Di seluruh penjuru planet, jutaan orang bicara mengenai olahraga favorit. Mereka terbagi ke dalam penggemar sepak bola, bola voli, tenis, dan banyak lainnya. Ada pula yang menggemari beberapa cabang olahraga sekaligus.

Berbicara mengenai tema olahraga terpopuler di dunia, ada banyak katalisator yang menjadi penentu. Paling populer bisa berarti terbanyak dimainkan, atau dalam hal revenue, juga yang paling sering ditonton. Di artikel ini,MSports akan fokus merilis 11 olahraga terpopuler berdasarkan fans base seperti dirilis Sporteology.

Apa saja olahraga terpopuler di dunia itu? Berikut 11 daftarnya. (CBN)

11. Golf


Dengan perkiraan 390 juta penggemar di Eropa, Amerika Serikat, dan Kanada, golf berada di peringkat kesepuluh olahraga paling populer di dunia yang dimainkan solo (bisa dimainkan tanpa melibatkan pasangan). Namun, olahraga golf memang biasa dimainkan oleh kalangan menengah ke atas.

10. Rugby


Rugby menjadi olahraga terpopuler ke-9 berkat keberadaan sekitar 410 juta penggemar di seluruh dunia. Olahraga ini dipermainkan di banyak belahan dunia, termasuk Prancis, Selandia Baru, Afrika Selatan, serta Inggris. Di Tonga, Samoa, Fiji, serta banyak negara pesemakmuran Inggris lain, rugby punya banyak pengikut.

9. American Football


American football juga dikenal sebagai sepak bola versi Amerika Serikat dan di negara-negara lain sebagai gridiron. American Football dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari sebelas pemain. Dengan lebih dari 420 juta penggemar, terutama dari Amerika Serikat, olahraga ini dimainkan di lapangan persegi berukuran panjang 120 meter dan lebar 53,3 meter dengan gawang di setiap sisi.

8. Baseball


Baseball memiliki sekitar 500 juta penggemar, terutama di Kuba, Amerika Serikat, Jepang, Republik Dominika, yang menjadikannya olahraga ini paling populer ke-7 di dunia. Ini adalah olahraga yang melibatkan dua tim, terdiri dari sembilan anggota tim yang bergiliran menjadi fielding dan batting.

7. Tenis Meja


Tenis meja yang juga dikenal sebagai ping pong, memiliki sekitar 850 juta penggemar di jagad raya dan berada di peringkat ke-6 olahraga terpopuler di dunia. Dua atau empat pemain bertarung di mana mereka memukul bola ringan menggunakan raket tenis meja. Permainan ini dimainkan di atas meja keras dengan jaring di tengahnya.

6. Bola Voli


Ini adalah olahraga paling populer ke-5 di dunia dengan memiliki sekitar 900 juta penggemar. Voli dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari masing-masing enam pemain di lapangan dan dipisahkan oleh jaring. Mencetak skor di olahraga bola voli adalah dengan cara mencoba menjatuhkan bola di lapangan tim lawan.

5. Tenis


Tenis memiliki sekitar 1 miliar penggemar dan berada di peringkat ke-4 olahraga terpopuler di dunia. Tenis umumnya dimainkan secara individual (single) atau melibatkan dua tim yang terdiri dari masing-masing dua pemain (ganda). Mencetak skor di tenis dengan cara memukul bola karet dengan raket ke wilayah lawan dengan melewati net, tanpa bisa dikembalikan ke wilayah lapangan sendiri.

4. Hoki Lapangan


Olahraga hoki lapangan atau field hockey memiliki jumlah penggemar sekitar 2 miliar di seluruh penjuru dunia. Takayal, hoki lapangan menjadi olahraga terpopuler ketiga di dunia. Permainan ini melibatkan dua tim yang mencoba manuver puck (bola) menggunakan tongkat hoki menuju gawang lawan. Di Pakistan, Hoki adalah permainan nasional.

3. Bola Basket


Dengan sekitar 2-3 miliar penggemar di seluruh penjuru dunia, termasuk di Amerika Serikat, Kanada, Tiongkok, dan Filipina. Basket adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing lima pemain di lapangan persegi panjang. Tujuannya adalah untuk menembak bola menembus jaring lingkaran di ring lawan.

2. Kriket


Ini adalah olahraga paling populer kedua di dunia dengan sekitar 2-3 miliar penggemar. Dimainkan oleh dua tim masing-masing terdiri dari 11 pemain. Krikey memiliki tiga sistem yang berbeda yaitu T20, ODIs dan Test. Kriket populer di negara seperti Inggris, India, dan banyak lainnya.

1. Sepak Bola


Tak dimungkiri, sepak bola dengan lebih dari 3,4 miliar penggemar di seluruh dunia adalah olahraga paling populer sejagad raya. Sepak bola dimainkan oleh dua tim masing-masing terdiri dari sebelas pemain. Sepak bola dimainkan di lebih dari dua ratus negara yang melibatkan sekitar 250 juta pemain. Seorang wasit utama dan dua hakim garis menjadi penggontrol permainan.

 

sumber https://msports.net/detailpost/11-olahraga-paling-populer-di-muka-bumi