rizkagia

Media Pembelajaran Administrasi Perkantoran

by on Apr.03, 2018, under Uncategorized

MELIHAT VIDEO PEMBELAJARAN PERKANTORAN

 

Pertemuan ke 3 (26 Maret 2018)

Dosen Pengampu : Bapak Agung Kuswantoro

 

Pada pertemuan sebelumnya kita telah mempelajari tentang pengembangan media pembelajaran. Pada pertemuan ke 3 ini, perkuliahan difokuskan pada penayangan video yang berasal dari youtube. Video ini merupakan video yang berkaitan dengan media pembelajaran yang digunakan dalam suatu mata pelajaran. Salah satu video yang ditampilkan adalah media pembelajaran kognitif yaitu berkaitan dengan teori. Dimana dalam video tersebut menampilkan tulisan-tulisan materi pembelajaran. Dan menurut saya media tersebut kurang cocok karena pembelajaran kognitif yang disampaikan  akan cenderung membuat proses pembelajaran berlangsung dengan membosankan dan mengantuk.  Video selanjutnya yang ditampilkan yaitu berkaitan dengan praktek penyimpanan surat menggunakan sistem tanggal. Penampilan dalam prakterk video tersebut sudah cuku

p baik. Kekurangan dari video praktik tersebut adalah kurangnya totalitas dalam pembuatan video. Kurangnya totalitas ini terkait kurang maksimalnya penggunaan alat peraga dan penampilan tiap pemeran. Sehingga dalam video tersebut kurang mencerminkan bagaimana keadaan perkantoran yang sebenarnya.  Masih terkait video dengan video praktek, video selanjutnya yaitu berkaitan dengan praktek perkantoran. Video pertama tentang praktek perkantoran sudah cukup bagus namun masih kurang dalam pemilihan kata-kata yang diucapkan pemeran sehingga orang yang melihat video tersebut merasa aneh. Video kedua tentang praktek perkantoran yang diperankan oleh kakak tingkat prodi pendidikan admnistrasi perkantoran angkatan 2014 sudah baik. Namun ada sedikit koreksi yaitu kurangnya totalitas dalam melaksanakan suatu peran sehingga peran yang dilakukan masih terlihat kaku.

Berbeda dengan video pembelajaran yang berasal dari luar negeri. Di luar negeri pembuatan media pembelajaran tentang administrasi perkantoran sudah bagus. Salah satu video yang ditampilkan yaitu berkaitan dengan praktek perkantoran penyimpanan arsip. Dalam video tersebut terlihat bahwa peralatan yang digunakan sudah sangat baik seperti penggunaan laci penyimpanan arsip yang baik serta penggunaan guide dalam laci yang berwarna-warni. Video tersebut juga didukung dengan latar pengambilan video yaitu suasana perkantoran, sehingga membuat video tersebut lebih menarik dan mampu menghidupkan suasana pembelajaran serta informasi yang ingin disampaikan dapat diterima oleh peserta didik. Video kedua yang berasal dari luar negeri yaitu berkaitan dengan kognitif. Dalam video tersebut ditampilkan beberapa orang yang ditanyai mengenai pendapat mereka tentang konsep administrasi. Video tersebut sangat bagus jika digunakan sebagai media pembelajaran karena dapat merangsang peserta didik untuk berfikir.

Dari penampilan video-video tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan yaitu antara video pembelajaran administrasi perkantoran yang berasal dari dalam negeri dengan video pembelajaran yang bersumber dari luar negeri. Setelah penayangan video-video tersebut, pembelajaran selanjutnya yaitu pembuatan peta konsep tentang administrasi. Dalam pembuatan peta konsep tersebut harus memperhatikan karakteristik yang melekat dalam administrasi tersebut. Selain itu juga harus memperhatikan unsur-unsur yang ada dalam admnistrasi. Dengan adanya pemahaman mengenai karakteristik dan unsur-unsur dari materi yang akan disampaikan maka selanjutnya kita dapat mengetahui apakah materi tersebut termasuk ranah afektif, psikomotorik, atau mungkin ranah kognitif. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam pembuatan media pembelajaran, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui dan memahami karakteristik dan unsur dari materi yang akan disampaikan. Sehingga akan lebih mudah mengetahui ranah dari materi tersebut dan selanjutnya kita dapat membuat media pembelajaran yang tepat dan sesuai dimana informasi yang ingin disampaikan dapat diterima oleh peserta didik.


Leave a Reply

[+] kaskus emoticons nartzco

Looking for something?

Use the form below to search the site:

Still not finding what you're looking for? Drop a comment on a post or contact us so we can take care of it!

Blogroll

A few highly recommended websites...

    Archives

    All entries, chronologically...