Silabus Sosiologi SMA/MA #2

(Masih) Selamat Sore,

Benar, memang sore adalah saat dimana postingan ini dibuat.

Baik langsung saja, berikut adalah Silabus Sosiologi untuk Kelas XI dengan Kurikulum 2013.

jika anda melihat kemudian mencermati, terdapat hal yang menarik dari silabus kurikulum ’13 ini. yaitu:

KI 1   : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2   : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3   : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4   : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar Materi Pokok
1.1.  Memahami, menghargai, dan menerima   perbedaan kegiatan ritual  sebagai akibat  (implikasi)  dari keberagaman ajaran agama, religi/kepercayaan  yang dianut.  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1.  Mengembangkan sikap kepedulian terhadap budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan.
2.2.  Menghayati dan menghargai keberagaman budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan dalam upaya membangun masyarakat multikultur.
3.1.  Menganalisis keterkaitan antara budaya, bahasa, dialek, dan perkembangan  tradisi lisan di nusantara. Keterkaitan antara keberagaman budaya, bahasa  dialek, tradisi lisan dengan kehidupan masyarakat dalam suatu daerah.
4.1.  Melakukan kajian literatur, diskusi dan pengamatan lapangan  tentang keterkaitan antara budaya, bahasa,  dialek, dan perkembangan tradisi lisan di nusantara.
3.2.  Mendeskripsikan dan memetakan  keberagaman pengguna bahasa, dialek,  dan tradisi lisan di nusantara dan perannya dalam membangun masyarakat multikultur. Pemetaan budaya, masyarakat pengguna bahasa  dialek, dan tardisi lisan di suatu daerah dan nusantara
4.2.  Membuat pemetaan budaya,  bahasa, dialek , dan tradisi lisan di masyarakat setempat  serta berperan aktif  dalam upaya membangun masyarakat multikultur.

 

3.3.  Menganalisis kesamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

 

Persamaan dan perbedaan  budaya, bahasa,  dialek, tradisi lisan yang ada di masyarakat setempat

 

4.3.  Melakukan diskusi, mengumpulkan kliping, dan pengamatan lapangan untuk memahami persamaan dan perbedaan budaya, bahasa, dialek, dan tradisi lisan yang berkembang dalam masyarakat
3.4.  Mengemukakan contoh berbagai gejala melemahnya nilai-nilai budaya tradisional dalam berbagai masayarakat suku bangsa Perubahan budaya dan melemahnya   nilai-nilai tradisional
4.4.  Menyusun rancangan, melaksanakan, dan mengkomunikasikan (lisan, tertulis, audio-visual) penelitian sederhana  tentang melemahnya nilai-nilai budaya tradisionil dalam berbagai masyarakat suku bangsa.
3.5.  Menggunakan metode etnografi dalam menganalisis kesamaan dan keberagaman bahasa, dialek, tradisi lisan dalam masyarakat multikultur Metode etnografi dan manfaatnya dalam mencari solusi berbagai permasalahan sosial-budaya
4.5.  Melakukan studi etnografi di masyarakat setempat untuk menggambarkan tentang adanya kesamaan dan keberagaman budaya, bahasa, dialek, tradisi lisan sebagai konsekuensi dari masyarakat  yang multikultur

Atau jika ingin mengetahui secara detil, mudah saja. Dengan cara Klik DISINI

 

Sekiranya demikian, maaf atas segala kekurangan penulis,

Terima Kasih atas perhatiannya. Salam.

7 thoughts on “Silabus Sosiologi SMA/MA #2”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: