Hai teman-teman kali ini saya akan memposting lagi deskripsi silabus kelas XI K13. silahkan baca dibawah ini.
Alokasi waktu: 3 jam pelajaran/minggu. Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Pembelajaran untuk Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan sebagai berikut ini.
Selain itu, Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Mata Pelajaran Sosiologi kelas X Mencakup 8 (delapan) Kompetensi Dasar sebagai berikut:
3.1 Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.
4.1 Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis
Dari Kompetensi 3.1 dan 4.1 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi:
a.Materi Pembelajaran Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
- Sosiologi sebagai ilmu sosial
- Realitas sosial sebagai obyek kajian
- Kehidupan sosial sebagai objektivitas
b. Gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokkan sosial, interaksi antar individu dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat)
3.2. Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.
- Mengolah realitas individu, kelompok dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat
Dari Kompetensi 3.2 dan 4.2 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi Individu, kelompok dan hubungan social, yang terdiri dari sub materi:
- Pembentukan identitas :
- Diri/saya/individu dalam hubungan dengan orang lain/kamu/individu lain
- Hubungan antar individu dalam pembentukan kelompok (kami/kita)
- Hubungan antara individu dengan kelompoknya (saya dan kami/kita)
- Hubungan antara diri/saya/individu dengan kelompok lain (mereka)
- hubungan antar kelompok (kami/ kita dan mereka)
- perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib social
- Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di
4.3. Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat.
Dari Kompetensi 3.3 dan 4.3 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi Ragam gejala sosial dalam masyarakat yang terdiri dari sub materi:
- Perbedaan sosial, perbedaan individu, perbedaan antar kelompok,
- multidimensi identitas dalam diri subyek individual maupun kelompok,
- heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakat
- Penghargaan, atau penghormatan, terhadap keanekaragaman atau hiterogenitas social
Kompetensi yang terakhir yaitu:
3.4. Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat
4.4. Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat
Dari Kompetensi 3.3 dan 4.3 diperluas kembali dalam bentuk materi pelajaran, yaitu materi Metode Penelitian Sosial yang terdiri dari sub materi:
- Metode penelitian sosial
- Merancang penelitian
- Merumuskan pertanyaan
- Teknik pengumpulan data
- Mengolah dan menganalisis data
- Merumuskan dan menyajikan hasil penelitian