Cara Pasang Fan Casing di Komputer

Pemasangan fan di casing komputer itu jangan asal pasang, sekilas sepele ya, tapi itu ada ilmunya. Kenapa? Karena kalau asal pasang aja, bukannya suhu terjaga malah sebaliknya, sirkulasi udara di casing malah tambah kacau yg pada akhirnya suhu akan tambah panas. Sebelum kami jelaskan posisi fan yg benar di casing, kami jelaskan dulu tentang desain dari fan itu sendiri yg terdiri dari tampak muka dan tampak belakang. kami ambil contoh gambar fan casing 12 cm. Lihat penjelasan dibawah ya.

 

Tampak muka atau tampak depan

kami sebut ini bagian arah muka, bagian muka ini ciri-cirinya bilah kipasnya tampak cembung. Ga tau bilah? bilah itu sirip baling-balingnya hehe, biasanya fan casing itu terdapat 7-8 bilah. Berikut ini gambar bagian muka.

Lihat tanda panah merah diatas, bilah terlihat tampak cembung kan, dari contoh gambar diatas itu berarti fan sedang dalam posisi tampak muka atau tampak depan.

 

Tampak belakang

kami sebut ini bagian arah belakang kipas, bagian belakang ini ciri-cirinya bilah kipasnya tampak cekung dan ada satu ciri  lagi yaitu terlihat tampak tulang-tulangnya atau bisa juga disebut rangka kipasnya, biasanya ada 4 tulang. Ga tau tulang yg dimaksud? Lihat aja gambarnya dibawah ya

Yang dimaksud tulang itu yg kami kasih tanda garis merah pada gambar diatas, disitu ada 4 tulang/rangka. Dari contoh gambar diatas itu berarti fan sedang dalam posisi tampak belakang.

Tata Cara Pemasangan Fan Casing
Sekarang saatnya kita mengaplikasikan fan tersebut untuk dipasang di casing komputer. Dalam aturan pemasangan fan di casing PC ada istilah intake dan exhaust (ada yg nyebut outtake). Mari kita samakan persepsinya dulu mengenai pengertian intake dan exhaust. Intake itu adalah memberi semburan angin ke dalam casing sedangkan exhaust adalah kebalikannya yaitu membuang angin dari dalam casing ke luar casing. Lho udah dikasih angin lewat intake kok dibuang lagi lewat exhaust? hehe maksudnya gini, intake itu si kipas ngambil udara dari luar casing lalu disemburkan ke dalam casing buat mendinginkan. Nah, didalam casing itu walaupun udah dikipasin pake intake tadi, tapi pasti ada hawa uap panas yg keluar entah dari processor atau komponen lainnya, dan inilah fungsinya exhaust, untuk membuang angin atau hawa panas itu ke luar casing.

Pemasangan exhaust itu pun ga sembarangan, ada ilmunya, kita tahu bahwa hawa panas itu selalu bergerak ke arah atas, nah jadi pemasangan fan exhaust itu di bagian atas casing, bisa di atap casing atau bisa di bagian belakang atas casing. Sedangkan intake yg fungsingya menyuplai udara dingin dari luar casing biasanya dipasang dibagian depan bawah casing atau bisa juga di samping casing. Silakan lihat gambar.

Dari gambar diatas sudah jelas kan :D . Agar sirkulasi dalam casing baik, gunakan prinsip keseimbangan antara intakedan exhaust. Jadi kalau intakenya pake 1 kipas , exhaustnya jg kalau bisa jg 1 kipas. Begitu jg kalau pake 2 kipas intake otomatis exhaustnya jg 2 kipas, seperti gambar diatas. Minimal kalau mau cuma 1 kipas , pasanglah di intake depan dan exhaust belakang, itu dah sistem minimal. :D

Mungkin ada yg nanya, kipas untuk intake dan exhaust apakah beda jenis? jawabannya sama aja , intake exhaust itu hanya istilah posisi fan-nya aja. Ini sepele tapi penting. Makanya dipostingan ini bagian awal (atas) kami jelaskan dulu desain dari fan itu sendiri, disitu ada istilah tampak muka dan tampak belakang, silakan cermati lagi. Kalau sudah dicermati, mari kami jelaskan posisi kipas yg benar untuk intake dan exhaust. kami ambil contoh untuk intake depan dan exhaust belakang aja ya. Lihat gambar dibawah. kami  anggap kotak warna merah adalah fan dilihat dari samping.

Dari gambar sudah jelas kan tampak muka/depan kipas harus menghadap kemana dan tampak belakang kipas harus menghadap kemana. Untuk lebih jelasnya lagi silakan lihat foto pemasangan fan exhaust di bagian belakang berikut ini.


Dari gambar terlihat kan, itu contoh exhaust bagian belakang, disitu terlihat tampak muka kipasnya menghadap ke dalam casing. Kalau belum tahu istilah tampak muka silakan baca lagi bagian atas postingan ini, sudah kami jelaskan cirinya tampak muka dari kipas :D

Untuk intake samping dan exhaust atap, prinsipsnya sama aja kok, jadi kalau intake itu tampak mukanya menghadap keluar casing, sebaliknya exhaust itu tampak mukanya menghadap ke dalam casing.

Sumber :https://www.tokocentralpc.com/blog/2016/cara-pasang-fan-casing-di-komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: