengunjung bisa menguhubungi pemilik blog, selain itu juga sudah memuat tentang semua tugas mata kuliah praktek Labovatorium, dan untuk following blog yang sudah dibuat dengan model scroll membuat tampilan menjadi semakin rapi.
4.    Kekurangan/kelemahan
Tidak memuat kategori wajib yaitu Kategori sosiologi SMA dan Kategori antropologi SMA, sehingga dalam pengkategorian masih terlihat acak-acakan. Untuk postingan tentang “Teori Pertukaran Sosial (Social Exchange Theory)” dalam postingan tersebut belum mencantumkan sumber, padahal mencantumkan sumber artikel sangatlah penting. Selain itu terdapat satu postingan yang belum selesai mempostingnya yaitu pada postingan artikel berjudul “Hajatan masyarakat Aspol candi Stom (Prespektif Etika Jawa)” yang mana dalam artikel tersebut juga belum disertakan sumbernya. Dalam blog tersebut juga belum memuat tentang deskripsi blog (memuat tentang apa saja postingannya)..
5.    Saran dan Usulan tambahan / perbaikan
Akan lebih bagus jika ditambah dengan gambar yang mendukung postingan sehingga gambar tersebut juga dapat dimanfaatkan sebagai media belajar. Kategori artikel antropologi dan artikel sosiologi sebaiknya di ganti dengan kategori wajib (sosiologi SMA dan antropologi SMA), silabus sosiologi SMA bisa dijadikan satu dengan kategori yang memuat materi pembelajaran sosiologi SMA, dan lebih cermat dalam menempatkan pengkategorian. Pada postingan di kategori jurnal komunitas terakreditasi A yaitu postingan mengenai “EKSPLOITASI PADA PEREMPUAN SALES PROMOTION GIRLS” disana postingan tentang artikel tersebut terlihat tidak rapi sehingga untuk menarik minat baca pengunjung blog maka lebih bisa dirapikan kembali. Dan pada postingan tersebit bisa disertakan link download terkait artikel tersebut supaya postingan tidak terlalu panjang dan pembaca dapat dengan jelas membaca artikel terkait.