Setiap pergantian semester, staf bagian akademik harus membuat jadwal, pembuatan jadwal dapat dilakukan secara manual, namun hal ini akan memakan banyak waktu dan cukup rumit. Selain itu ada beberapa komponen yang perlu diperhatikan oleh staf akademik ketika membuat jadwal, antara lain sebagai berikut. 

  1. Membuat daftar ruang, daftar ini berisi nama ruang, gedung serta kapasitas ruang untuk tempat perkuliahan atau berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. 
  2. Membuat daftar mata kuliah atau mata pelajaran, daftar kedua berisi nama mata kuliah, jumlah mahasiswa yang submit untuk mata kuliah tersebut serta dosen pengampu mata kuliah tersebut. 
  3. Daftar waktu atau jam dalam waktu satu pekan, daftar ketiga berisi hari dan jam. 
  4. Daftar pengecualian, daftar kelima berisi pengecualian atau alternatif jika terjadi beberapa kendala seperti dosen pengganti, alternative ruangan dan lain sebagainya. 

Keempat daftar tersebut berupa rekapan yang perlu dicatat secara manual oleh staf akademik, tentu hal ini akan terkesan rumit serta memerlukan waktu dalam proses pengerjaannya, oleh karena itu hadir aplikasi penjadwalan yang dapat mempermudah staf akademik dalam membuat jadwal tersebut. 

Aplikasi penjadwalan otomatis bernama Jadwalin dapat Anda akses melalui website tanpa perlu melakukan proses unduh serta install, sehingga dapat mempermudah Anda menggunakan aplikasi ini melalui Komputer atau personal computer manapun. Aplikasi jadwalin berbasis ASP.Net dengan database SQL Server. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Jadwalin. 

Cara Menggunakan Aplikasi Jadwalin 

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda perlu masuk ke website Jadwalin, pada halaman depan Anda akan melihat dua kotak yang berisi pilihan untuk membuat jadwal baru pada sisi kiri dan arsip jadwal pada sisi kanan. Jika Anda pengguna baru, maka klik sisi kiri. 

Langkah kedua yang harus dilakukan adalah dengan memasukan sesi kuliah selama satu pekan. Langkah ketiga, staf akademik perlu memasukan data ruangan serta kapasitas ruangan untuk sesi mata kuliah. Selanjutnya langkah keempat Anda perlu memasukan daftar mata kuliah serta dosen pengampu mata kuliah tersebut. Langkah kelima, Anda perlu memasukan daftar pengecualian atau alternative yang sebelumnya telah dibuat. Langkah selanjutnya, keenam setelah memasukan seluruh data pada aplikasi Jadwalin, maka sistem Jadwalin akan melakukan generate pada data jadwal yang telah diinput. Setelah proses generate selesai, Anda dapat mengunduh atau menyimpan draft jadwal pada aplikasi Jadwalin. Jika Anda memilih untuk menyimpan draft jadwal tersebut, Anda dapat membuka draft dengan kembali pada halaman awal dan klik pada sisi kanan bertuliskan “arsip jadwal”. 

Mudah bukan? Aplikasi jadwalin ini bekerja dengan cara menghitung algoritma pada data-data yang telah Anda masukan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba aplikasi ini? 

 

Write your comment Here

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: