Recent Comments

Archives

Categories

Dream Catcher

Dream Catcher?

Pasti udah pernah dengar dan tau loh ya ..

Ada yang belum tau? Nih aku kasih tau ..

Dream catcher ada di salah satu adegan dalam drama Korea berjudul “ The Heirs “

heirs1

SEJARAH DREAM CATCHER

Dahulu kala diceritakan pemimpin spiritual Lakota berada di sebuah gunung yang tinggi dan memiliki sebuah penglihatan. Dalam penglihatannya, Iktomi,para penipu besar dan pencari kebijaksanaan, muncul dalam bentuk laba-laba. Iktomi berbicara kepadanya dalam bahasa yang suci. Ketika ia berbicara Iktomi mengambil lingkaran pohon willow yang memiliki bulu, bulu kuda, manik-manik dream catcher dan mempersembahkan diatasnya dan mulai memutar jaring-jaring. Dia berbicara kepada penatua mengenai siklus kehidupan, bagaimana kita memulai hidup kita sebagai bayi , bergerak melalui masa kanak-kanak dan menjadi dewasa. Akhirnya kami pergi ke usia tua di mana kita harus diurus sebagai bayi , menyelesaikan siklus .

Tapi , Iktomi sambil terus memutar jaringnya , di setiap waktu hidup ada banyak kekuatan , beberapa baik dan beberapa buruk. Jika Anda mendengarkan kekuatan yang baik , mereka akan mengarahkan Anda ke arah yang benar . Tapi , jika Anda mendengarkan pasukan buruk , mereka akan mengarahkan Anda ke arah yang salah dan dapat melukai Anda . Jadi kekuatan ini dapat membantu , atau dapat mengganggu keharmonisan alam . Sementara laba-laba berbicara , dia terus menenun jaringnya .

Ketika Iktomi selesai berbicara , ia memberi penatua jaring dan berkata , jaring adalah sebuah lingkaran sempurna dengan lubang di tengah . Gunakan jaring untuk membantu orang-orang Anda mencapai tujuan mereka , membuat baik penggunaan ide-ide mereka , mimpi dan visi . Jika Anda percaya pada semangat besar , jaring akan menyaring ide-ide yang baik dan yang buruk akan terperangkap dan tidak akan lulus .

Penatua meneruskan penglihatannya ke orang-orang dan sekarang banyak orang India memiliki dreamcatcher di atas tempat tidur mereka untuk menyaring mimpi dan visi mereka . Yang baik akan melewati lubang pusat kepada orang tidur . Kejahatan dalam mimpi mereka ditangkap dalam jaring, di mana mereka binasa dalam cahaya matahari pagi . Dikatakan dream catcher memegang nasib masa depan .

ARTI LAMBANG

Dreamcatcher-daydreaming-31452690-254-400

Penangkap mimpi tradisional memiliki delapan titik tempat jaring menempel pada lingkaran, hal ini melambangkan delapan kaki laba-laba. Laba-laba melambangkan energi penciptaan kaum wanita, kebijaksanaan, dan pembelajaran. Dalam kebudayaan orang Indian, penangkap mimpi sangat penting untuk digantungkan di atas tempat tidur bayi supaya bayi terlindung dari mimpi buruk atau “angin jahat” (energi yang buruk). Penangkap-penangkap mimpi ini, kesemuanya dibuat dari simpai dan urat jaring pohon willow, tidak dibuat untuk dipakai selamanya. Ketika si anak tumbuh dewasa, penangkap mimpi ini biasanya diganti dengan yang baru untuk siklus kehidupan si anak berikutnya.

 

Meskipun gagasan tentang mimpi merupakan gagasan yang umum dikaitkan dengan dream catcher, tampaknya tujuan pemaknaan yang sesungguhnya dari penangkap mimpi ini lebih luas lagi. Legenda suku Lakota, misalnya, meyakini bahwa selama perjalanan kehidupan banyak kekuatan yang bisa menghalangi kesadaran atas Roh Besar. Keyakinan pada Roh Besar bisa membuat penangkap mimpi tidak hanya akan menangkap mimpi-mimpi baik namun juga visi, gagasan, dan peluang yang baik yang bisa membantu seseorang mencapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, dream catcher tidak hanya berguna untuk tidur saja, namun lebih merupakan totem atau jimat yang dipercaya oleh sementara orang bisa memusatkan energi baik dan menghilangkan energi negatif.

 

Dream catcher telah diadopsi dan dipopulerkan di kebudayaan Barat sebagai sebuah benda hiasan dan alat New Age. Tren dream catcher sendiri sudah beralih fungsi sebagai fashion. Tak sedikit yang percaya akan mitos yang dibawa dari benda berbentuk lingkaran dengan jaring-jaring ditengahnya ini. Namun, beralih fungsi sebagai fashion tidak menghapuskan sisi tradisional dari dream catcher itu sendiri.

 

Sumber : 1. https://tipsindonesia.com/sejarah-dream-catcher/

  1. https://www.anehdidunia.com/2014/12/dream-catcher-gantungan-penangkal-mimpi.html

3.https://www.google.co.id/search?q=dream+catcher&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIiMal7uyOyQIVWAeOCh0MOAJ4#tbm=isch&q=dream+catcher+di+the+heirs&imgrc=BYRKWT9B8X-A4M%3A

4.https://www.google.co.id/search?q=dream+catcher&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIiMal7uyOyQIVWAeOCh0MOAJ4#tbm=isch&q=dream+catcher+di+the+heirs&imgrc=BYRKWT9B8X-A4M%3

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “  

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: