Kandungan Polifenol Minyak Zaitun Mengatasi Radang Lambung

Apakah anda mengalami sakit radang lambung?. Minyak zaitun bisa menjadi salah satu solusinya untuk mengatasi sakit radang lambung anda. Radang lambung disebabkan oleh bakteri Heliobacter pylori yang merupakan satu-satunya bakteri yang bias hidup di dalam keasaman lambung. Bakteri Heliobacter ini penyebab jutaan manusia di dunia setiap tahunnya mengalami sakit radang lambung. Kandungan polifenol di dalam minyak zaitun yang bersifat antibakteri yang efektif dapat mengatasi serangan 8 strain bakteri H. Pylori.

Minyak Zaitun Mengatasi Radang Lambung

minyak-zaitun

Riset yang dilakukan oleh Spanish Institute de la Grasa dan University Hospital of Valmemenemukan kandungan polifenol di dalam minyak zaitun dapat mengatasi radang lambung. Dalam sebuah studi in-vitro diketahui bahwa kandungan polifenol minyak zaitun ekstra murni memiliki efek antibakteri terhadap 8 strain Heliobacter Pylori. Tiga strain diantaranya selama ini resisten terhadap antibiotic. Heliobacter Pylori merupakan satu-satunya bakteri yang bisa hidup dan bertahan pada kondisi lambung yang asam. Bakteri Heliobacter Pylori ini biang keladi jutaan kasus radang lambung dan perut setiap tahunnya. Keduanya bisa menyebabkan penyakit kanker.

Riset yang dipimpin oleh Conseption Romero itu menunjukan bahwa kandungan polifenol pada minyak zaitun bisa stabil berada dalam kondisi perut yang asam selama berjam-jam. Lebih dari setengahnya bisa membaur dengan fase air dalam lambung. Kehadiran polifenol dalam minyak zaitun itu yang membendung aktivitas bakteri Heliobacter Pylori menginfeksi lambung. Setelah disebutkan tadi bahwa selain bakteri Heliobacter Pylori bisa menyebabkan sakit radang lambung, bakteri yang satu ini juga bisa menyebabkan penyakit kanker. Studi lain yang diterbitkan oleh The Archives of International Medicine menunjukan dengan mengkonsumsi minyak berkadar tinggi asam lemak tidak jenuh seperti minyak zaitun ini bisa mengurangi risiko serangan kanker payudara. Hebat bukan tanaman herbal yang satu ini, selain bisa mengatasi sakit radang lambung juga bisa mengurangi risiko serangan kanker payudara.

menyimpan-minyak-zaitun

Oleh karenanya ada baiknya selalu sediakan minyak zaitun di dalam dapur atau ruang makan keluarga anda. Namun perlu diingat, simpanlah minyak zaitun didalam botol kaca yang berwarna gelap. Hal ini dikarenakan minyak zaitun mengandung 11 g lemak tak jenuh rantai ganda per 100 g. Semakin banyak ikatan rangkap maka minyak akan mudah dan cepat teroksidasi dan membuat ikatan rangkap pecah dan melepaskan elektronn-si radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan kerusakan sel-sel tubuh seperti otak, jangtung dan penuaan dini. Makanya minyak zaitun paling bagus disimpan dalam botol kaca berwarna gelap dan disimpan didalam ruangan bersuhu 20-25 derajat celcius.

Klik Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.