Cerita di Balik Batik

Cerita di Balik Batik

     Batik, siapa yang tidak kenal dengan hasil karya yang satu ini. Batik merupakan budaya asli Indonesia yang dikenal sejak zaman nenek moyang. Dahulu motif batik sangat sederhana, masih berupa gambar-gambar binatang di daun lontar. Setalah mengalami perkembangan, motif batik mengalami transformasi ke bentuk-bentuk yang distilir atau digayakan. Motif batik tidak dibuat dengan tanpa mengandung filosofi, di setiap gambarnya ada makna dan maksud tertentu. Seperti menggambarkan fenomena, alam dan sebagainya.
Berdasarkan pengetahuan yang saya miliki tentang batik, terdapat tiga jenis batik yaitu batik tulis, cap dan printing. Batik tulis memiliki proses utama dengan ditulis menggunakan tangan dengan alat yang bernama canting. Batik cap menggunakan alat cap dan prin dengan alat prin. Batik yang memiliki nilai jual sangat tinggi adalah batik tulis satu potong kain batik tulis dihargai ratusan ribu bahkan jutaan rupiah. Hal ini bergantung pada kerumitan motif batik yang dibuat. Semakin rumit motif batik proses pembuatannya pun semakin lama, inilah yang membuat harga batik tulis cukup tinggi. Selain itu batik lawasan atau batik yang memiliki usia cukup tua juga memiliki harga yang cukup tinggi. Batik ini selalu menjadi incaran para kolektor.
Selain beberapa hal di atas batik tulis memiliki ciri khas dalam proses pembuatannya. Secara garis besar pembuatan batik diawali dengan menggambar batik di atas kain putih. Gambar bisa bertema tumbuhan, hewan, lingkungan hidup atau fenomena alam. Langkah berikutnya adalah melukiskan cairan lilin atau malam di atas model tadi dengan menggunakan alat yang bernama canting. Proses berikutnya adalah pewarnaan.          Pewarnaan dilakukan beberapa kali hingga pada tahap pewarnaan yang terakhir adalah mewarnai bagian yang tadinya tertutup malam. Untuk menghilangkan sisa lilin bisa dilakukan dengan merebus kain atau disetrika.
Referensi : https://kanal7.blogspot.co.id/2013/09/asal-usul-dan-sejarah-batik-di-indonesia.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: