Fungsi Power Supply

Fungsi Power Supply pada komputer adalah sebagai perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC. Power supply menyuplai arus listrik DC yang dibutuhkan oleh perangkat keras di dalam komputer beberapa contoh hardware yang membutuhkan arus listrik DC adalah harddisk, kipas, motherboard dan lain-lain. Power supply juga memiliki kenektor kabel yang masing-masing konektor kabel tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda yang sangat dibutuhkan oleh komputer pada saat ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa power supply merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam mengoperasikan suatu komputer.

Contoh Gambar Fungsi Power Supply

Fungsi Power Supply

Fungsi Power Supply berdasarkan beberapa jenis konekter kabel yang terdapat pada power supply, yang masing-masing konektor kabel memiliki fungsi yang berbeda-beda. Beberapa konektor kabel tersebut terdiri dari Konektor 24 pin ATX, Konektor 20 pin ATX, konektor floppy, konektor Molex, dan konektor SATA. Konektor 24 pin ATX memiliki fungsi sebagai konektor untuk menghubungkan antara power supply dan motherboard yang berguna sebagai penghantar daya listrik dari power supply yang secara langsung ditujukan untuk motherboard hingga sampai ke setiap komponen-komponen yang terdapat pada motherboard tersebut, sama halnya dengan konektor 24 pin ATX, konektor 20 pin ATX memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai sebagai konektor antara power supply dan motherboard, tetapi hanya memiliki 20 pin (biasanya digunakan pada komputer lama).

Konektor Molex dan konektor SATA memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai konektor atau penghubung antara power supply dengan CD-ROM dan harddisk untuk memberikan daya listrik yang dibutuhkan oleh kedua hardware tersebut sehingga dapat beroperasi dengan baik, yang memberdakan antara konektor molex dan konektor SATA ialah dari versinya, konektor molex merupakan konektor yang hanya digunakan untuk komputer jadul atau jenis lama, sedangkan konektor SATA merupakan konektor yang dibutuhkan oleh komputer-komputer versi terbaru saat ini. Beberapa contoh diatas adalah sebagai Fungsi Power Supply.

 

Sumber : https://komponenelektronika.biz/fungsi-power-supply.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.