Karakteristik Dioda

Karakteristik Dioda secara umum dapat diketahui dengan membuat rangkaian khusus dimana dioda akan dipasangkan dengan resistor untuk mengetahui ciri khususnya. Dioda sendiri merupakan salah satu komponen elektronika yang termasuk pada komponen aktif. Maksudnya adalah salah satu komponen yang memerlukan adanya listrik untuk melakukan kegunaannya dalam mendukung suatu rangkaian pada peralatan elektronik agar bekerja secara optimal. Dioda sendiri memiliki beberapa jenis tegangan yang berbeda. Dengan mengukur masing-masing tegangan pada dioda, akan mengurangi resiko kelebihan muatan listrik yang diberikan oleh sumber tegangannya. Diode sendiri dibentuk berdasarkan dua komponen penyusun elektroda yang bersifat semikonduktor yang terdirii dari katoda dan anoda. Dengan adanya komponen tersebut, memungkinkan dioda untuk mengontrol arus dalam lubang dioda tersebut serta dapat menghalau aliran dari arah yang berlawanan atau dianggap tidak sesuai.

Karakteristik Dioda

Gambar Simbol Karakteristik Dioda

Pada umumnya, dioda terbuat dari dua unsur yang berbeda, yakni dari Silikon dengan lambang kimia Si serta Germanium dengan lambang unsur kimianya berupa Ge. Fungsi dari penggunaan dua unsur utama dioda tidak lain karena fungsinya yang dapat digunakan sebagai pengaman aliran atau tegangan listrik yang tidak semestinya, pengarah arus pada listrik, modulator, indikator dari gangguan aliran listrik yang tidak sesuai bahkan dioda juga dapat digunakan sebagai alat pengendali frekuensi. Banyaknya fungsi dari benda ini, memungkinkan setiap perangkat elektronika memiliki dioda di dalamnya. Dengan adanya fungsi dari dioda ini, membuat karakteristik dioda dibedakan berdasarkan pada fungsinya, yakni dioda atas, kontak titik, hubungan, LED, foto, Zener dan jenis lainnya. Jenis ini didasarkan pada fungsi dari dioda itu sendiri. Misalnya pada jenis dioda kontak titik. Dinamakan sedemikian karena pada dioda ini biasanya digunakan untuk memperkecil frekuensi karena adanya muatan pada listrik.

Ada pula dioda yang digunakan sebagai power supply atau penyuplai energi yang dapat menghasilkan energy listrik dengan pengaturan rangkaian tertentu. Banyaknya jenis dioda ini tidak lain karena adanya banyak fungsi dari dioda itu sendiri. Tidak heran, jika saat ini banyak sekali perangkat elektronik yang menggunakan dioda sebagai salah satu komponen penyusunnya, sepeti kulkas atau lemari pendingin, mesin cuci, bahkan beberapa kamera menggunakan dioda sebagai penghasil arus lisrik ketika tersentuh oleh cahaya. Yang cukup sering terdapat pada komponen diode yakni jenis Zener. Hal ini dikarenakan fungsinya sebagai stabilizer dari tegangan listrik yang mengalir di dalamnya. Dioda dengan segala karakteristik dioda yang tidak dimiliki oleh komponen perangkat elektronik lainnya ini masih terus berkembang penggunaannya untuk alat-alat elektronik lainnya.

 

Sumber : https://www.elektronikadasar.net/karakteristik-dioda.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.