5 Manfaat & Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Sobat, siapa yang belum kenal buah mengkudu? Mungkin tidak semua orang menyukai buah ini, sebab mengkudu punya aroma bau yang kurang enak. Meski aroma baunya sangat kurang enak, namun tahukah anda bahwa buah yang satu ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan.

5 Manfaat & Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan

Adapaun beberapa manfaat dan khasiat buah mengkudu yang akan kami paparkan pada artikel kalini, dan semoga memberikan manfaat untuk anda semua. Apa saja itu? Mari kita simak bersama;

  1. Menjaga Daya tahan tubuh
    Buah mengkudu punya berbagai kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh mulai dari vitamin, asam amino, mineral, enzim, dan peptida. Kesemua kandungan nutrisi ini sangat baik untuk meningkatkan sistem imun (kekebalan) tubuh. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa minum jus mengkudu bisa membantu perlindungan tubuh dari efek negatif radikal bebas. Karena buah mengkudu sangat kaya antioksidan natural seperti koenzim Q10 dan vitamin E yang sangat diperlukan tubuh.
  2. Analgesik
    Buah mengkudu diketahui sebagai obat penghilang rasa sakit serta daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit kepala. Katanya, sejak zaman dulu sudah banyak orang yang memakai daun buah mengkudu untuk obat alami yang dapat meredakan nyeri sendi. Mengkudu punya kandungan analgesik sekitar 75% yang sangat efektif morfin sulfat untuk dapat mengurangi nyeri sendi.
  3. Anti kanker
    Sebuah Penelitian mengungkapkan adanya senyawa zat 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone pada buah mengkudu yang efektif untuk mencegah terjadinya kerusakan DNA dan kanker, baik pula untuk menjaga normalnya sel-sel sehat dalam tubuh.
  4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
    Buah mengkudu berfungsi untuk meningkatkan system imun tubuh, sebab kandungannya dapat mengaktifkan kinerja kelenjar tiroid serta kelenjar timus .
  5. Menormalkan Tekanan Darah
    Buah mengkudu bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini karena adanya zat Fitonutrien scopoletin yang dapat melebarkan pembuluh darah. Akhirnya jantung tsb tidak dapat kerja keras, yang akan menormalkan aliran tekanan darah.

Sekian artikel kami tentang 5 Manfaat & Khasiat Buah Mengkudu bagi Kesehatan, semoga dapat menambah wawasan kita semua. So, mulai sekarang jangan ragu mengonsumsi buah mengkudu ya, bila mungkin buah ini mulai jarang ditemukan, jangan khawatir karena jenis obat herbal hasil ekstrak buah mengkudu sudah banyak di pasaran. Selalu jaga kesehatan ya.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.