Welcome to Delicate template
Header
Just another WordPress site
Header

Teknologi FO (Fiber Optik)

November 10th, 2015 | Posted by Ahmad Mudzakkir Nurhuda in Komputer

UNDUH VIDEO UNDUH MATERI

 

 

 

Materi Pembahasan Fiber Optik :

  1. Apa itu fiber optic ?
  2. Struktur fiber optic
  3. Kekurangan dan Kelebihan fiber optic
  4. Jenis jenis fiber optic
  5. Aplikasi fiber optic

Serat optic (Fiber Optik) adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.
Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Berdasarkan Standar Internasional untuk diameter pembungkus serat optik adalah 125 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Struktur Fiber Optik

  • Core adalah kaca tipis yang merupakan bagian inti dari fiber optic yang dimana pengiriman sinar dilakukan.
  • Cladding adalah materi yang mengelilingi inti yang berfungsi memantulkan sinar kembali ke dalam.
  • Buffer Coating adalah plastic pelapis yang melindungi fiber dari kerusakan.

Kekurangan Fiber Optik

  • Konstruksi fiber optik lemah maka pemakaiannya diperlukan lapisan penguat sebagai proteksi.
  • Karakteristik transmisi dapat berubah bila terjadi tekanan dari luar yang berlebihan
  • Tidak dapat dialiri arus listrik, sehingga tidak dapat memberikan catuan pada pemasangan repeater.
  • Biaya yang mahal untuk peralatannya serta perbaikan yang kompleks memerlukan keahlian

Kelebihan Fiber Optik

  • Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
  • Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
  • Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
  • Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
  • Tidak ada gangguan / interferensi

Jenis – Jenis Fiber Optik

1. Single-mode fibers
Serat optik dengan inti (core) yang sangat kecil (biasanya sekitar 8,3 mikron), Bagian inti serat optik single-mode terbuat dari bahan kaca silika (SiO2) dengan sejumlah kecil kaca Germania (GeO2) untuk meningkatkan indeks biasnya. Untuk mendapatkan performa yang baik pada kabel ini, biasanya untuk ukuran selongsongnya adalah sekitar 15 kali dari ukuran inti. Kabel untuk jenis ini paling mahal, tetapi memiliki pelemahan (kurang dari 0.35dB per kilometer), sehingga memungkinkan kecepatan yang sangat tinggi dari jarak yang sangat jauh.

2. Multi-mode fibers
Serat optik dengan diameter core yang agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini. Pada jenis multimode ini, diameter core lebih besar dari diameter cladding. Dampak dari besarnya diameter core menyebakan rugi-rugi dispersi waktu transmitnya besar

Pada prinsipnya fiber optik memantulkan dan membiaskan sejumlah cahaya yang merambat di dalamnya. Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh fiber optik.
Untuk mengirimkan percakapan-percakapan telepon atau internet melalui fiber optik, sinyal analog di rubah menjadi sinyal digital. Sebuah laser transmitter pada salah satu ujung kabel melakukan on/off untuk mengirimkan setiap bit sinyal. System fiber optik modern dengan single laser bisa mentransmitkan jutaan bit/second. Sebuah kabel fiber optics terbuat dari serat kaca murni, sehingga meski panjangnya berkilo-kilo meter, cahaya masih dapat dipancarkan dari ujung ke ujung lainnya.

Aplikasi saat ini,

  1. Dipakai dalam dunia penyiaran televisi
  2. Dipakai untuk aplikasi LAN (Local Area Network)
  3. Dipakai dalam teknologi telepon kabel
  4. Dipakai untuk memperlancar transmisi satelit
  5. Dipakai untuk mengembangkan saluran FO bawah air. Memberikan peluang bagi benua lain untuk mendapatkan akses data yang cepat dari suatu tempat yang terpisah oleh samudera.
  6. Di dalam dunia kedokteran, kabel FO dipakai untuk operasi dengan menggunakan laser dan juga dipakai sebagai bahan fiberscope, yaitu alat untuk melihat organ-organ pada tubuh manusia tanpa melakukan pembedahan.
  7. Sedangkan dalam dunia industri, FO dipakai sebagai sensor yang memonitor struktur fisik material yang berbeda-beda. Misalnya pada bahan pesawat terbang bahkan pada bahan pesawat luar angkasa.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 You can leave a response, or trackback.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Lewat ke baris perkakas