Apa Itu Listrik Statis???

Listrik statis adalah kumpulan muatan listrik di permukaan objek atau material. Listrik statis biasanya tercipta ketika material mengalami penarikan atau gesekan, menyebabkan muatan positif (+) menumpuk pada satu material dan muatan negatif (-) di permukaan yang lain. Listrik statis dapat menyebabkan percikan, getaran atau daya tarik antar material.

Beberapa pertanyaan yang mungkin terlintas difikiran kita adalah:

  • Apa itu listrik statis?
  • Bagaimana terjadinya listrik statis?
  • Apa pengaruh dari listrik statis?

Listrik statis merupakan akumulasi dari muatan listrik pada permukaan bahan insulator atau non-konduktor. Hal ini disebut “statis” muatan listrik tersebut tidak mengalir.

Biasanya, dua material yang terlibat dalam listrik statis, yang satu memiliki kelebihan elektron atau muatan negatif pada permukaannya dan material yang lain memiliki kelebihan muatan listrik positif. Atom-atom di permukaan material yang kehilangan elektron akan memiliki muatan positif (+).

Jika salah satu material berupa penghantar listrik dan diground-kan, muatannya akan segera mengalir meninggalkan material lain yang bermuatan listrik.

PENYEBAB TERJADINYA LISTRIK STATIS

Listrik statis biasanya disebabkan ketika material-material tertentu mengalami gesekan secara berlawanan seperti bulu dengan bahan plastik atau alas sepatu dengan karpet. Hal itu juga dapat disebabkan ketika dua material ditekan secara berlawanan kemudian kita pisahkan. Proses ini menyebabkan elektron-elektron ditarik dari permukaan material yang satu dan berpindah ke permukaan material lain, hal ini disebut dengan listrik tribo (triboelectric) atau pengisian listrik tribo. Material yang kehilangan elektron ini akhirnya mengalami kelebihan muatan positif dan material yang menerima elektron akhirnya mengalami kelebihan muatan negatif.   

Udara kering 

Listrik statis banyak terbentuk pada udara kering atau udara yang tingkat kelembabannya rendah. Ketika udara sedang lembab, molekul air dapat mengumpul pada segala permukaan material/benda, dan hal ini dapat menghambat terbentuknya muatan listrik.

Hujan badai

Ketika terjadi gejolak yang ekstrim antara tetesan air, seperti pada awan mendung, listrik statis bisa tercipta pada tetesan air.

PENGARUH DARI LISTRIK STATIS 
 
Listrik statis dapat mengakibatkan gaya tarik menarik atau tolak-menolak pada dua material. Selain itu dapat juga menimbulkan percikan.

Tarik Menarik

Gosokkan balon pada kain berbahan wol. Dalam keadaan ini, balon akan mengumpulkan muatan negatif pada permukaannya dan kain wol akan mengumpulkan muatan positif. Kemudian tempelkan balon pada dinding yang tidak memiliki muatan apapun, balon akan menempel pada kain wol walaupun muatannya akan jatuh pada material semula dalam waktu yang singkat.

Tolak Menolak

Menyisir rambut yang kering akan susah untuk rapi dibandingkan pada rambut yang basah, hal ini dikarenakan ketika kita menyisir rambut yang kering, sisir berbahan plastik akan mengumpulkan muatan negatif dari rambut, menyebabkan rambut menjadi kelebihan muatan positif. Dengan demikian rambut akan saling tolak menolak antar helai rambut yang lain dan tidak bisa menempel satu sama lain.

Percikan

Jika ada muatan positif (+) yang cukup pada satu material dan muatan negatif (-) pada permukaan material yang lain, maka daya tarik menarik antar muatan akan terjadi dan menimbulkan lompatan-lompatan elektron di celah udara antar material tersebut.

Elektron-elektron yang lompat melalui celah ini dapat memanaskan udara. Semakin banyak elektron yang lompat melalui celah ini, maka udara akan semakin panas, bahkan dapat menyala, hal ini terjadi dengan sangat cepat dan disebut dengan istilah “percikan”.

Sama halnya dengan proses terjadinya petir, hanya saja petir memiliki kapasitas muatan listrik yang jauh lebih besar.

Sumber disini

Keep Spirit Elektro UNNES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.