Menjadi Seorang Pemimpin (versi izza)

Menjadi seorang pemimpin,

soekarno

pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mengikuti apa yang diarahkan. Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Perlu belajar yang cukup untuk menjadi pemimpin yang baik.

Sebelum menjadi pemimpin, kita terlebih dahulu mengetahui hakikat pemimpin, dari mengetahui itu kita dapat mengetahui hak dan kewajiban serta wewenang dari seorang pemimpin, kemudian sebelum kita menjadi pemimpin atau orang yang memipin suatu kelompok maka kita harus melewati beberapa tahapan diantaranya

  • Harus sudah pernah merasakan dipimpin oleh orang lain

Dalam hal ini sangat penting, karena modal utama untuk menjadi pemimpin. disini kita akan merasakan bagaimana kita dipimpin dan menerima kebijakan kebijakan yang dibuat oleh pemimpin, yang harus kita laksanakan atau kita patuhi. dari sini timbul emosi, entah emosi menerima kebijakan atau menentang kebijakan. dari sini ambil hikmannya, yaitu dengan cara

  1. Jika saya menjadi pemimpin maka saya harus (…….bla bla bla….) (menilai dari pemimpin yang memimpin kita)
  2. Jika ada kebijakan yang sekiranya tidak relevan maka kita jangan meniru (masa iya kita sudah mengkritisi tapi saat kita menjadi pemimpin kita melakukan hal yang sama, jika seperti ini sama saja kita menelan ludah sendiri, ini sangat memalukan)
  • Belajar cara memimpin dari hal yang kecil

dari sini kita bisa contohkan mempimpin hal kecil misalnya dalam hal belajar kelompok. bagaimana cara memimpin diskusi dan menenangkan teman jika terjadi perbedaan pendapat.

  • Belajar gaya kepemimpinan

banyak sekali gaya gaya kempemimpnan , misal demokratis, otoriter dsb. kita belajar halhal tersebut.

  • Belajar menerima kiritik dan saran

dak dapat di pingkiri, seorang pemimpin pasti ada yang pro dan kontra,,,sehingga ada yang mengkritisi dan memberikan saran. seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mempu menerima kritik dan saran dari yang dipimpin untuk memperbaiki atau evaluasi diri. dalam kritikan pasti ada hal yang mungkin menyinggung yang membuat kita sedikit tidak terima,,,namun disinilah pemimpin yang sebenarnya,,,harus bisa mengendalikan dirinya…jika pemimpin tidak dapat mengendalikan diri sendiri bagaimana akan memimpin.

  • Belajar (sidik,amanah,tabliq,fathonah)

karena itu yang seharusnya ada pada diri seorang pemimpin

  • Harus mempunyai hati yang besar.

 

mungkin itu saja ,,,kurangnya mohon maaf…semoga kita menjadi pemimpin yang baik. baik di keluarga maupun untuk orang banyak.

Tautan permanen menuju artikel ini: http://blog.unnes.ac.id/ramadhani/2015/12/20/menjadi-seorang-pemimpin-versi-izza/

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: