Pembelajaran Aktif Kelompok
Seorang pendidik dalam kegiatan belajar mengajar selain transfer of knowledge juga harus memahami karakter peserta didik dengan baik. Pendidik yang baik sesuai dengan UUGD No 14 Tahun 2005 adalah guru yang memiliki empat kompetensi pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Pendidik dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang aktif tidak selalu menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran.
Salah satu model yang bisa digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelarajan yang aktif dan menyenangkan dari anak adalah dengan kegiatan membagi kelas menjadi 5 kelompok. Kelompok pertama sebagai kelompok penanya, kelompok kedua sebagai kelompok penjawab, kelomok ketiga sebagai kelompok penyetuju, kelompok keempat sebagai kelompok penyanggah dan terakhir kelompok lima sebagai kelompok pembuat contoh. Pastikan kelompok sudah terbagai sebelum pendidik memberikan materi pembelajaran. Saat kelompok sudah terbagai pendidik dapat melakukan penyampaian materi, di akhir materi pendidik meminta untuk setiap kelompok melaksanakan tugasnya sesuai dengan materi yang telah disampaikan oleh pendidik dan materi yang ada di dalam buku. Mintalah tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil analisis selama perkuliahan. Pembelajaran akan terasa menyenangkan.