5 Khasiat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

PEGAGAN

Deskrispi Tanaman

Pegagan (Centello asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta Pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropis( tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia,India, Republik Rakyat Cina, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke barbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk ini selain pegagan adalah pegaga (Aceh), daun kaki (Melayu), ampagaga (batak), antanan (sunda), gagan rendeng (jawa), taidah (bali) sandanan (irian) broken coin, semanggen(Indramayu,Cirebon) buabok (Inggris), (Belanda), gotu kola (tndia), jixue cao (Hanzi) Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah.

Jawa Barat mengenal tanaman ini sebagai salah satu tanaman untuk lalapan.

Ciri Fisik

Pegagan merupakan tanaman herba tahunan yang tumbuh menjalar dan berbunga sepanjang tahun. Tanaman akan tumbuh subur bila tanah dan lingkungannya sesuai hingga dijadikan pennutup tanah. Jenis pegagan yang banyak.

Dijumpai adalah pegagan merah dan pegagan hiiau. Pegagan merah dikenal juga dengan antanan kebun atau antanan batu karena banyak ditemukan di daerah bebatuan,kering dan terbuka. Pegagan merah tumbuh merambat dengan stolon (geragih) dan tidak mempunyaibatang, tetapi mempunyai rhizoma (rimpang pendek). Sedangkan pegagan hijau sering banyak dijumpau di daerah pesawahan dan disela-sela rumput. Tempat yang disukai oleh pegagan yaitu tempat agak lembab dan terbuka atau agak ternaungi.Selain itu, tanaman yang mirip pegagan atau antanan empat jenis yaitu antanan kembang,antanan beurit,antanan gunung,dan antanan air

Manfaat dan Khasiat Tanaman

Bangsa Asia, terutama China, terkenal dengan kemampuan meramu tanaman obat guna meningkatkan kualitas kesehatan dan mempertahankan umur paniang.Pegagan (daun, batang, dan akarnya) termasuk yang sering dikonsumsi orang China untuk tuiuan itu, sebagai lalapan atau bahan baku sayur. ltu karena pegagan dipercaya memiliki khasiat sehat dan paniang umur.

Di lndonesia, tanaman bernama Latin Centella asiatica ini cukup dikenal. Orang Jawa menyebutnya antanan atau (anggagan, sedangkan orang Sunda menamakannya antanan qede. Masyarakat secara tradisionat memakainya untuk rengobatan. Tanaman ini bisa dikonsumsi dalam bentuksegar, diramu, dimasak, atau dijus.

Pegagan lebih suka tempat yang lembab, di sekitar pekarangan rumah atau di sepaniang tepi sungai. Tanaman daerah tropis ini berbunga sepaniang tahun. Bentuk daunnya bulat, batangnya lunak, beruas, dan menialar hingga bisa mencapai semester tingginya. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah daunnya.

Makanan otak

Pegagan telah dimanfaatkan sebagai obat terutama oleh masyarakat lndia, Pakistan, Malaysia, dan sebagian Eropa Timur sejak ribuan tahun lalu. Tanaman ini dipercaya bisa menambah ketahanan tubuh, membersihkan darah, dan memperlancar urine.

Salam Sehat

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.