Simbol Dioda

Simbol Dioda biasa kita temukan pada salah satu perangkat elekronik yang biasa disebut dioda. Pada perangkat elektronik ini memiliki fungsi utamanya sebagai penyearah arus listrik yang terdapat dalam suatu rangkaian peralatan elektronika. Dioda ini sendiri memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsinya masing-masing. Dan untuk mengetahui fungsi dari masing-masing dioda ini pasti terdapa simbol pada setiap dioda. Dengan membaca simbol ini, maka anda akan mengatahui untuk apa dioda ini berfungsi. Pada setiap dioda, selalu memiliki simbol dasar yang selalu terdapat di dioda. Simbol dasar ini berupa garis lurus horizontal, dimana di tengah garis tersebut terdapat bentuk segitiga yang mengarah ke arah kanan, dimana pada ujung dari puncak segitiga yang menghadap ke arah kanan ini terdapat garis vertikal yang menempel tepat di ujung puncak segitiga. Itulah simbol dasat dari dioda. Ketika penggunaan utama dioda sebagai penyearah arus listrik ini telah berubah, maka simbol yang terdapat pada dioda ini juga berbeda.

Berikut ini Contoh Simbol Dioda

Simbol Dioda

Pada dasarnya, simbol dioda ini menggambarkan dua elektroda yang terdapat pada dioda. Dimana pada elektroda dengan garis lurus dan berakhir di puncak segitiga merupakan tanda elektroda anoda atau aliran listrik positif. Sedangkan pada bagian garis lurus yang berakhir pada garis lurus yang vertikal menandakan elektroda katoda yang bermuata negatif. Pada dioda jenis penyearah memiliki simbol yang standar dari diode, sehingga sudah bisa dipastikan bahwa fungsi utama dari dioda jenis ini adalah untuk membuat semua arut listrik menjadi searang sehingga tidak ada arus bolak-balik. Sedangkan untuk dioda jenis zener memiliki tambahan simbol berupa garis horizontal kecil yang mengarah ke arah kanan dan kiri simbol dasar yang berupa garis vertikal. Tanda ini menunjukkan bahwa fungsi utama dari dioda ini adalah sebagai penyeimbang arus searah yang dirasa berlebihan.

Untuk diode jenis foto, memiliki tanda berupa simbol dasar diode dengan adanya tambahan berupa dua tanda panah yang mengarah pada salah satu sisi segitiga dari bagian atas. Maksud dari simbol ini, yakni dioda jenis foto ini memiliki fungsi sebagai penghasil arus listrik ketika cahaya mengenai perangkat elektronik. Kemduian ada pula jenis dioda berupa terobosan, dengan simbol yang standar dengan tambahan dua garis lurus secara horizontal dengan arah yang sama yakni menuju arah katoda. Hal ini menandakan bahwa dioda jenis ini berfungi sebagai penghantar muatan terutama menuju ke arah yang bermuatan negatif. Masing-masing simbol dioda yang berbeda tentu menunjukkan bahwa fungsi dioda sangat berguna untuk segala macam perangakat elektronik.

Sumber : https://www.elektronikadasar.net/simbol-dioda.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.