Pentingkah Menanamkan Jiwa Konservasi Dalam Diri Mahasiswa??? #2

Apasih konservasi itu? Emang konservasi itu penting ya?

Mungkin pertanyaan tersebut sering terdengar dan sering terutarakan oleh mahasiswa. Ya konservasi mungkin adalah sebuah kata asing yang baru didengar oleh mahasiswa khususnya mahasiswa baru. Karena ketika mereka masih sma tidak pernah mendengar kata konservasi.

Apasih konservasi?

Konservasi adalah upaya yang dilakukan oleh manusia untuk melestarikan atau melindungi alam. Bukan hanya itu konservasi juga memiliki definisi lain yang dipandang dari berbagai sudut. Konservasi juga sudah diatur dalam peraturan perundang-undangan di indonesia. Universitas negeri semarang yang dikenal sebagai kampus konservasi memiliki tujuan untuk melindungi sumber daya alam yang ada di bumi ini dengan menanamkan jiwa konservasi pada setiap diri mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa tetapi semua pihak-pihak unnes. Tetapi disini mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa diharapkan ke depannya dapat membantu melestarikan bumi kita ini agar tidak banyak terjadi kerusakan alam. Mahasiswa juga diharapkan bisa mensosialisasikan konservasi kepada masyarakat.

Namun saat ini kesadaran akan konservasi pada diri mahasiswa masih kurang. Masih banyak yang kurang membudayakan jalan kaki maupun bersepeda. Alasannya bermacam-macam seperti kampus jauh,unnes itu luas jarak per fakultasnya juga lumayan jauh. Sebenernya unnes sudah menyediakan transportasi internal yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa namun untuk saat ini transportasi tersebut belum bisa berjalan dikarenakan minimnya kendaraan dan banyak kendaraan yang rusak.

Namun di sini diharapkan mahasiswa tetap menjalankan aturan-aturan konservasi yang sudah ditetapkan oleh unnes. Perwujudan konservasi bukan hanya pada perilaku namun dalam diri itu juga penting. Jadi diharapkan kepada semua mahasiswa maupun semua pihak yang ada di unnes menguatkan jiwa-jiwa konservasi dan bisa meneguhkan jati diri kita sebagai kampus konservasi. Mari kita wujudkan bersama konservasi yang unggul.

Salam konservasi!

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: