- Fasilitator membagi siswa ke dalam kelompok –kelompok
- Fasilitator memberi tugas kepada masing-masing kelompok untuk mengidentifikasi dan membuat resume kelompok
- Fasilitator memberi kertas plano dan spidol kepada kelompok untuk menulis resume
- Kelompok mempresentasikan resume
- Fasilitator memberikan klarifikasi
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
- Memilih ketrampilan yang akan dipelajari oleh siswa
- Siswa menyusun KETRAMPILAN yang diajarkan
- Siswa mendemonstrasikan
- Fasilitator memberikan klarifikasi
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
- Membuat pertanyaan
- Peserta menjawab pertanyaan
- Peserta menjawab pertanyaan dengan saling membantu
- Memeriksa jawaban perserta, mengenalkan topik yang penting
Silberman, Mel. (1996). Active Learning 101 Strategies To Teach Any Subject. Yogyakarta: Insan
Seorang pendidik dalam kegiatan belajar mengajar selain transfer of knowledge juga harus memahami karakter peserta didik dengan baik. Pendidik yang baik sesuai dengan UUGD No 14 Tahun 2005 adalah guru yang memiliki empat kompetensi pendidik yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Pendidik dituntut untuk melaksanakan pembelajaran yang aktif tidak selalu menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran.
Salah satu model yang bisa digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelarajan yang aktif dan Read more…
Hakekat mahasiswa/siswa/murid adalah seorang pencari. Murid diibaratkan seperti sebuah gayung yang mendatangi sumbernya untuk mengambil air sebanyak-banyaknya. Murid bukanlah seperti gelas kosong yang menunggu untuk diisi. Saudara dapat mendownload materi perkuliahan melalui link berikut: download materi kuliah