Adaptor

Adaptor adalah salah satu sumber tegangan DC yang sering kita jumpai dalam perangkat rumah tangga. Penggunaan adaptor ini diantaranya sebagai pemberi sumber tegangan laptop dan perangkat elektronika yang lain. Adaptor merupakan alat yang berfungsi untuk menurunkan tegangan AC PLN dari 220 volt kemudian mengubahnya menjadi tegangan DC. Oleh karena itu adaptor sering disebut atau dinamakan dengan istilah AC DC Adaptor.

Apabila kita membeli adaptor di suatu toko elektronika maka ada beberapa variabel yang perlu diperhatikan dari adaptor tersebut, yaitu tegangan output dan kemampuan arus outputnya.

Jenis Adaptor

Dilihat dari tegangan outputnya maka adaptor dapat dibedakan dalam 2 jenis yaitu :

  1. Adaptor Variabel
  2. Adaptor Tegangan Tetap

Adaptor Variabel

Adaptor variabel adalah adaptor yang memiliki tegangan output dapat diatur, pada umumnya tegangan output adaptor variabel adalah 1,5 volt,  3 volt, 4,5 volt, 6 volt, 7,5 volt, 9 volt dan 12 volt. Pada adaptor variabel ini dilengkapidengan saklar selektor tegangan yang berfungsi untuk memilih tegangan output yang diinginkan. Saklar selektor dalam adaptor variabel ada yang berbentuk rotari dan berbentuk geser.

Adaptor Variabel,ac dc adaptor,adaptor variableDari gambar diatas terlihat 2 buah saklar dalamAC DC adaptor tersebut. Saklar yang kiri berfungsi untuk mengatur polaritas kutub terminal output, sedangkan saklar yang kanan berfungsi untuk mengatur tegangan output adaptor. Adaptor seperti terlihat pada gambar diatas dapat digunakan sebagai adaptor bor PCB atau adaptor untuk radio saku.

Adaptor variabel yang terdapat di pasaran terdapat beberapa ukuran kapasitas arus, dari 500 mA hingga 10 A. Semakin tinggi kapasitas arus yang mampu dihasilkan maka harga adaptor semakin mahal dan sebaliknya semakin kecil kapasitasnya maka harga adaptor semakin murah.

Adaptor variabel adalah adaptor yang didesain multi guna, oleh karena itu adaptor variabel ini dilengkapi dengan saklar selektor untuk menentukan tegangan output, saklar selektor untui mengatur polaritas tegangan pada terminal output dan dilengkapidengan terminal output dengan beberapa model.

Adaptor Tegangan Tetap

Adaptor tegangan tetap adalah adaptor yang memiliki tegangan output permanen atau tidak dapat diatur. Adaptor tegangan tetap ini salah satunya adalah adaptor laptop dan charger HP. Kedua jenis adaptor tersebut memilki tegangan output yang tetap dan didesain sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu pada saat membeli adaptor tersebut perlu diperhatikan tegangan output, kapasitas arus dan terminal outputnya, karena pada umumnya berbeda untuk tiap tipe dan merk. Bahkan untuk adaptor laptop sendiri untuk tipe tertentu memiliki tegangan output yang berbeda walaupun merknya sama. Misalnya adaptor laptop acer dan adaptor netbook acer memiliki tegangan output dan kapasitas arus output yang berbeda. Dan akan berbeda lagi untuk adapator merk yang lain seperti adaptor laptop dell, adaptor laptop HP atau adaptor laptop asus semuanya memiliki karakteristik yang telah di seting oleh pabrikan adaptor laptop tersebut.

Adaptor Laptop,Adaptor Laptop acer,Adaptor Laptopasus,Adaptor Laptophp,Adaptor Laptop toshiba,Adaptor Laptop dellYang harus diperhatikan sewaktu beli adaptor tetap ini adalah, tegangan output, kapasitas arus dan bentuk terminal outputnya. Karena tiap tipe dan merka adapator tetap ini didesain khusus untuk perangkat tertentu saja. Oleh karena itu apabila salah membeli maka besar kemungkinan adapator tersebut tidak bisa digunakan dalam artian tegangan output tidak cukup atau kebesaran dan bentuk terminal output yang berbeda sehingga bisa mengakibatkan kerusakan pada perangkat yang disupply oleh adaptor tersebut.

Sumber disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.