5 Manfaat dan Kandungan sirih untuk kesehatan secara herbal

SIRIH

Deskripsi tanaman

Sirih atau nama latinya Piper betle merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir,pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamuous cell carcinoma yang bersifat maglinan.

Ciri-ciri

Tanaman merambat ini biasa mencapai tinggi 15 cm. Batang sirih berwarna coklat kehijauan , berbentuk bulat , beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunya yang tunggal berbentuk jantung,berujung runcing,tumbuh berselang-seling, bertangkai dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5-8 cm dan lebar 2-5 cm.

Pada bulir jantan panjangya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan.Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan .Akarnya tunggang ,bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Manfaat dan khasiat tanaman

Minyak atsiri daun sirih mengandung minyak terbang (bethephenol ),seskuiterpen,pati,diatase,gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman,anti oksidasi dan fungisida,anti jamur.Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan.Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan,menyembuhkan luka pada kulit ,dan gangguan saluran pencernaan.Selain itu juga bersifat mengerutkan ,mengeluarkan dahak ,meluruhkan ludah ,hemostatic dan menghentikan pendarahan.

Resep pengobatan
  1. Mimisan

Ambil daun sirih satu lembar lalu gulung sambil ditekan agar keluar minyaknya dan selanjutnya gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah atau mimisan

  1. Diare

Mengambil 4 – 6 lembar daun sirih,6 biji lada,1 sendok makan minyak kelapa.menumbuk semua bahan sampai halus,kemudian menggosokkan pada bagian perut.

  1. Sakit gigi

Pengobatan : mengkumut 1. Daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut.Gunakan air rebusan itu untuk berkumur.Diulang secara teratur sampai sembuh.

  1. Alergi pengobatan luar/gatal

Bahan : 6 lembar daun sirih,1 potong jahe kuning, 1,5 sendik minyak kayu putih.Caranya ,semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus,kemudian digosokkan bersama-sama hingga halus,kemudian gosokkan pada bagian yang gatal

  1. Bronkhitis

Mengambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Caranya , daun sirih dirajang halus,kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas,lalu disaring .Air rebusan diminum 3 kali sehari,masing-masing 3 sendok makan.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.