Home > Berita > Pengembang Jurnal Mantapkan Jurusan untuk Akreditasi Jurnal

Pengembang Jurnal Mantapkan Jurusan untuk Akreditasi Jurnal

20160323_092412Jurnal sebagai wadah publikasi artikel ilmiah saat ini menjadi salah satu tolak ukur kompetensi akademisi. Pada tahun 2016 ini pengembangan jurnal menyiapkan tujuh jurnal untuk diakreditasi, salah satu jurnal yang akan diakreditasi adalah jurnal online yang dikelola oleh Jurusan PGPAUD yaitu jurnal IJECES (Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies). Bertempat di Pengembang Jurnal Unnes (23/3/16) perwakilan dari tujuh Jurusan menghadiri acara persiapan akreditasi jurnal baik akreditas online maupun akreditas borang.

Persiapan yang dilakukan oleh Jurusan untuk akreditas jurnal memang tidaklah mudah. Beberapa komponen penilaian dalam akreditasi jurnal diantaranya adalah 1) adanya artikel ilmiah yang ditulis oleh penulis luar Unnes pada setiap volume. Perbandingan penulis adalah 60% penulis luar dan 40% penulis dalam. 2) Penulisan artikel haruslah konsisten dengan model IMRAC (Introduction, Method, Result And Discussion, Conclussion) serta References. 3) Jurnal memiliki citasi yang tinggi, artinya jurnal yang telah diterbitkan banyak dirujuk oleh penulis lain. 4) Unique visit sekurang-kurangnya adalah 25 setiap hari, serta masih banyak komponen lain yang menjadi penilaian dalam akreditas jurnal. Secara umum penilaian dibagi menjadi 2 kategori yaitu penilaian untuk tampilan website yang dalam hal ini Unnes menggunakan OJS (Open Journal System) adalah 49%, serta penilain konten yang terdapat dalam artikel.

Moh Yasir selaku Ketua Pengembang jurnal Unnes menyampaikan bahwa jurnal yang akan diakreditasi disiapkan dengan sebaik mungkin baik pada konten maupun tampilan web, sebagai pengelola harus bekerja keras agar jurnal dapat terakreditasi dengan hasil yang memuaskan.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Skip to toolbar