Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat

Artikel ini mengulas mengenai 10 Blog Sejawat. Adapun tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Praktek Laboratorium yang diampu oleh Bapak Kunco Bayu Prasetyo S,Ant., M.A 

Blog No. 1

  1. Nama Pemilik Blog : Dwi Rokhayati
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/dwirokhayati11/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog sudah bagus. Setiap materi yang disampaikan sudah baik dan ada media pembelajaran seperti foto-foto yang dapat memberikan pemahaman mengenai isi materi yang disampaikan.
  4. Kekurangan Blog : Masing-masing artikel yang ada di blog memiliki kekuarangan rata kanan dan kiri yang belum disesuaikan sehingga masing-masing artikel masih terlihat kurang rapi. Ada baiknya kalau materi yang ada di artikel disertakan dengan referensi buku-buku yang sesuai dengan materi, tidak hanya mengambil referensi dari internet saja.  Contoh : artikel Materi Antropologi SMA KELAS XII : Relativitas, Ketahanan, Inovasi dan Asimilasi Budaya (http://blog.unnes.ac.id/dwirokhayati11/?p=159)
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Saran saya untuk tampilan blognya agar lebih menarik lagi, maka sesuaikan tema blog dengan Sosiologi dan Antropologi. Tidak hanya gambar headernya saja, tetapi juga background temanya. Pengaturan widgetnya dirapikan lagi.

Blog No. 2 

  1. Nama Pemilik Blog : Novia Utari A.E
  2. Alamat Blog/http   : http://blog.unnes.ac.id/utarinovia/
  3. Kelebihan Blog : Untuk tampilan blognya sudah baik dan rapi. Dari segi penyampaian materi diartikel juga sudah baik dan ada tambahan foto-foto yang dapat memberikan keterangan.  
  4. Kekurangan Blog : Ada beberapa artikel yang terlalu panjang, dan ada juga artikel yang tidak diberi readmore atau readmore yang tidak sesuai pemotongan paragrafnya, sehingga memberikan kesan yang terlalu penuh pada tampilan blog. Contoh : artikel Materi Antropologi Kelas XII BAB 1 (http://blog.unnes.ac.id/utarinovia/2015/12/24/materi-antropologi-kelas-xii-bab-1-kesetaraan-dan-hubungannya-dengan-perubahan-sosial-budaya/), dan artikel Materi Sosiologi Kelas XI, Bab 5. Kekurangan juga terdapat pada kategori, dimana masih ada kategori uncategorized.
  5. Saran dan Usulan tambahan : Saran saya adalah, artikel yang penataan readmorenya masih belum dimunculkan, diharapkan dapat dimunculkan/dirapikan sehingga tampilan blog lebih ringkas. sedangkan untuk tag kategori uncategorized dihilangkan saja atau dapat diedit untuk membuat tag baru sesuai dengan kebutuhan.

Blog No. 3

  1. Nama Pemilik Blog : Muhammad Najib
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/najib23/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog sudah menarik dan sesuai dengan tampilan widget pada blog. Tema yang dipakai juga simple, dan menggambarkan tema sosiologi dan antropologi sendiri.  Untuk materi yang disampaikan sudah baik dan dapat menambah wawasan pembaca.
  4. Kekurangan Blog : Terdapat artikel yang ada di blog memiliki kekuarangan rata kanan dan kiri yang belum disesuaikan sehingga masing-masing artikel masih terlihat kurang rapi. Kurangnya media pembelajaran seperti foto-foto, sehingga kurang dapat memberikan pemahaman mengenai isi materi yang disampaikan.
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Untuk setiap postingan artikel harap dirapikan lagi rata kanan dan kirinya. Lalu untuk menambah wawasan terkait dengan tiap-tiap artikel, maka saran saya adalah diberikannya tambahan foto-foto sebagai keterangan. 

Blog No. 4

  1. Nama Pemilik Blog : Aris Muhtarom
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/arismuhtarom/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog sudah menarik dan sesuai dengan tampilan widget pada blog. Tema yang dipakai juga simple, dan menggambarkan tema sosiologi dan antropologi sendiri.  Untuk materi yang disampaikan sudah baik dan dapat menambah wawasan pembaca.
  4. Kekurangan Blog : Terdapat artikel yang ada di blog memiliki kekuarangan warna tulisan yang terlalu kontras (hijau), seningga membuat kurang nyaman ketika dibaca. Untuk backgroundnya masih simple, dan kurang menunjukan tema sosiologi dan anatropologi. Kurangnya media pembelajaran seperti foto-foto, sehingga kurang dapat memberikan pemahaman mengenai isi materi yang disampaikan.
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Alangkah baiknya kalau tulisan artikelnya dihitamkan saja, sehingga membuat para pembaca lebih nyaman. Untuk backgroundnya saya sarankan sesuai dengan tema pendidikan, sosiologi atau antropologi. Sedangkan untuk lebih memahami isi artikel, usulan saya dapat ditambah foto-foto.

Blog No. 5

  1. Nama Pemilik Blog : Sefira Rizki
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/sefirariz/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog simple dan menarik. Sudah ada profil penulis blog yang dapat memperjelas isi blog dan tujuannya. Dari segi materi sudah baik, dapat menambah wawasan para pembaca.
  4. Kekurangan Blog : Terlalu banyak kategori, sehingga membuat bingung pembaca. Lebih baik lagi, jika tampilan widget dalam blog tersebut dirapikan agar tata letaknya dapat mempermudah pembaca. Dari segi artikel/ materi tidak disertai dengan gambar dan sumber yang digunakan dalam menulis artikel tersebut terlalu sedikit, terdapat beberapa postingan hanya menggunakan buku-buku SMA saja. Contoh : Materi Antropologi Kelas X : Konsep Dasar, Peran Fungsi, dan Keterampilan Antropologi dalam Mengkaji Kesamaan dan Keberagaman Budaya, Agama, Religi/Kepercayaan, Tradisi, dan Bahasa (hanya menggunakan satu sumber referensi) http://blog.unnes.ac.id/sefirariz/?p=96
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Untuk menarik minat para pembaca, saran saya adalah lebih baik background tampilan blog disesuaikan dengan tema sosiologi atau antropologi. Tampilan widget yang ada disamping dan bawah blog dirapikan/ disesuaikan. Untuk setiap postingan artikel disertai dengan gambar dan sumber-sumber referensi yang lebih banyak.

Blog No. 6

  1. Nama Pemilik Blog : Annisa Medika Mauliana
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/annisamedika/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog menarik, simple dan rapi. Tiap postingan artikel memiliki referensi yang banyak, baik itu dari referensi buku, maupun jurnal, sehingga dapat menambah wawasan pembaca. Profil pemilik blog sudah ada untuk memperjelas blog tersebut. Keunggulan lainnya dari blog tersebut, terdapat menu tag pendukung, seperti Another Sites (versi blogspot), UNNES Journal, News dan Scholar.
  4. Kekurangan Blog : Terlalu banyak kategori yang mirip, seperti sosiologi-antropologi, antropologi dan sosiologi. Terdapat dua tag untuk mencari (Search), baik itu disamping, maupun di bawah blog. Untuk tulisan (preview) pada artikel masih kurang banyak (sebelum di readmore).
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Saran saya untuk tag kategori diperbaiki lagi, begitu juga dengan tag search. Untuk lebih memudahkan pembaca, maka lebih banyak preview sebelum direadmore.

Blog No. 7

  1. Nama Pemilik Blog : Putri Novitasari
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/putrinovitasari/
  3. Kelebihan Blog : Untuk tampilan blog sudah bagus. Tiap postingan artikel dapat menambah wawasan para pembaca. Setiap tag kategori sudah jelas dan sesuai dengan apa yang ditugaskan dosen. Terdapat konsistensi penulisan dalam blog. 
  4. Kekurangan Blog : Tema blog sudah bagus, namun baceground tema tersebut masih simpel, kurang menarik minat pembaca. Untuk tampilan materi pada setiap artikel masing kurang paragraf, sehingga membingungkan para pembaca. Pemenggalan readmore diperhatikan lagi karena kurang rapi, dan referensi setiap artikel yang diperbanyak.
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Tema blog agar tidak terlalu simple, maka sebaiknya diberi background yang dapat menarik minat para pembaca. Untuk postingan tiap artikel diharapkan diberi paragraf, dan pemenggalan readmore yang dirapikan lagi.

Blog No. 8

  1. Nama Pemilik Blog : Hendro Wibowo
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/hendrowibowo/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog sudah baik dan menarik. Sudah ada gambar sebagai keterangan yang mewakili isi dari artikel sehingga menambah ketertarikan pembaca dalam membaca artikel tersebut. Terdapat link untuk mengakses jurnal sehingga dapat menmbah wawasan bagi para pembaca. 
  4. Kekurangan Blog : Tema blog terlalu simple.  Peletakan readmore yang kurang tepat, sehingga memenggal preview pada halaman utama blog. Tidak ada keterangan untuk hit counter (visitor atau pengunjung), dan juga link blog teman, oleh karena itu membingungkan para pembaca atau pengunjung blog tersebut. Kerapian dalam masing-masing artikel masih kurang rapi karena kurang rata kanan dan kiri. 
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Untuk menarik minat para pembaca, gambar header dalam blog tersebut diganti untuk mewakili isi blog tersebut. Dari segi penulisan judul dibuat secara konsisten,  apakah capital atau tidaknya. Readmore perlu diedit lagi/dirapikan peletakannya agar tidak rancau. Untuk merapikan setiap artikel, maka diedit lagi rata kanan dan kirinya. 

Blog No. 9

  1. Nama Pemilik Blog : Hafid Setiaji
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/hafidsetiaji/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog sudah baik. Kelebihan dalam blog tersebut adalah terdapat link untuk mengakses Sikadu UNNES. Artikel yang diposting  sudah lengkap, sesuai dengan tugas dari dosen. 
  4. Kekurangan Blog : Tema blog terlalu simple, begitu juga dengan background yang cenderung gelap, sehingga kurang menarik minat para pembaca. Untuk setiap postingan artikel masih kurang rapi karena kurang rata kanan dan kiri. Untuk link blog teman terlalu sedikit, karena hanya berjumlah 9, sementara yang ditugaskan oleh dosen, minimal 15 link blog teman. Terdapat 2 jenis kalender, sehingga saling bertubrukan, begitu juga pada bagian bawah kalender yang terdapat profil dan Sikadu UNNES yang tata letak widgetnya mengganggu. 
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Tema blog saya sarankan diganti sesuai dengan tema yang telah dianjurkan oleh dosen, sehingga menarik minat para pengunjung. Diarapikan lagi rata kanan dan kiti pada setiap postingan. Untuk link blog teman diperbanyak lagi, sesuai dengan ketentuan. Untuk tampilan widget dirapikan sehingga tidak ada tag yang saling bertubrukan. 

Blog No. 10

  1. Nama Pemilik Blog : Oding Wikanti
  2. Alamat Blog/http : http://blog.unnes.ac.id/odingwikanti/
  3. Kelebihan Blog : Tampilan blog simple dan bagus. Ada gambar di setiap artikel yang mewakili isi artikel sehingga menambah menarik tampilan artikel. Artikel yang diposting  juga sudah lengkap. Keunggulan lainnya terdapat profil pemilik blog, sehingga dapat memperjelas identitas blog tersebut
  4. Kekurangan Blog : Peletakan readmore yang kurang tepat pada artikel. Terdapat tag widget members yang kurang penting fungsinya. Masih ada beberapa artikel yang belum dilengkapi foto-foto sebagai keterangan dari isi blog tersebut. 
  5. Saran dan Usulan Tambahan : Dirapikan lagi tampilan pemenggalan readmore pada masing-masing artikel, agar terlihat lebih jelas. Saran saya, sebaiknya menu tag member dihapus saja pada pengaturan tampilan widget blog. Untuk beberapa artikel diharapkan ditambahkan foto-foto sebagai media pembelajaran. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: