Kapasitor Bank

Kapasitor Bank Bagi anda yang memang memiliki basic/dasar ilmu fisika terutama elektro tentu sudah mengerti dengan benda kecil yang biasanya ada di rangkaian elektronik, yang fungsinya untuk menyimpan arus tegangan. Ya, secara definisi kapasitor atau disebut juga kondensator bank merupakan komponen elektronik yang secara fisik biasanya memiliki bentuk seperti tabung dan memiliki dua kaki yang fungsinya adalah untuk menyimpan arus tegangan atau energy dalam rangkaian elektronika. Setelah mengetahui apa itu definisi dari kapasitor atau kondensator bank tersebut maka memang bukan tanpa alasan kata bank di gunakan. Seperti pengertian bank pada umumnya yang dapat di definisikan tempat menyimpan uang, maka ketika kata bank disandingkan dengan kata kapasitor atau kondensator, pengertian bank akan menjadi sebuah penyimpan tegangan atau arus atau energy.

Gambar Kapasitor Bank

Kapasitor Bank

Farad merupakan satuan dalam ilmu fisika yang terdapat pada kapasitor, sebagai informasi bahwa satuan farad tersebut di ambil dari nama seorang ilmuwan fisika yang berasal dari Negara Inggris, yaitu Michael Faraday yang pada akhirnya ilmuwan fisika ini diberi julukan sebagai bapak listrik karena beragam temuan – temuannya yang bermanfaat di bidang fisika elektro, baik itu elektro magnet maupun elektro kimia. Kapasitor bank memang berfungsi untuk menyimpan arus atau tegangan listrik, namun perlu diketahui terlebih dahulu arus yang disimpan di dalam kapasitro merupakan arus atau tegangan yang tidak seimbang pada muatan listrik, jadi tidak sembarang arus dan tegangan langsung disimpan begitu saja di kapasitor ini.

Setelah kapasitor di dalam suatu rangkaian elektronik tersebut mendapatkan dan atau penyimpan arus atau tegangan karena ketidak seimbangan dari arus listrik di dalam komponen, maka secara bertahap arus atau tegangan tersebut akan dialirkan ke seluruh penjuru komponen yang memang membutuhkan daya atau tegangan, sehingga komponen lain yang membutuhkan arus tidak akan kekurangan daya. Karena fungsi dan pengertian dari kapasitor bank seperti ini tidak salah juga apabila sebagian besar orang menyebut kapasitor atau kondensator bank ini sebagai penyuplai tegangan.

 

Sumber : https://komponenelektronika.biz/kapasitor-bank.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.