Cara Memperluas Wawasan dan Pengetahuan

Wawasan yang luas sangatlah penting bagi manusia sebagai makhluk sosial, baik untuk berkomunikasi ataupun dalam menguatkan suatu argument dalam berpendapat. Selain itu wawasan yang luas juga sangat dibutuhkan dalam public speaking. Namun banyak orang yang belum memiliki wawasan yang luas, dan sangatlah penting untuk kita mengetahui bagaimana caranya mengasah wawasan dan pengetahuan. Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan kita :

  1. Rajin membaca

Membaca sangatlah penting dalam memperluas wawasan. Dengan rajin membaca banyak pengetahuan yang bisa didapat selain itu membaca juga bisa meningkatkan pemahaman seseorang. Membaca tidak harus dengan buku non fiksi, membaca buku fiksi juga sangat berguna. Buku merupakan jendela dunia, dengan membaca buku kita bisa menjadi tahu informasi tentang dunia luar yang belum kita ketahui sebelumnya. Selain membaca buku membaca Koran atau surat kabar juga sangat dianjurkan. Dengan membaca Koran kita bisa mengetahui berita-berita terbaru yang aktual baik di dalam negeri maupun luar negeri.

  1. Sering berdiskusi

Diskusi merupakan kegiatan bertukar pendapat mengenai sebuah persoalan atau permasalahan. Dengan berdiskusi biasanya terdapat perbedaan pendapat-pendapat mengenai suatu hal. Dalam berpendapat biasanya dilandaskan pengetahuan yang faktual. Dengan berdiskusi kita bisa mendapat pengetahuan baru dari pendapat orang lain yang berbeda tersebut. Dengan sering berdiskusi kita bisa mendapat wawasan baru, selain itu dengan berdiskusi kita bisa meningkatkan analisis dan daya berfikir kita dalam mengungkapkan suatu pendapat atau argument.

  1. Berorganisasi

Menurut James D. Mooney, organisaiasi merupakan suatu bentuk pada tiap-tiap perserikatan manusia untuk dapat mencapai tujuan tertentu. Sedangkan menurut menurut Max Weber,  organisasi merupakan suatu kerangka hubungan yang terstruktur yang didalamnya itu terdapat wewenang, serta tanggung jawab dan juga pembagian kerja menjalankan sesuatu fungsi tertentu.

Salah satu manfaat organisasi ialah menambah wawasan dan pengetahuan, dengan berorganisasi kita banyak menjalin kerja sama dan interaksi sosial dengan anggota organisasi yang lain. Dengan hubungan sosial tersebut banyak hal yang dapat diperoleh dari orang lain yang belum kita ketahui sebelumnya.

  1. Manfaatkan media elektronik dan internet dengan baik dan benar

Media elektronik seperti TV sangat berguna dalam menambah wawasan kita,banyak hal yang dapat kita tonton dalm siaran televise, tonton lah sebuah berita atau lainnya yang bermanfaat.Selain TV internet juga memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh, kita bisa mencari materi pelajaran dan informasi apapun dengan mudah dan cepat. TV dan internet memiliki manfaat dalam menambah pengetahuan dan wawasan kita, asalkan kita bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

 

Nah itulah beberapa cara yang dapat kita dilakukan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita, teruslah berlatih dan melakukannya dengan sungguh-sungguh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: