Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Blog

Blog No. 1

  1. Nama Pemilik Blog:  Bagus Mustofa
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/mustofa
  3. Kelebihan/Keunggulan: Beberapa Ilustrasi (gambar, dll) yang disertakan dalam postingan cukup menarik, Headline atau tulisan tajuk menarik; memikat untuk terus dilihat sekaligus ditelusuri mengenai apa saja isi yang akan didapat.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Penataan kurang rapi, terlalu dominan satu warna, kurang ada variasi-variasi warna maupun hiasan dinding seperti pernak-pernik yang unik misalnya, dsb. Terakhir, judul postingan secara teknis (bentuk huruf, ukuran, bayangan yang demikian) saya ‘rasa’ kurang menarik.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Ada beberapa saran yang ingin saya kemukakan, diantaranya tertuju pada Headline, menurut postingan2 yang ada, kurang diberi sub (keterangan) berkaitan dengan materi-materi yang diisi, misal ‘dunia sosiologi dan antropologi’ atau lainnya. Kemudian terlalu dominan pada satu warna (blog), yaitu biru muda. Memang cukup bagus untuk warna biru muda yang tidak terlalu mempengaruhi pencahayaan pada teks isi, akan tetapi disini yang tampak adalah warna teks isi yang cenderung coklat. Maka, mungkin dapat membantu jika diubah menjadi hitam pekat. Pada judul postingan, dihilangkan bayangan supaya lebih jelas-terbaca.

 

Blog No. 2

  1. Nama Pemilik Blog:  Ari Kurnia
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/sosiologiantropologi/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Tampilan blog bagus dan seimbang, sampulnya menarik, isi blog cukup kompeherensif untuk pembelajaran. Menarik.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Kelemahan pada widget dan menu, tidak adanya ilustrasi (seperti gambar, lukisan, reka adegan, dll) pada postingan sehingga (mungkin) mempengaruhi minat baca.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Untuk widget sebaiknya dipertimbangkan kembali, misalnya antara ‘recent post’ dengan ‘recent comment’ yang terlalu menghabiskan space atau ruang. Kalau saya ‘rasa’, sebaiknya hanya ditampilkan ‘recent comment’ karena akan lebih menarik perhatian dan rasa ingin tahu pembaca mengenai postingan tersebut. Untuk menu, dapat ditambahkan agar lebih terlihat elegan, sehingga berkeliling blog pun tak akan segan. Kemudian untuk penambahan ilustrasi, sangat disarankan karena memang selain menarik, juga dapat mempengaruhi daya imaji para pembaca. Terima kasih.

Blog No. 3

  1. Nama Pemilik Blog: Firdaus Muara Triharto Sihombing
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/firdaussihombing
  3. Kelebihan/Keunggulan: Blognya bagus, simple, sederhana (Ingat petuah orang tua; tetaplah sederhana!! ). Tampilan sampulnya menarik, meyakinkan pembaca. Isi postingannya cukup kompeherensif, bagus untuk menambah pengetahuannya tentang sosiologi.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Penataannya kurang rapi, tidak teraturnya teknis penulisan, widget yang digunakan banyak pengulangan.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Sebenarnya secara konten sudah bagus, akan tetapi ada beberapa hal yang patut untuk dibenahi disini. Pertama, penataan. Penataan memang sudah rapi menurut garis imajiner. Namun akan lebih indah dipandang jika postingan materi dibuat rata kanan-kiri, widget yang ada diseleksi kembali dalam rangka efektifitas dan efisiensi, serta teknis penulisan dibuat lebih jelas; penataan letak huruf kapital harus konsisten, dls. Kedua, tampilan. Karena menurut saya konsepnya memang demikian (sederhana), it’s fine. As much as this (baca: sekian). Terima kasih.

Blog No. 4

  1. Nama Pemilik Blog:  Arsi Mafirotul Wakhida
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/arsiwakhida/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Tampilannya sangat menarik, Kontennya cukup kompeherensif, menambah wawasan, ilustrasi pada postingannya bagus dan relevan, banyak variasi warna, laiknya keberagaman etnis yang masing-masing dirinya selalu menghadirkan warna. Bagus, rapi, cerah, indah.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Sebagai penyapa pertama, gambar sampul kurang jernih serta tercampur dengan tulisannya (judul blog).
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Saran saya, untuk gambar sampul dapat dicari yang ukuran ‘piksel’nya cukup besar sehingga dapat tampak lebih jernih, jelas, namun masih pas (according sense atau menurut selera, hhh). Kemudian agar gambar sampul dengan tulisan tajuknya tidak tercampur, diperhatikan kembali teknik gradasi warna. Mungkin dapat didiskusikan dengan ahli/pakar warna, atau siapapun dengan basis multimedia. Selebihnya, sudah bagus. Sekian, terima kasih.

Blog No. 5

  1. Nama Pemilik Blog:  Siti Mukharomah
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/sitimukharomah31/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Tampilan blognya bagus, penataan rapi, semuanya seimbang, isinya mendukung pembelajaran, menambah wawasan.
  4. Kekurangan/Kelemahan: seperti blog milik kawan sebelumnya, yaitu adanya widget yang menghabiskan ruang secara beruntun.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Karena semuanya sudah sesuai menurut blogger pada umumnya (yang memperhatikan keindahan tampilan dan isi postingan), perhatian disini hanya pada widget tersebut. Saran yang mungkin dapat dilakukan adalah mengurangi salah satu antara ‘recent post’ dengan ‘recent comments’. Kalau memang keduanya dibutuhkan, saya ‘rasa’ perlu ditambahkan widget lain dengan space atau ruang yang kecil untuk diletakkan diantara keduanya agar tidak terlihat rumit jika dipandang dengan skala luas misalnya, akan terlihat seperti rimba kata; terlalu banyak tulisan. Sekiranya demikian, terima kasih.

Blog No. 6

  1. Nama Pemilik Blog:  Hendro Wibowo
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/hendrowibowo/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Tampilannya bagus, sederhana, menyenangkan untuk dibaca. Konten yang ada sangat menambah pengetahuan dalam pembelajaran.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Terlalu sederhana, kelemahan widget yang tidak menyertakan judul (yang menerangkan widget tersebut).
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Ada beberapa saran alternatif yang mungkin dapat coba untuk dilakukan, diantaranya adalah pada tampilan. Sebenarnya memang tidak masalah tampilan yang demikian, namun saya merasa masih ada sesuatu yang kurang. Hal ini mungkin dapat ditambahkan variasi-variasi kembali agar blog tampak lebih hidup. Kemudian widget. Karena tidak menampilkan judul widget, sebaiknya diseleksi kembali yang dapat dikenali dengan mudah tanpa harus melihat judul untuk memahaminya. Untuk selebihnya, sudah bagus. Terima kasih.

Blog No. 7

  1. Nama Pemilik Blog:  Imas Ulufi Cahyaningrum
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/imasulufi16/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Tampilannya bagus, menarik. Quotesnya (Keterangan pada judul blog) –meskipun samar– namun dapat membangkitkan semangat untuk belajar (Quotes bertuliskan apa? Silahkan lihat sendiri), Gambar ilustrasinya dan isinya cukup relevan, menarik.
  4. Kekurangan/Kelemahan: seperti yang disebutkan sebelumnya, tulisan pada judul blog dan quotesnya kurang jelas (secara tampilan), pada laman profil, dapat dibilang masih kurang maksimal/komunikatif.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Sesuai kekurangan yang telah disebutkan, yang dirasa perlu diperbaiki pada bagian gambar sampul yaitu seperti yang telah dijelaskan (lihat saran2 sebelumnya). Kemudian pada profil, dapat ditambah beberapa paragraf atau minimal beberapa baris. Dengan demikian, perkenalan dengan pembaca melalui tulisan akan lebih ‘mengalir’ dari hulu ke hilir, tidak terkendala meski penulis (secara fisik) tidak hadir. Sekian, terima kasih.

Blog No. 8

  1. Nama Pemilik Blog:  Wahid Puguh Pambudhi
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/wahid110/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Desain blognya sangat bagus. Simple dan Sederhana; mungkin abang adminnya penyuka kesederhanaan, supel, tanpa keramaian berbagai attribut yang disediakan blog. Tulisannya tampak jelas. Penataan widget rapi, cukup kreatif, bagus.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Ukuran Judul dan Sub-judul dirasa kurang besar, gambar sampul cukup bagus, namun kekurangan hanya sebatas penggunaan warna. Kemudian pada ‘link blog teman’ mungkin bisa ditambah kuantitasnya supaya lebih ramai dan guyub, satu lagi, pengaturan spasi antara judul dan isi menurut saya lebih diperhatikan kembali (bisa dibuat standar atau acuan baku tertentu sesuai kriteria admin).
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Sebenarnya tampilan blog secara umum sudah bagus, hanya tinggal pembenahan beberapa teknis kecil yang dapat dilakukan. Salah satunya pada jarak spasi antara judul dan isi. Hal ini dapat disiasati dengan ditambahkannya gambar ilustrasi yang akan menambah isi menjadi tampak jelas ditambah dengan background bagus yang demikian. Terima kasih.

Blog No. 9

  1. Nama Pemilik Blog:  Nurul Muhayana
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/nurulmuhayana/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Desain blognya bagus, menarik. Tampilan postingan tampak jelas, beberapa gambar ilustrasi sangat relevan dengan isi postingan. Jadi, bagus untuk dibaca.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Laman menu masih sedikit, template widget kurang bagus untuk tulisan dengan jumlah kata yang panjang, Judul dan sub judul blog kurang jelas.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Saran alternatif yang mungkin dapat coba diterapkan adalah pemindahan letak widget ‘recent post’ untuk lebih kebawah karena yang pertama kali dilihat pembaca biasanya tampilan yang rapi dan sederhana untuk dicerna (seperti gambar pada widget ‘tamu blog’ atau sebagainya) daripada tulisan ‘recent post’ yang sukar terbaca jika tidak dengan berusaha. Kemudian pada judul dan subnya, bisa digunakan warna yang lebih terlihat dan jelas. Terima Kasih.

Blog No. 10

  1. Nama Pemilik Blog:  Imam Tri Hidayat
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/imamtrihidayat/
  3. Kelebihan/Keunggulan: Desain blognya bagus, menarik, elegan. Penyertaan gambar ilustrasi cukup relevan dengan konten postingan.
  4. Kekurangan/Kelemahan: Tulisan kurang sedikit tebal untuk lebih mempermudah pengunjung dalam membaca. Pemilihan menu, dan sebagainya.
  5. Saran dan Usulan Tambahan/Perbaikan:  Sesuai kekurangan tersebut, saya hanya menawarkan saran untuk menambah ketebalan huruf dalam setiap tulisan. Hal ini saya rasa dapat membantu memperjelas pengunjung dalam membaca dan menikmati materi-materi di setiap sudut blog. Kemudian untuk pemilihan menu, maksud saya adalah pada menu kontak menurut saya dapat digabungkan pada ‘about me’ sehingga menu kontak dapat dimanfaatkan untuk lainnya. Begitu pun menu berita. Karena hanya bersumber pada satu sumber berita, sebaiknya ditulis langsung sumbernya (misal; berita koran x). Atau kalau tidak, bisa ditambahkan beberapa sumber berita lainnya. Untuk selebihnya sudah sangat bagus. Terima kasih.

***

Catatan Penulis:

‘Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat’ ini sepenuhnya berdasarkan tanggapan subjektif saya. Akan tetapi, meskipun sifatnya subjektif, ulasan ini didasarkan pada kriteria dalam blog dan website yang –menurut saya– bagus dan banyak dikunjungi.

Memang benar, tidak selamanya tampilan yang variatif –dengan kode skrip yang rumit dan sulit untuk dikutip– akan tampak menarik, indah, dan meriah. Begitu pula sebaliknya; tampilan sederhana akan tampak lebih menawan, ringan, dan selalu menarik untuk di klik. Kedua tipe ini menurut hemat saya, jika ditarik dengan ketertarikan mayoritas pembaca, berujung pada adanya kemudahan dicerna baik secara tampilan maupun materi atau isi yang dihadirkan.

Meskipun demikian, hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan mutlak dalam menilai suatu blog/website karena saya sebagai pembaca, belum tentu sama persepsinya dengan pembaca yang lain. Semuanya tidak ada yang sempurna, termasuk ulasan ini. Sehingga, silahkan anda mengulas kembali ulasan yang saya tulis ini, saran dan kritik disini kembali anda kritik dalam rangka perbaikan saya kedepannya.

Terakhir, terima kasih atas perhatiannya, segudang maaf saya haturkan jika banyak perkataan yang tidak berkenan.

Sekian. Salam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: