Manfaat Daun Kankung Untuk pengobatan

Manfaat Daun Kankung Untuk pengobatan – Kangkung merupakan tanaman yang menjalar dan dapat di temukan di area perkebunan, kolam maupun rawa. Kankung mempunyai nama latin ipomea sp yang mempunyai 2 jenis yaitu kangkung darat dan air. Biasanya ibu-ibu rumah tangga memanfaatkan daun kangkung ini untuk menu masakan sehari-hari yaitu tumis kangkung. Namun kangkung juga dapat dijadikan obat herbal untuk mengobati banyak macam penyakit. Karena didalam daun kangkung memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Berikut adalah ulasanya.

https://batangkidul.files.wordpress.com/2012/05/daun-kangkung.jpeg?w=474

Daun kangkung dapat digunakan sebagai antiinflamasi, hemostatik, dan diuretik sebab adanya kandungan hentriakontan, sitosterol dan karoten dalam kangkung. Manfaat lain dari kankung adalah dapat mengobati Sariawan, sakit gigi, wasir, sembelit, cacar air, insomia, frambusia, dan migran. Selain manfaat itu Kangkung juga dapat melancarkan air seni, menghilangkan ketombe, mengatasi nyeri saat haid, bisul dan mimisan. Berikut adalah beberapa ramuan herbal kangkung yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

*. Obat lemah syaraf.

– Bahan: Daun kangkung 1/3 genggam, batang kangkun 1/4 genggam, dan akar kangkung 1/4 genggam dan air matang 1/2 gelas kecil.
– Cara membuat: cuci semua bahan hingga bersih kemudian tumbuk hingga halus. Masukan air dan madu kemudian saring. Minumlah ramuan ini 3x sehari.

*. Obat wasir.

– Bahan: akar kangkung 3 genggam dan air 3 gelas.
– Cara membuat: cuci bersih akar kangkung lalu rebus dalam 3 gelas air. Masak hingga air tinggal setengahnya lalu dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 2x sehari 1 gelas.

*. Obat Sakit Gigi

– Bahan: ambil akar kangkung 1 genggam,
air bersih 1 gelas dan cuka sdt.
– Cara Membuat: Cucilah akar kangkung sampai bersih kemudian rebuslah dengan 1 gelas air dan tambahkan cuka, masak hingga mendidih lalu dinginkan dan saring. Gunakan air ramuan ini untuk kumur-kumur.

*. Obat Sariawan.

– Bahan: Daun kangkung secukupnya saja, air dan garam.
– Cara Membuat: cuci daun kangkung hingga bersih kemudian lumatkan atau tumbuk hingga halus, tambahkan air dan garam. Saring ramuan ini, gunakan air ramuan ini untuk berkumur.

*. Obat Nyeri haid.

Ambil kangkung 500 gr, madu 1 sendok makan, dan air  secukupnya. Cuci bersih kangkung lalu tumbuk hingga halus, tambahkan madu dan air, peras dan saring ramuan ini. Minum 1x sehari hingga sembuh.

*. Obat sembelit.

Ambil kangkumg setengah genggan lalu cuci bersih dan rebus hingga matang. Gunakan sebagai lalapan saat makan.

*. Obat insomia.

Ambil batang dan daun kangkung segenggam kemudian tumis batang dan daun kangkung. Gunakan sebagai lalapan saat makan.

*. Obat Cacar Air.

Ambil akar kangkung setengah genggam kemudian cuci bersih dan rebuslah dalam 2 gelas air sampai air tinggal separuhnya. Dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 2x sehari 1 gelas.

*. Obat frambusia.

Ambil akar kangkung segenggam dan rebus dengan 3 gelas air, biarkan hingga air hingga setengah , kemudian dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 3x sehari setengah gelas.

*. Obat migrain.

Ambil segenggam daun kangkung kemudian rebus dengan air secukupnya dan tambahkan madu secukupnya. Rebus hingga matang. Dinginkan dan saring. Minum ramuan ini 1x sehari.

*. Menghilangkan ketombe.

Ambil daun kangkung segar dan remas remas daun dan rendam dalam air semalam sampai air berwarna kebiruan, gunakan air tersebut untuk keramas.

*. Melancarkan air seni.

Ambil segenggam akar kankung, cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai air tinggal setengah. Setelah itu saring dan dinginkan. Minum ramuan ini 1x sehari.

*. Obat mimisan.

Daun kankung 1 ikat lalu tumbuk sampai halus, tambahkan gula  secukupnya. Seduh bahan itu dengan air panas dan saring. Minumlah ramuan ini 2x 1 hari.

*. Obat bisul.

Tumbuk 20 lembar kangkung kemudian kasih air dan garam secukupnya. Oleskan krim kankung ini pada bisul 2x sehari

Klik Sumber

2 thoughts on “Manfaat Daun Kankung Untuk pengobatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.