Database Berbasis GPU: Lebih Cepat, Lebih Kompleks

Inilah daftar database berbasis GPU, atau database yang running dengan kemampuan komputasi GPU yang bisa dicoba:

MAPD

Sebuah startup yang baru-baru ini mengungkapkan penawarannya, MapD mengkompilasi kueri SQL ke kode GPU asli dengan kerangka kompilasi LLVM. Ini juga bisa menggunakan CPU sebagai cadangan jika diperlukan.

 

KINETICA

Dulu dikenal sebagai GPUdb, nama lama perusahaan seharusnya memberi petunjuk bahwa itu membuat solusi basis data yang didukung GPU. Versi terbaru dari produk basis datanya, juga bernama Kinetica, tidak hanya menggunakan akselerasi GPU secara umum, tetapi juga memanfaatkan fitur akselerasi khusus untuk tumpukan GPU Nvidia – seperti teknologi NVlink Nvidia, yang mempercepat transfer data antara GPU (dan antara GPU dan CPU) untuk menghindari bottleneck pada bus PCIe.

BLAZINGDB

BlazingDB adalah basis data yang didukung GPU yang ditujukan khusus untuk perusahaan yang menggunakan PostgreSQL, MySQL, atau Amazon Redshift. Para pencipta BlazingDB mengklaim peningkatan kecepatan besar-besaran dibandingkan dengan semua produk tersebut.

BLAZEGRAPH

Gak semua basis data adalah sistem SQL serbaguna; beberapa dioptimalkan untuk jenis pekerjaan manipulasi data tertentu. Basis data grafik, misalnya, menganalisis hubungan antara objek dan melaporkan kembali pada mereka.

PG-STROM

Basis data sumber terbuka yang populer, PostgreSQL, punya banyak fitur keren: bisa diskalakan, punya fungsi penyimpanan dokumen ala NoSQL/JSON, dan selalu update sama teknologi basis data terbaru.

Sumber: tutorial.emka.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: