Pengertian Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik adalah suatu kesatuan antara beberapa komponen eleltronika dan sumber tegangan yang dihubungkan secara terbuka agar arus listrik yang berasal dari sumber dapat mengalir. Untuk mengetahui adanya aliran listrik, kita bisa menggunakan beberapa indicator seperti motor DC dan beberapa jenis LED. Dalam pemasangan atau pembuatan rancangan harus diperhatikan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah reaktansi induktif (induktansi), raeaktansi kapasitif, permitivitas dan resitifitas. Dengan lengkapnya faktor-faktor tersebut maka Rangkaian yang tepat akan tersusun.

Gambar Skema Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik

Berikut beberapa pengertian dari factor-faktor penting dalam Rangkaian Listrik tersebut. Yang pertama adalah Induktansi yang berarti sifat dari suatu komponen listrik yang menimbulkan potensial kelistrikan terhadap arus yang melewati komponen tersebut. Induktansi memiliki 2 jenis yaitu pertama induktansi diri ( berengaruh terhadap komponen itu sendiri ) dan induktansi bersama ( Bengaruh terhadap komponen lain ). Kedua adalah Kapasitif dengan definisi kemampuan komponen menyimpan muatan listrik. Selanjutnya adalah permifisitas, yaitu kemampuan kemampuan besar kecilnya suatu komponen yang menjadi media penghantaran dalam menerima pengaruh dari medan listrik. Yang terakhir adalah rsitifitas yaitu Kemampuan komponen atau benda dalam menahan laju aliran arus listrik atau kemampuan benda isolasi dalam menghambat arus listrik.

Selanjutnya beralih pada komponen yang sering digunakan dalam pembuatan suatu Rangkaian Listrik sederhana. Komponen-komponen tersebut berupa resistor, indikator, dan sumber tegangan. Resisitor adalah komponen yang berfungsi untuk mengatur jalanya aliran arus litrik dengan cara memberikan hambatan. Nilai dari suatu hambatan pun berbeda-beda tergantung besarnya arus yang diinginkan. Selanjutnya adalah indicator yang berarti sutu komponen yang dapat mendeteksi adanya arus listrik. Indikator yang sering digunakan biasanya adalah LED dan motor DC. Terakhir kita memiliki sumber tegangan ,ini merupakan komponen yang paling penting dalam Rangkaian Listrik. Sumber tegangan adalah komponen yang memproduksi arus listrik untuk dialirkan. Sumber tegangan dapat berupa generator, batteray, accu, dan lainya. Sumber tegangan juga menjadi tempat dimana kutub positif dan kutub negatif berada walaupun. Demikian adalah penjelasan dari beberapa factor dan komponen yang ada dalam Rangkaian Listrik sederhana.

Sumber disini

Keep Spirit Elektro Unnes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.