Recent Comments

Archives

Categories

Green Transport (Transportasi Hijau)

Semakin banyak akan meningkatkan konsumsi bahan bakar minyak serta memberikan kontribusi terhadap pencemaran udara di Indonesia. Sampai saat ini jumlah kendaraan bermotor di seluruh Indonesia telah mencapai lebih dari 20 juta dengan persentase sebesar 60% berasal dari sepeda motor sedangkan pertumbuhan populasi untuk mobil sekitar 3-4% dan sepeda motor lebih dari 4% per tahun. Untuk mengantisipasi dampak buruk yang ditimbulkan dari pertumbuhan jumlah kendaraan di perkotaan, maka perlu dikembangkan suatu konsep transportasi berkelanjutan. Transportasi berkelanjutan adalah sebuah konsep yang dikembangkan sebagai suatu antithesis terhadap kegagalan kebijakan, praktek dan kinerja sistem transportasi yang dikembangkan selama kurang lebih 50 tahun terakhir.

Transportasi itu bisa dikatakan transportasi hijau.

Lalu, apa itu transportasi hijau?

tr2

Transportasi hijau adalah transportasi atau kendaraan yang dibuat untuk dikendarai namun tetap ramah lingkungan. Artinya transportasi ini dibuat tidak menimbulkan polusi atau pencemaran. Transportasi hijau juga bisa disebut kendaraan ramah lingkungan.

Ramah lingkungan yang dimaksud ini tidak hanya kendaraan tidak berpolusi, tetapi juga hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Bahan bakar hijau yang bisa digunakan dalam transportasi meliputi:

  1. Listrik, merupakan bahan bakar yang yang mengeluarkan emisi gas rumah kaca yang minim, apalagi bila menggunakan sumber dari tenaga air, angin, sel surya ataupun nuklir. Listrik ideal digunakan untuk transportasi yang melalui jalur tetap seperti Bus Listrik, Kereta rel listrik (KRL), tetapi selain itu saat ini sudah diperkenalkan mobil/motor yang digerakkan dengan listrik yang disimpan dalam batere.
  2. Bahan bakar nabati, merupakan bahan bakar yang diolah dari bahan-bahan nabati, dapat diperoleh dari Minyak Nabati, ataupun alkohol, ataupun dalam bentuk padat. Minyak nabati seperti minyak jarak, minyak kelapa sawit digunakan untuk campuran minyak diesel yang diberi nama BioDiesel, sedang alkohol yang berasal dari hidrat arang dari tetes tebu ataupun lainnya dicampurkan ke bahan bakar premium/pertamax yang diberi nama BioPertamax di Indonesia.
  3. Sel bahan bakar, merupakan konsep baru yang dikembangkan dimana prosesnya adalah penggunaan gas H2 yang direaksikan dengan O2 yang menghasilkan air dan listrik, listrik yang dihasilkan digunakan untuk menggerakkan kendaraan. Selain gas H2 juga bisa digunakan gas methan. Permasalahan yang ditemukan pada kendaraan yang berbahan bakar H2 adalah belum adanya jaringan stasiun pengisian bahan bakar gas hidrogen.
  4. Bahan bakar gas, dapat berupa LPG (liquefied Petroleum Gas) ataupun CNG (Compressed Natural Gas) yang saat ini sudah digunakan untuk angkutan bus TransJakarta di Jakarta, sumber gasnya terdapat dibeberapa daerah di Indonesia yang ditransportasi melalui pipa dan tangki bertekanan.

Kendaraan yang ramah lingkungan seperti mobil listrik, kendaraan hibrida yang merupakan gabungan antara mesin mobil konvensional yang menggerakkan generator yang mengisi baterai dan kendaraannya sendiri dijalankan dengan motor listrik. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah harga kendaraan yang relatif mahal, sehingga di banyak negara diberikan berbagai insentip bila menggunakannya diantaranya penurunan bea masuk, pajak kendaraan bermotor yang lebih rendah, pembebasan pembayaran retribusi pengendalian lalu lintas (London).

Toyota merupakan salah satu produsen mobil yang giat menciptakan kendaraan yang hemat bahan bakar, salah satu diantaranya adalah Toyota Prius yang kemudian diikuti dengan produsen lainnya di Jepang maupun negara-negara Eropa dan Amerika.

Apa tujuan adanya Transportasi Hijau?

  1. Agar dapat mengurangi polusi atau pencemaran
  2. Agar dapat menghemat bahan bakar dalam penggunaan

 

Sumber :

  1. https://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/view/1175
  2. https://id.wikibooks.org/wiki/Manajemen_Lalu_Lintas/Transportasi_hijau
  3. https://www.google.co.id/search?q=bentuk+transportasi+hijau&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiNlI-5_qzJAhXTI44KHRf_AbkQ_AUIBigB&dpr=1#imgrc=pxz4Fghx8POmiM%3A

 

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “  

 

 

Tari Topeng Endel, Tegal punya

topeng endel

Indonesia yang kaya akan provinsi dan terbagi dalam ribuan daerah memiliki banyak ragam budaya tari. Tegal menjadi salah satu contoh yang akan diulas untuk saat ini. Tegal punya salah satu tarian khas, Tari Topeng Endel. Tari topeng endel ini punya banyak ragam bentuk, paling tidak ada 6 raga gaya Tegal yakni :
1. Topeng Endel
2. Topeng Kresna
3. Topeng Panji
4. Topeng Patihan
5. Topeng Lanyapan dan alus
6. Topeng Kelana.
 Topeng Endel Adalah bentuk topeng wanita dengan kostum endel yang mirip penari Gambyong. Tariannya diiringi gending lancaran ombak banyu laras slendro manyuro.
 Topeng Kresna bermuka merah jambu dan berambut. Gending pengiringnya adalah lancaran lelenderan naik lancaran praliman.
 Topeng Panji bermuka menunduk (luruh). Mukanya berwarna putih, berambut mirip tokoh Arjuna. Gending pengiringnya adalah lancaran gunung sari laras slendro patet nem.
 Topeng Patihan memiliki mata khas yang terbuka lebar sebagai wakil dari tokoh Setiati dan Patihan Jawa, berwarna merah tua. Lancaran blendrang laras slendro patet manyuro merupakan gending yang biasa mengiringi topeng patihan.
 Topeng Lanyapan dan Alus memiliki bentuk wajah yang menunduk (temungkul) dan berkumis. Warna wajah topeng lanyapan alus ini sendiri berwarna kuning gading dan mirip dengan tokoh Bambangan dalam warna kulit purwa. Gending pengiring tari topeng ini adalah lancaran lagon semarangan laras slendro patet nem.
 Topeng kelana memiliki mata yang terbuka lebar, hidung menengadah ke atas dan panjang. Mulut dan gigi topeng kelana terbuka, bertaring pendek dengan warna wajah merah tua, mirip dengan toko Dasamuka. Sebagai pengiringnya adalah lancaran gonjing truntung laras slendro patet manyuro.
Selain enam topeng diatas, terdapat pula bentuk topeng tambahan yakni Punakawan dan topeng Kelana Yaksa serta beberapa tokoh lain yang biasanya disesuikan dengan kebutuhan cerita tari.
Dari informasi yang dikutip dan dirilis Dewan Kesenian Tegal (DKT), wayang topeng Tegal berada di puncak kejayaan pada tahun 1960-an. Sayangnya, kejayaan wayang topeng Tegal mulai tergusur oleh budaya modern pada tahun 1980-an. Tari topeng Tegalan bisa dipentaskan siang maupun malam hari sesuai permintaan. Pentas topeng biasanya sekitar 3-4 jam dengan diiringi 10 panjak atau pangrawit, seorang sinden, dan seorang dalang.
Tegal khususnya Kabupaten Tegal, memiliki maestro Tari Topel Endel. Yaitu Ibu Suwitri, seorang ibu yang lahir dari tahun 1948. Beliau senantiasa menjaga dan merawat Tari Topeng Endel dari semasa beliau muda hingga sekarang. Dan pada tahun 2010 beliau dianugrahi Maestro Tokoh Penari Khas Kabupaten Tegal dari Bupati Tegal.
Jadi tau kan mengenai tari topeng Endel?Yuk mari LESTARIKAN BUDAYA DAERAH KITA. Kalau BUKAN KITA, SIAPA lagi?

Sumber :
1. https://wisatategal.com/budaya-1401127-tari_topeng_endel.html#.VkqD2CwSHIU
2. https://www.google.co.id/search?q=tari+topeng+endel&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIrp7SjqiWyQIVi1WOCh2J7Q41#imgrc=MOrj1e0g5cHa3M%3A
3. https://www.google.co.id/search?q=tari+topeng+endel&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIrp7SjqiWyQIVi1WOCh2J7Q41#imgrc=iOj1cnA3eUl15M%3A

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Kisah dan Cerita Menarik di Harvard University

 

harvard 1

Universitas yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini berdiri sejak tahun 1636. Selain karena kekutan akademisnya, universitas ini adalah universitas yang tertua di Amerika Serikat. Tak heran bila proses seleksi untuk bisa menjadi mahasiswa di Universitas Harvard sangat ketat sekali.

Tapi gausah tegang ya bacanya, bakal aku kasih tau nih kisah dan cerita menarik di balik Harvard University, biar kalian makin tertarik J

  1. Penamaan Universitas Harvard digunakan untuk menghormati penyumbang terbesar pada universitas ini, yaitu John Harvard, yang ternyata adalah alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.
  1. Sejak pertama kali berdiri, Universitas Harvard tidak diikuti dengan kata ‘university’, melainkan ‘college’. Baru pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.
  1. Universitas Harvard memilki 9 fakultas ternama, antara lain Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Bussiness School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government.
  1. Kesembilan fakultas yang dimiliki Universitas Harvard didirikan pada abad ke–19 legendaris
  1. Universitas Harvard memilki kantin yang sangat megah. Luas kantin sangat besar, dan dilengkapi dengan desain modern klasik. kantin
    1. Banyak orang Amerika yang penasaran untuk mengunjungi megahnya kantin Universitas Harvard. Megahnya sebuah kantin universitas serta desainnya yang unik dan classy  membuat tempat ini begitu terkenal dan fenomenal.
    1. Universitas Harvard memiliki museum seni yang dikhususkan untuk menyimpan benda – benda kesenian kuno atau bersejarah. Harvard Art Museum terletak di Boston.
    1. Universitas Harvard juga menjadi salah satu lokasi yang sering dikunjungi para wisatawan dari luas Amerika.
    1. Di Universitas Harvard terdapat patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkembangan Universitas Harvard, yaitu John Harvard.
    1. Patung John Harvard seringkali dijadikan lokasi berfoto bagi para wisatawan.John_Harvard_Statue
      1. Dulu, John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Hingga akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard.
      1. Meski patung Harvard terpampang gagah di sudut Universitas Harvard, namun sesungguhnya tidak ada yang tahu persis bagaimana wajah Harvard yang sesungguhnya. Ketika melakukan studi dokumen, seluruh koleksi foto John Harvard ternyata telah hangus terbakar ketika terjadi insiden terbakarnya perpustakaan kampus Harvard ini.
      1. Untuk mengukuhkan sejarah dengan membuat patung John Harvard, akhirnya sang desainer patung, Daniel Chester French, menggaet mahasiswa yang dianggap paling tampan di Harvard sebagai modelnya.
      1. Pada patung John Harvard, tertulis nama Sherman Hoar, yang dipastikan adalah nama mahasiswa yang menjadi model dalam membuat patung John Harvard. Sherman Hoar adalah mahasiswa Universitas Harvard angkatan 1882.
      1. Patung John Harvard yang dibuat tinggi dan besar, menjadikan siapapun yang berfoto disana hanya dapat menyentuh sepatu patung. Namun, adanya fenomena ini ternyata menjadi mitos tersendiri bagi Universitas Harvard. Kepercayaannya, siapa yang bisa memegang sepatu tersebut akan mendapatkan keberuntungan atau anaknya bisa bersekolah di Universitas Harvard. Tertarik mencoba?
      1. Namanya juga universitas tua. Bangunan tua, gedung tua dan meninggalkan banyak legenda. Diceritakan, ada sebuah gerbang di area Universitas Harvard yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang berkuliah disana. Waktu dua kali tersebut antara lain saat pertama kali kuliah di Universitas Harvard dan saat lulus dari sana. Gerbang yang dimaksud tersebut antara lain gerbang tengah di Universitas Harvard. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka kepercayaannya akan drop out. Percaya tidak percaya, semuanya tergantung anda. gerbang tengah
        1. Universitas Harvard memiliki 26 gerbang besar dan sedang.
        1. Perpustakaan Universitas Harvard adalah perpustakaan terbesar nomor dua di dunia setelah perpustakaan Kongres Amerika Serikat. perpustakaan
        1. Perpustakaan Universitas Harvard memilki Sembilan lantai dengan empat diantaranya adalah lantai basement. Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul dan jumlah foto ada 8 juta buah. Super lengkap!
        1. Saking luasnya, cukup banyak mahasiswa universitas Harvard yang tidak menghafal lorong dan jalan di dalam ruang perpustakaan Universitas Harvard.
        1. Universitas Harvard menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia! Menyeramkan atau menakjubkan?
        1. Buku bersampul kulit manusiaa itu berjudul Des destinees de l’ame, yang banyak membahas tentang kejiwaan. Buku ini merupakan terbitan tahun 1880-an.
        1. Adanya deteksi kulit manusia pada sampul salah satu buku tersebut, telah dibenarkan oleh ilmuwan kesehatan Harvard, yang menemukan peptide dan protein yang terdapat pada kulit manusia di sampul buku tersebut. Wow!
        1. Dipastikan adanya kulit manusia yang dibuat sampul buku tersebut, adalah salah satu langkah untuk mengenang kematian seseroang pada jaman dahulu.
        1. Selain terdapat buku yang memiliki sampul yang terbuat dari kulit manusia, ada juga dua buku lain yang sampulnya berbahan dasar kulit domba, lho! Semua ini tentu hanya bisa didapatkan di perpustakaan Universitas Harvard.
        1. Dilansir dari dailymail.co.uk pada Minggu, 11 Mei 2014, salah satu klub studi kebudayaan Universitas Harvard merencakan untuk melakukan ritual pemujaan setan sebagai bagian studi sejarah dan budaya. Rencana acara yang akan dilakukan di Harvard Memorial Hall ini menimbulkan banyak kontroversi karena kurang baik jika dipandang dalam kultur kepercayaan.
        1. Tidak hanya mengedepankan unsure sarana dan prasaranaa yang luar biasa megah, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif, yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.
        1. Jurnal – jurnal yang diterbitkan Universitas Harvard, banyak yang dijadikan acuan oleh berbagai orang di belahan dunia untuk mencapai hasil yang luar biasa di bidangnya.
        1. Cukup banyak warga Indonesia yang menuntut pendidikan di Universitas Harvard. Salah satunya Agus Yudhoyono, putra presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masih banyak lagi orang – orang sukses yang merupakan alumni Universitas Harvard. Andakah salah satunya?
        1. Bagi anda pecinta bola, tentu mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah anda, bahwa ternyata meski usianya sudah senja, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Harvard University dengan fokus pada manajemen pengelolaan sebuah tim, yang dalam hal ini ialah tim Manchester United.

         

        Sumber :

        1.https://www.berkuliah.com/2014/07/30-fakta-menarik-tentang-harvard.html

        2. https://zaypinokio.blogspot.co.id/2015/09/menariknya-universitas-harvard.html“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Dream Catcher

Dream Catcher?

Pasti udah pernah dengar dan tau loh ya ..

Ada yang belum tau? Nih aku kasih tau ..

Dream catcher ada di salah satu adegan dalam drama Korea berjudul “ The Heirs “

heirs1

SEJARAH DREAM CATCHER

Dahulu kala diceritakan pemimpin spiritual Lakota berada di sebuah gunung yang tinggi dan memiliki sebuah penglihatan. Dalam penglihatannya, Iktomi,para penipu besar dan pencari kebijaksanaan, muncul dalam bentuk laba-laba. Iktomi berbicara kepadanya dalam bahasa yang suci. Ketika ia berbicara Iktomi mengambil lingkaran pohon willow yang memiliki bulu, bulu kuda, manik-manik dream catcher dan mempersembahkan diatasnya dan mulai memutar jaring-jaring. Dia berbicara kepada penatua mengenai siklus kehidupan, bagaimana kita memulai hidup kita sebagai bayi , bergerak melalui masa kanak-kanak dan menjadi dewasa. Akhirnya kami pergi ke usia tua di mana kita harus diurus sebagai bayi , menyelesaikan siklus .

Tapi , Iktomi sambil terus memutar jaringnya , di setiap waktu hidup ada banyak kekuatan , beberapa baik dan beberapa buruk. Jika Anda mendengarkan kekuatan yang baik , mereka akan mengarahkan Anda ke arah yang benar . Tapi , jika Anda mendengarkan pasukan buruk , mereka akan mengarahkan Anda ke arah yang salah dan dapat melukai Anda . Jadi kekuatan ini dapat membantu , atau dapat mengganggu keharmonisan alam . Sementara laba-laba berbicara , dia terus menenun jaringnya .

Ketika Iktomi selesai berbicara , ia memberi penatua jaring dan berkata , jaring adalah sebuah lingkaran sempurna dengan lubang di tengah . Gunakan jaring untuk membantu orang-orang Anda mencapai tujuan mereka , membuat baik penggunaan ide-ide mereka , mimpi dan visi . Jika Anda percaya pada semangat besar , jaring akan menyaring ide-ide yang baik dan yang buruk akan terperangkap dan tidak akan lulus .

Penatua meneruskan penglihatannya ke orang-orang dan sekarang banyak orang India memiliki dreamcatcher di atas tempat tidur mereka untuk menyaring mimpi dan visi mereka . Yang baik akan melewati lubang pusat kepada orang tidur . Kejahatan dalam mimpi mereka ditangkap dalam jaring, di mana mereka binasa dalam cahaya matahari pagi . Dikatakan dream catcher memegang nasib masa depan .

ARTI LAMBANG

Dreamcatcher-daydreaming-31452690-254-400

Penangkap mimpi tradisional memiliki delapan titik tempat jaring menempel pada lingkaran, hal ini melambangkan delapan kaki laba-laba. Laba-laba melambangkan energi penciptaan kaum wanita, kebijaksanaan, dan pembelajaran. Dalam kebudayaan orang Indian, penangkap mimpi sangat penting untuk digantungkan di atas tempat tidur bayi supaya bayi terlindung dari mimpi buruk atau “angin jahat” (energi yang buruk). Penangkap-penangkap mimpi ini, kesemuanya dibuat dari simpai dan urat jaring pohon willow, tidak dibuat untuk dipakai selamanya. Ketika si anak tumbuh dewasa, penangkap mimpi ini biasanya diganti dengan yang baru untuk siklus kehidupan si anak berikutnya.

 

Meskipun gagasan tentang mimpi merupakan gagasan yang umum dikaitkan dengan dream catcher, tampaknya tujuan pemaknaan yang sesungguhnya dari penangkap mimpi ini lebih luas lagi. Legenda suku Lakota, misalnya, meyakini bahwa selama perjalanan kehidupan banyak kekuatan yang bisa menghalangi kesadaran atas Roh Besar. Keyakinan pada Roh Besar bisa membuat penangkap mimpi tidak hanya akan menangkap mimpi-mimpi baik namun juga visi, gagasan, dan peluang yang baik yang bisa membantu seseorang mencapai tujuan dan cita-citanya. Oleh karena itu, dream catcher tidak hanya berguna untuk tidur saja, namun lebih merupakan totem atau jimat yang dipercaya oleh sementara orang bisa memusatkan energi baik dan menghilangkan energi negatif.

 

Dream catcher telah diadopsi dan dipopulerkan di kebudayaan Barat sebagai sebuah benda hiasan dan alat New Age. Tren dream catcher sendiri sudah beralih fungsi sebagai fashion. Tak sedikit yang percaya akan mitos yang dibawa dari benda berbentuk lingkaran dengan jaring-jaring ditengahnya ini. Namun, beralih fungsi sebagai fashion tidak menghapuskan sisi tradisional dari dream catcher itu sendiri.

 

Sumber : 1. https://tipsindonesia.com/sejarah-dream-catcher/

  1. https://www.anehdidunia.com/2014/12/dream-catcher-gantungan-penangkal-mimpi.html

3.https://www.google.co.id/search?q=dream+catcher&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIiMal7uyOyQIVWAeOCh0MOAJ4#tbm=isch&q=dream+catcher+di+the+heirs&imgrc=BYRKWT9B8X-A4M%3A

4.https://www.google.co.id/search?q=dream+catcher&biw=1366&bih=590&source=lnms&tbm=isch&sa=X&sqi=2&ved=0CAYQ_AUoAWoVChMIiMal7uyOyQIVWAeOCh0MOAJ4#tbm=isch&q=dream+catcher+di+the+heirs&imgrc=BYRKWT9B8X-A4M%3

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “  

Mahasiswa di Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa.

Menjadi kata yang menarik, khususnya bagi pemuda-pemudi. Mereka yang telah dinyatakan lulus dari SMA/SMK/MA menginginkan untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi khususnya Negeri. Dengan berbagai jalur seperti SNMPTN, SBMPTN, UM mereka lewati demi mewujudkan keinginan mereka.

Universitas Negeri Semarang menjadi salah satu Perguruan Tinggi favorit yang dipilih oleh pemuda-pemudi untuk mewujudkan keinginan mereka yaitu studi lanjut.

OSMB(Orientasi Studi Mahasiswa Baru), PPA(Progam Pengenalan Akademik), OKPT(Orientasi Kepramukaan Perguruan Tinggi) adalah sedikit cuplikan kegiatan untuk Mahasiswa Baru yang WAJIB diikuti. Dengan kegiatan tersebut, diharapkan mereka bisa menemukan teman, sahabat baru atau bahkan sahabat lama yang telah terpisah karena jauhnya jangkauan daerah masing-masing.

Hari demi hari, mahasiswa baru mulai beradaptasi dengan sekolah baru mereka yaitu kampus tercinta Universitas Negeri Semarang. Mereka telah disibukkan dengan tugas seperti makalah, presentasi, mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa, mengikuti kegiatan Lembaga Kemahasiswaan per Fakultas.

Dengan beradaptasinya mereka, sekarang kampus tidak hanya menjadi tempat untuk menuntut ilmu, tetapi juga tempat mereka mengerjakan tugas, shalat sampai tak kenal waktu untuk kembali ke kos masing-masing.

Suasana fakultas yang dipenuhi dengan banyaknya pepohonan membuat nyaman bagi para mahasiswa, fasilitas seperti gazebo yang dilengkapi dengan charger, jajanan, wi-fi juga menjadi daya tarik tersendiri bagi mahasiswa untuk berlama-lama saat di kampus.

Tidak ada jam kuliah terkadang mereka tetap datang ke kampus untuk mengerjakan tugas dengan memanfaatkan fasilitas yang telah kampus sediakan.

Unnes Fair menjadi salah satu kegiatan UNNES untuk memperkenalkan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada, seperti : Marching Band. GERHANA, ReMo(Rebana Modern), bidang Keolahragaan, bidang Koperasi dan masih banyak lagi. Banyak sekali mahasiswa yang datang, tidak hanya untuk mahasiswa baru tetapi juga untuk mahasiswa angkatan sebelumnya.

Stand dari masing-masing UKM penuh dengan mahasiswa yang bertanya mengenai kegiatan yang ada, atau bahkan sekedar berfoto yang kemudian di upload ke sosmed. Itu sudah menjadi hal yang tidak asing bagi mahasiswa umumnya.

Tak hanya ada stand UKM, banyak juga stand jajanan yang digemari mahasiswa, dengan berbagai varian harga. Mereka yang lelah berkeliling stand, mampir ke stand makanan dan minuman sekedar menghilangkan lapar dan dahaga.

Antusisme mahasiswa tidak hanya dalam acara Unnes Fair saja, di setiap seminar yang diadakan tiap fakultas juga selalu mendapat antusiasme yang tinggi dari mahasiswa, seperi seminar mengenai desain grafis, correl draw bahkan mengenai keadaan ekonomi saat ini.

Ini menjadi bukti bahwa mahasiswa Unnes tidak hanya mampu menuntut ilmu, mengerjakan tugas tetapi juga mampu berpatisipasi aktif di setiap acara yang diadakan. Mereka berusaha aktif di setiap acara yang mereka ikuti, sehingga mereka mampu berkembang dengan kemampuan mahasiswa itu sendiri.

 

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Ilmu Tentang Wajah

Physiognomi atau ilmu tentang wajah

conan

 

Karya Johann Casper Lavater (1741-1801) seorang pendeta di Zurich adalah “Physiognomische Fragmente zur Beforderung der Menchenkenntniss” menerangkan :

  1. Keadaan dahi dan kening petunjuk untuk mengerti kecerdasan seseorang.
  2. Hidung dan pipi adalah bagian yang dapat memberikan tanda mengenai halus atau kasarnya perasaan seseorang.
  3. Mulut dan dagu dapat memberikan petunjuk tentang nafsu makan, nafsu minum dan sebagainya.
  4. Mata adalah bagian yang mencerminkan seluruh kehidupan jiwa dan sebagainya.

Sumber : Psikologi Kepribadian/ Sumadi Suryabrata.-Ed.1,-16.-Jakarta;PT RajaGrafindo Persada, 2008.xviii, 362 hlm., 21 cm.

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

DAPAT ILMU DI KAMPUS HIJAU NAN ASRI #2

Kampus hijau, menjadi salah satu hal yang sekarang didambakan oleh setiap orang. Mereka yang hendak menuntut ilmu, menghendaki tempat yang akan mereka tempati mampu membuat nyaman dirinya. Setiap universitas bahkan juga berlomba-lomba agar kampus mereka dapat dinobatkan sebagai kampus paling hijau. Harapan dari kampus tersendiri adalah ingin agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

Ilmu adalah sesuatu yang diberikan dan dianugerahkan Allah kepada setiap hamba-Nya. Manusia diberi akal dan pikiran untuk berfikir, karena mereka nantinya akan mendapat ilmu dari siapapun dan dimanapun. Salah satunya adalah kampus. Kampus menjadi tempat bagi mahasiswa berbagai penjuru daerah untuk mendapatkan ilmu. Kenyamanan menjadi salah satu kriteria mereka dalam memilih kampus. Kampus hijau, pepohonan berdaun hijau ada dimana-mana, menjadi suatu dambaan bagi mahasiswa. Konservasi menjadi salah satu cara yang digunakan setiap kampus untuk dapat mewujudkan itu semua. Di dalam konservasi, terdapat nilai-nilai yang menjadi pilar dalam melaksanakan progam kampus konservasi.

Salah satu cara kampus untuk mewujudkan kampus konservasi juga dengan dimunculkannya mata kuliah pendidikan konservasi. Hal ini ditujukan untuk mahasiswa, terutama mahasiswa baru agar mereka mengetahui seperti apakah kampus konservasi itu. Jika mereka hanya datang dari berbagai penjuru daerah tetapi tidak mengetahui apakah kampus yang mereka tempati sudah melaksanakan nilai konservasi apa belum akan menjadi hal yang hambar, bagai nasi tak memiliki rasa asin,manis,pahit atau bahkan asam. Karena, ilmu mengenai konservasi akan sangat berguna sekali bagi diri kita sendiri. Kita dapat melaksanakan nilai konservasi tidak hanya di kampus saja tetapi juga dapat kita terapkan di kost atau bahkan di daerah kita masing-masing. Ini akan menjadi sebuah perubahan, yaitu :

  • Pada diri kita sendiri yaitu kita bisa mengetahui seperti apakah konservasi itu dan bagian-bagiannya, kita juga menjadi orang yang memiliki 8 karakter konservasi yaitu:
  1. Inspiratif
  2. Humanis
  3. Peduli
  4. Inovatif
  5. Kreatif
  6. Sportif
  7. Jujur
  8. Adil
  • Perubahan bagi kampus karena kampus akan menjadi kampus berkualitas yang kaya akan nilai konservasi dan menjadi sebuah keunikan daripada kampus lain yang menjadi sebuah kenyamanan bagi warga kampus.
  • Perubahan pada daerah asal kita, karena apabila setelah kita mendapat ilmu mengenai konservasi, kemudian mampu memanfaatkan dengan mentransfer ilmu kita ke dalam masyarakat, maka menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita, karena kita mampu membagi ilmu yang kita dapat di kampus untuk masyarakat, demi membawa sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kita dapat memiliki ilmu dimanapun, tetapi tempat nyaman, asri, rindang menjadi suatu kebanggan dan kenyamanan tersendiri. Untuk itu diharapkan media tempat menuntut ilmu, salah satunya kampus mampu menerapkan nilai konservasi, tidak hanya sebagai mata kuliah bagi para mahasiswanya.

 

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

GENGGAM ILMU, PERTAHANKAN NILAI KONSERVASI #1

Salah satu kegiatan mahasiswa pada umumnya adalah belajar. Dimana mereka diberikan amanat oleh Allah SWT berupa kesempatan belajar di Universitas ditengah-tengah persaingan ribuan orang yang menghendakinya. Tidak hanya belajar saja, tetapi juga mampu dalam mengembangkan dan memanfaatkan ilmu yang mereka dapatkan. Sebagai mahasiswa yang memiliki arti “orang yang besar” itu artinya kita tidak hanya sudah dewasa, sudah harus meninggalkan kebiasaan saat SD, SMP bahkan SMA/SMK/MA, dan pastinya harus memiliki wawasan yang luas. Wawasan yang luas, bisa didapatkan dimana saja, seperti di kelas perkuliahan, dalam organisasi, juga tak lupa perpustakaan.

Perpustakaan bisa juga diartikan sebagai tempat gudang ilmu, rumah ilmu, tempat penambah wawasan, dan masih banyak lagi sebutan perpustakaan dalam hal untuk mendapatkan ilmu. Ketika kita memutuskan untuk melangkahkan kaki ke perpustakaan, kita sudah memiliki niat yang baik yaitu ingin mendapatkan wawasan luas yang bermanfaat bagi kita. Perpustakaan yang menyediakan ribuan buku dari tiap-tiap bidang dengan judul yang menarik untuk dibaca. Ribuan buku itulah yang menjadi sumber kita dalam menambah wawasan dalam diri kita sebagai mahasiswa.

Tidak hanya buku saja yang menjadi sebuah keutamaan di dalam sebuah perpustakaan, tetapi juga sebuah kenyamanan yang mampu membuat nyaman mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan. Misalnya dalam bidang teknologi, ruang perpustakaan yang ber-AC menjadi salah satu kenyamanan yang dibutukan oleh pengunjung untuk melakukan kegiatan di perpustakaan. Dan yang tak kalah lagi, di zaman yang canggih akan teknologi ini, perpustakaan telah menggunakan sistem online dalam pencatatan peminjaman maupun pengembalian. Zaman dahulu yang masih dengan menggunakan buku untuk pencatatan, kini sudah menjadi sistem online. Sistem yang otomatis mampu mendeteksi beberapa kegiatan perpustakaan, salah satunya mendeteksi keterlambatan dari peminjam dalam mengembalikan buku, juga untuk arsip bagi pihak perpustakaan. Tujuan sistem online ini, agar perpustakaan tetap mempertahankan nilai konservasi yang telah ada yaitu pilar kebijakan nirkertas. Kita sudah melakukan penghematan dalam penggunaan kertas.

Bidang lingkungan juga menjadi tolak ukur dalam penilaian perpustakaan yang tetap mempertahankan nilai konservasi. Ketika seorang pembaca telah merasa bosan membaca di dalam ruangan perpustakaan, area sekitar perpustakaan menjadi pilihan alternatif bagi pembaca untuk melanjutkan aktivitasnya. Gambaran untuk perpustakaan yang diharapkan dari setiap pembaca/pengunjung perpustakaan pada umumnya misalnya sekitar area perpustakaan harus diidentikkan dengan suasana pepohonan hijau nan rindang, apalagi ketika daerah perpustakaan merupakan daerah dengan cuaca panas, hal ini menjadi sebuah kenyaman juga bagi mahasiswa yang hendak mengunjungi perpustakaan. Tak lupa dilengkapi juga dengan tempat duduk dan meja yang melingkar di bawah pohon, yang memungkinkan pembaca untuk berdiskusi dengan orang lain, atau bentuklah menjadi sebuah gazebo yang memungkinkan berdiskusi dengan banyak orang. Berdiskusi dengan orang banyak menjadi sebuah keuntungan tersendiri, karena kita juga mendapat wawasan dari orang lain yang mungkin memiliki wawasan yang luas. Ini juga sebagai perwujudan dalam salah satu nilai konservasi yaitu pilar etika budaya. Budaya yang dimaksud salah satunya seperti budaya berdiskusi. Sebagai pembaca yang juga merupakan mahasiswa, diharuskan untuk meningkatkan budaya berdiskusi, karena manfaat dari berdiskusi sangat banyak sekali, menambah teman dalam berdiskusi, melatih kita untuk aktif berbicara, kita juga menjadi tahu cara berpikir dari peserta diskusi, juga tak lupa kita menambah wawasan luas dari pendapat peserta diskusi yang memiliki pemikiran yang berbeda dengan kita, kita juga bisa menilai seberapa jauh wawasan kita mengenai tema yang sedang didiskusikan.

Suasana bebas dari kebisingan alat transportasi juga menjadi hal yang diperlukan dalam melakukan kegiatan membaca, karena ketika membaca kita membutuhkan daya konsentrasi yang tinggi, agar otak mampu bekerja, sehingga kita memahami dan mengambil intisari dari apa yang kita baca. Untuk itu, hendaknya area perpustakaan diharuskan menjadi kawasan ramah liingkungan, yaitu kawasan bebas kendaraan berpolusi dan budayakan berjalan kaki.

Beberapa pemaparan tadi menjadi sebuah keinginan dan harapan agar dapat mewujudkan perpustakaan sebagai rumah ilmu yang tetap menerapkan nilai konservasi. Perpustakaan berbasis konservasi ini, diharapkan tidak hanya didirikan di Universitas yang memiliki sebutan Universitas Konservasi saja tetapi juga untuk semua perpustakaan yang ada di seluruh dunia. Ini menjadi hal yang bermanfaat sekali jika dapat diterapkan di semua perpustakaan. Tidak hanya belajar menerapkan nilai konservasi ,mendapat kenyamanan, juga hal utamanya yaitu kita mendapat ilmu.

 

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Shalat Dhuha?Ayo !!!

Kalian tau tidak apa sih keutamaan dari melakukan shalat dhuha?

shalat

  1. Olahraga Tanpa di Sadari
  1. Melancarkan peredaran darah
  1. Menormalkan Produksi Hormon

Manfaat sholat dhuha untuk rohani

  1. Membuat jiwa lebih tenang
  1. Menghilangkan Stress

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kecantikan

  1. Kebersihan Muka
  1. Wajah Berseri

Manfaat Sholat Dhuha Untuk Kesuksesan

  1. Membuka Pintau Rezeki

Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : https://manfaat.co.id/8-manfaat-sholat-dhuha-dan-tata-cara-melakukannya

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”